PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RS LABUANG BAJI MAKASSAR

Elim Layuk, Hasmin Tamsah, Ikhsan Kadir

Sari


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah:(1) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RS Labuang Baji Makassar, (2) Untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap kepuasan pasien rawat inap di RS Labuang Baji Makassar, (3) Untuk mengetahui pengaruh keterampilan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RS Labuang Baji Makassar. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif, yaitu dengan menitikberatkan pada pengujian hipotesis, dengan jumlah sampel 40 responden. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan observasi langsung. Analisis data yang digunakan adalah secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan program SPSS metode analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian berdasarkan uji parsial membuktikan bahwa (1).Variabel pengetahuan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien Rawat Inap di RS Labuang Baji Makassar nilai signifikansi = 0,003 yang berarti bahwa hipotesis alternatif diterima yang menyatakan ada pengaruh pengetahuan terhadap kepuasan pasien Rawat Inap Di RS Labuang Baji Makassar,(2). Berdasarkan uji parsial bahwa Sikap memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien Rawat Inap Di RS Labuang Baji Makassar.dengan nilai signifikansi = 0,000 yang berarti hipotesis alternative diterima yang menyatakan ada pengaruh sikap terhadap kepuasan pasien Rawat Inap Di RS Labuang Baji Makassar, (3). Berdasarkan uji parsial bahwa keterampilan memiliki pengaruh terhadap kepuasan Pasien Rawat Inap Di RS Labuang Baji Makassardengan nilai signifikansi = 0,002 yang berarti hipotesis alternative diterima yang menyatakan ada pengaruh keterampilan terhadap kepuasan pasien Rawat Inap Di RS Labuang Baji Makassar. Berdasarkan uji simultan bahwa sikap memiliki pengaruh yang paling tinggi dengan signifikansi 0,000.
Kata Kunci : pengetahuan, sikap, keterampilan

ABSTRACT
The purpose of the research are : (1). To know the effect of knowledge to medical patient satisfaction in Labuang Baji Hospital Makassar, (2) To know the effect attitudeto medical patient Satisfaction in Labuang Baji Hospital Makassar,(3) To know the effect Skill to medical patient Satisfaction In Labuang Baji Hospital Makassar. The method usedin this research is survey method with quantitative approach, with emphasis on hypothesis testing. with a sample of 40 respondents. Data were collected through questionnaires and direct observation. Analysis of the data used descriptive quantitative analysis method using SPSS Regression. The result of the research based on partial testing showwed that.(1) Knowledge variabel effect the patient satisfaction in Labuang Baji Hospital Makassar with significantly score at 0,003 means that alternative hypotheses accepted clarified knowledge effect satisfaction patient in Labuang Baji Hospital Makassar.(2) Based on partial testing showed that attitude effect the patient satisfation in Labuang Baji Hospital Makassar with significantly score at 0,000 means that altervnative hypotheses accepted clarified attitude effect the patient satisfaction in Labuang Baji Hospital Makassar.(3) Based on partial testing showed that skill effect the patient satisfaction in Labuang Baji Hospital Makassar with significantly score at 0,002 means that alternative hypotheses clarified skill effect the patient satisfaction in Labuang Baji Hospital Makassar.Based on the this Simultaneous testing,Attitude has the highest with significantly score at 0.000.
Keywords : knowledge, attitude, skills

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Anwar Prabu Mangkunegara, 2006. EvaluasiKinerja SDM. Eresco, Jakarta.

Gillies. D. A 2000,Manajemen Keperawatan Ed.2, WB Sounder Company, Philedeplia.

Hasan Hamdah, 2003, Peranan Pendidikan Terhadap Kualitas Sumber Daya Manusia, (Solo: Bina Ilmu).

Ikhsan Kadir, 2014, Profesional Perawat Rumah Sakit, Zipatama Publisher: Surabaya.

Ilham. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Syari’ah. Makassar: Penerbit Pusaka Almaida

Ishak, A & Hendri, T. 2003, Manajemen Motivasi, Grasindo: Jakarta

Kemenkes, 2008, Standar Manajemen Pelayanan Keperawatan dan Kebidanan, Direktorat Yan Kep, Dirjen. Med, Jakarta.

Kuntoro A, 2010. Manajemen Keperawatan, Numed:Yokyakarta.

Kusnanto, 2004, Pengantar Profesi & Praktek Keperawatan Profesional, EGC, Jakarta

Lestari VS, 2011. Buku Ajar Dasar-Dasar Manajemen, UNHAS, Makassar

Manullang, M. 2005, Manajemen Personalia, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia

Mangkunegara, 2010.Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rasdakarya. Bandung

Martopo Ashari, 2004, Peningkatan Kompetensi Menuju SDM berkualitas, Bandung: Penerbit Tarsito.

Manullang 2002, Manajemen Pemasaran, Ghalia Indonesia, Jakarta Mei (2010) “Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Marihat, Pematang Siantar.

Nursalam, 2011, Proses dan Dokumentasi Keperawatan/ Konsep dan Praktek, Salemba: Jakarta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nasution, 2003. Metode Reseach. Jakarta: Bumi Aksara

Pohan, I.S.(2003). Jaminan mutu pelayanan kesehatan: dasar-dasar pengertian. Jakarta: Kesaint Blanc.

Riduwan, 2012, Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Alvabeta. Bandung

Simamora, Henry. 2004,Manajemen Sumber Daya Manusia, Yokyakarta: STIE YKPN: 2004

Sedarmayanti, 2004. Prestasi dalam Pengembangan Pemberdayaan dan Pendayagunaan Pegawai PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Swarburg, R.C, 2010.Pengembangan Staff Keperawatan Serta Pengembangan SDM, Buku Kedokteran, Jakarta

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alvabeta. Bandung

Sitorus, R., & Yulia.(2006). Model praktik keperawatan profesional di rumah sakit. Jakarta: EGC.

Sunariyo, 2012.Psikologi Untuk Keperawatan, Buku Kedokteran EGC, Jakarta

Winardi, 2011, Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen. Grafindo Persada, Jakarta

Wardoyo, 2005, Pengaruh Kompetensi terhadap Komitmen dan Kinerja Karyawan PT. Bontanng Kalimantan Timur. Tesis PPS-UB, Malang, Tidak Dipublikasikan.

Wiratna,2015 ,”Statistik untuk Kesehatan”,Penerbit Gava Media: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v2i2.60

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics