Persepsi Kualitas Jasa Layanan Perizinan terhadap Inovasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Bantaeng

Jumhariani Jumhariani, Gunawan Bata Ilyas, Abdul Razak Munir

Sari


Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) persepsi pengguna jasa layanan perizinan terhadap inovasi pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng, (2) kepuasan pengguna jasa terhadap inovasi yang sudah berjalan selama ini di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng, (3) Untuk mengetahui inovasi yang dikembangkan di Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng.

Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng mulai bulan Nopember 2017 sampai dengan Januari 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan mengambil sampel 100 pengguna jasa sebagai responden secara aksidental yang datang menggunakan layanan jasa perizinan dengan menggunakan kuesioner. Untuk mengetahui persepsi dan kepuasan pengguna jasa, data dianalisis menggunakan alat statistik deskriptif dan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden memberikan persepsi positif terhadap inovasi Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng. Kualitas Layanan berpengaruh terhadap kepuasan secara simultan, secara parsial 4 variabel yaitu Tangibel (penampilan), responsiveness (tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa, sedangkan variabel reliability (kehandalan) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa.

Kata-kata Kunci :  Persepsi, Kualiatas Jasa, Kepuasan Pengguna Jasa, Inovasi.

 

ABSTRACT

The aims of this study to know: (1) users perception of licensing services to innovation services at Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng; (2) users satisfaction toward current innovation at Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng (3) developed innovation at Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng.

This study was conducted at Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng from November 2017 to January 2018. The research was identification survey with sample of 100 the users of as accidental respondents of the licenses user by using questionnaire. To identify the perception and satisfaction of service users, the data were analyzed using descriptive and multiple regression statistical tools.

The research results shows that mostly respondent gave positive perception to innovation at Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Bantaeng. Service Quality variables influence satisfaction simultaneously, partially 4 variables namely tangible, responsiveness, assurance, and empathy have significant influence to user satisfaction, while reliability has no significant influence to user satisfaction.

Keywords :  Perception, Service Quality, users satisfaction, innovation


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arief. 2007. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan. Malang, Bayumedia Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2000). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta, Pustaka Belajar.

Ballester, Elena Delgado and Munuera-Aleman, Jose Luis (2005). Does Brand Trust Matter to Brand Equity?. Journal of Product and Brand Management , 14 (3), 187-196.

Bhatta, Gambir. 1996. Capacity Building at the Local Level for Effective Governance, Empowerment without Capacity is Meaningless.

Djaslim Saladin, 2004, Manajemen Strategi & Kebijakan Perusahaan, Edisi 5. Bandung, Linda Karya

Durianto, Darmadi. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar melalui Riset Ekuisitas dan Perilaku Merek. Jakarta. Gramedia. Universitas Sumatera Utara

Dwiyanto, Agus dkk. 2008. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

-----------, 2009. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Gerson, Richard F. 2002. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Terjemahan. Jakarta, Penerbit PPM.

Gibson, Ivancevich Donnely. 1997. Organisasi Perilaku Struktur Proses. Jakarta, Binarupa Aksara.

Hurley, R.F. & Hult, G.T.M. (1998). Innovation, Market Orientation, and Organizational Learning: An Integration and Empirical Examination. Journal of Marketing

Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung, Alfabeta.

Istiati, Fuandani. 2016. Difusi Inovasi dalam Kegiatan Komunikasi Pembangunan. Yogyakarta, FISHUM-UIN.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 /KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Lembaga Administrasi Negara. 2000. Akuntabilitas dan Good Governance. Modul Sosialisasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP). Jakarta.

--------------, 2004. Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta.

---------------, 2008. Membangun Kepemerintahan yang Baik. Jakarta.

Munir, Abdul Razak. 2005. Aplikasi Analisis Faktor Untuk Persamaan Simultan dengan SPSS Versi 12. Laboratorium Kompetensi Manajemen Fakultas Ekonomi UNHAS. Universitas Hasanudin.

Nazir, Muhammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta, Ghalia Indonesia.

Peraturan Bupati Bantaeng Nomor 48 Tahun 2016 Tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Peraturan Daerah (PERDA) No. 27 Tahun 2007 - Pembentukan Organisasi, Kedudukan, Tugas Dan Fungsi Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Bantaeng

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Peraturan Menteri Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2008 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelayanan Perizinan Terpadu di Daerah

Permana, Budi. 2016. Urgensi Proyek Perubahan pada Diklat Kepemimpinan Pola Baru di Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Apartur I Lembaga Administrasi Negara (PKP2A I LAN). Jurnal Wajana Kinerja, 19 (2), 23-51.

Sahaluddin, Achmad Djumlani, dan Bambang Irawan. 2014. Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Kecamatan Nunukan Selatan Pemerintah Kabupaten Nunukan. eJournal Administrative Reform, 2 (3), 1663-1676.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta, UNY Pers.

Tjiptono, Fandi. 2008. Service Management – mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta, Andi.

Umar, Husain. 2000. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta, Raja Grafindo Persada

Walgito, Bimo, 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta, Andi.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v3i1.217

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics