Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Maraja Tour Plan

Suryadi Kadir, Hasmin Tamsah, Gunawan Bata Ilyas

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis kualitas pelayanan berdasarkan dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan Maraja Tour Plan di Makassar, baik pengaruh secara parsial maupun pengaruh secara simultan (bersama-sama).

Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar tepatnya pada Maraja Tour Plan dengan waktu penelitian berlangsung selama 3 (tiga) bulan, mulai bulan April sampai dengan Juni 2017. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pelanggan Maraja Tour Plan di Makassar yang berjumlah 612 orang per Desember 2016. Penarikan sampel untuk dijadikan responden penelitian menggunakan teknik Sampling Purposive dengan jumlah sampel sebanyak 86 orang.  Metode analisis yang digunakan yaitu dengan Analisis Regresi Linier Berganda yang sebelumnya telah melalui uji validitas dan reliabilitas.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: jika dimensi (reliability, ,responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles) dipersepsikan baik oleh responden, maka kepuasan pelanggan semakin meningkat, demikian pula sebaliknya jika faktor (reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles) dipersepsikan buruk oleh responden, maka kepuasan pelanggan semakin menurun dan tidak memuaskan. Sehingga kualitas pelayanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles dipersepsikan baik oleh responden, maka kepuasan pelanggan semakin meningkat, dan sebaliknya jika kualitas pelayanan yang terdiri dari reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles dipersepsikan buruk oleh responden, maka kepuasan pelanggan semakin menurun.

 

 

 

ABSTRACT

The purpose of this research is to analyze the quality of service based on the dimensions of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles influence on customer satisfaction Maraja Tour Plan in Makassar, either partially influence or simultaneously influence (together).

This research was conducted in Makassar City precisely at Maraja Tour Plan with research time lasted for 3 (three) months, starting from April until June 2017. In this research which become population is all customer Maraja Tour Plan in Makassar amounting 612 people per December 2016. Sampling to be used as research respondents using Sampling Purposive technique with the number of samples of 86 people. The analytical method used is Multiple Linear Regression Analysis which has been through the validity and reliability test.

The results of this study can be summarized as follows: if the dimensions (reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles) are perceived both by the respondents, the customer satisfaction increases, and vice versa if the factors (reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles) perceived poorly by the respondents, the customer satisfaction is decreasing and unsatisfactory. So the quality of service consisting of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles perceived both by the respondents, the customer satisfaction is increasing, and vice versa if the quality of service consisting of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangibles perceived poorly by respondents, then customer satisfaction decreases.

Keywords : Service Quality, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy,
                          Tangibles, and Customer Satisfaction

 


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


American Marketing Association. 2003. Perilaku Konsumen dan Implikasi dalam Strategi Pemasaran. Terjemahan Nugroho Setiadi J. PT. Prenada Media. Jakarta.

Aryani, Dwi., dan Febrina Rosinta. 2010.

Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Mei—Agus 2010, hlm. 114-126. Volume 17, Nomor 2.

Bari, Ahmad., dan Budhi Satrio. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Berbelanja Di Cak – Cuk Surabaya. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 12.

Brady, M. K., & Cronin, J. J. (2001, July). Some New Thoughts On Conceptualizing Perceived Service Quality: A Hierarchical Approach. The Journal Of Marketing Vol.65, 34-49

Cronin, J.J & Taylor, S.A., 2002. Measuring service quality: are examination and extension. Journal of Marketing

Engel, J. F., Blackwell, R. D. & Miniard, P. W. (1995). Customer Behavior , 8th Edition. The Dryden Press, Harcount Brace College Publishers.

Farizal, Brian., dan Prijati. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pembelian Tiket Pada PT. Artha Bangun Cemerlang. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 2 No. 7.

Gronroos, Christian, 1998. Marketing Service: The Case of Missing Product, Journal of Business & Industrial Marketing, Vol. 13 No. 4/5

.

Kotler Philip, 2007, Manajemen Pemasaran :Penerbit Airlangga, Jakarta

Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Payne, Adrian. 2001. The Essence of Service Marketing. Diterjemahkan oleh: Fandy Ciptono. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Parasuraman, A., Zeithaml, V.A., dan Berry, L.L. (1985). A Conceptual Model Of Service Quality And Its Implications For Future Research. Journal Of Marketing Vol.49, 41-50.

Rizqy, Rochyan RR., Moh. Mukeri Warso., dan Aziz F. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen PT. Graha Service Indonesia Cabang Semarang). Journal Of Management, Volume 2 No.2 Maret 2016

Sulistiyani, Ambar Teguh dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Graha Ilmu: Yogyakarta.

Simon, Kevin., Christina Whidya Utami., dan Metta Padmalia. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 3, Agustus 2016.

Tiong, P. (2018). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. PRIMAGUM SEJATI DI MAKASSAR. SEIKO: Journal of Management & Business, 1(2), 176-203.

Tjiptono, Fandy, 2005, Pemasaran Jasa, Bayu Media Publishing, Yogyakarta.

Widjoyo., Iksan O., Leonid J.R., Yohanes S.K. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Layanan Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 1, (2013) 1-12.

Yamit, Zulian. 2002. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Penerbit Ekonesia, Yogyakarta.

Zeithaml, Valerie A,. and M.J. Bitner, 2003. Service Marketing. First edition, USA: Mc Graw-Hill Co. Inc




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v3i2.263

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics