Pengaruh Brand Equity terhadap Minat Beli pada Produk Kosmetik Pixy di Kota Bandung

Hania Salsabila, Imanuddin Hasbi

Sari


Perubahan gaya hidup terkait kesadaran diri bagi perempuan yang senantiasa ingin tampil menarik dan cantik sebgai upaya untuk meningkatkan kepercayaan dirinya dengan menggunakan produk kosmetik. Saat ini banyak merek produk kosmetik yang beredar di Indonesia salah satunya adalah Pixy Kosmetik. Pixy Kosmetik merupakan merek kosmetik yang sudah berdiri hampir 40 tahun lamanya. Meskipun sudah berdiri hampir 40 tahun, namun keberadaan Pixy Kosmetik saat ini mulai tergeserkan oleh merek-merek kosmetik baru. Hal tersebut diketahui dari skor Top Brand Index yang kian menurun dan juga dari hasil penjualan pada e-commerce yang memiliki nilai terendah. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana pengaruh dari brand equity terhadap minat beli pada produk kosmetik Pixy di Kota Bandung. Metode kuantitatif dipergunakan pada penelitian ini memanfaatkan jenis penelitian deskriptif, non probability sampling dipergunakan sebagai metode sampling dengan menggunakan purposive sampling. Banyaknya responden penelitian ini sejumlah 110 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Penelitian yang dilakukan diketahui bahwa brand equity yang terdiri dari brand awareness, perceived quality, brand association, dan brand loyalty berpengaruh secara simultan terhadap minat beli. Untuk uji secara parsial bahwa perceived quality dan brand loyalty berpengaruh signifikan pada minat beli, sedangkan brand awareness dan brand association tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada produk kosmetik Pixy di Kota Bandung. Brand equity memiliki pengaruh sebesar 72,1% terhadap minat beli.
Keywords:
Ekuitas Merek, Minat Beli

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmad, R. S., Sulaiman, Z., Nik Hussain, N. H., & Mohd Noor, N. (2022). Working mothers’ breastfeeding experience: a phenomenology qualitative approach. BMC Pregnancy and Childbirth, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12884-021-04304-4

Anggraini, M., Nurjannah, S., & Inderasari, O. P. (2020). Fenomena Pekerja Anak (Kasus Pedagang Asongan Anak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah). RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(1). https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i1.22

Anwar, R. K., Sjoraida, D. F., Khadijah, U. L. S., & Rahman, M. T. (2020). The Impact of Using Instagram Social Media on Student Consumptive Behavior. Record and Library Journal, 6(1), 80. https://doi.org/10.20473/rlj.v6-i1.2020.80-88

Creely, E. (2018). ‘Understanding things from within’. A Husserlian phenomenological approach to doing educational research and inquiring about learning. International Journal of Research & Method in Education, 41(1), 104–122. https://doi.org/10.1080/1743727X.2016.1182482

Doha, A., Elnahla, N., & McShane, L. (2019). Social commerce as social networking. Journal of Retailing and Consumer Services, 47. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2018.11.008

Fasa, M. I., Hufad, A., Putri Nabilla, Z., Asyahida, F. N., Ahmad, A. R., & Handayani, D. (2020). Instagram Shopping Towards Consumers’ Consumptive Behavior: Factors and Effects to Indonesian Students. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 4288–4295.

Fujiwara, M. (2020). The determinants of consumption behavior in fast fashion - From the point of view of sns, smartphone technology and consumption values. Journal of the Japan Research Association for Textile End-Uses, 61(4). https://doi.org/10.11419/senshoshi.61.4_299

Hanadian Nurhayati-Wolff. (2021). Number of internet users in Indonesia 2017-2026. Statista.Com.

Liao, S. H., Widowati, R., & Cheng, C. J. (2022). Investigating Taiwan Instagram users’ behaviors for social media and social commerce development. Entertainment Computing, 40. https://doi.org/10.1016/j.entcom.2021.100461

M Ivan Mahdi. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Molina-Prados, A., Muñoz-Leiva, F., & Prados-Peña, M. B. (2022). The role of customer brand engagement in the use of Instagram as a “shop window” for fashion-industry social commerce. Journal of Fashion Marketing and Management, 26(3). https://doi.org/10.1108/JFMM-12-2020-0275

SIMON KEMP. (2021). DIGITAL 2021: INDONESIA. Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Statista. (2021). Number of internet users in Indonesia 2017-2026. Statista; Hanadian Nurhayati-Wolff. https://www.statista.com/outlook/methodology

Wang, X., Lin, X., & Spencer, M. K. (2019). Exploring the effects of extrinsic motivation on consumer behaviors in social commerce: Revealing consumers’ perceptions of social commerce benefits. International Journal of Information Management, 45. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.11.010

Wang, Y., Wang, Q. W., Tao, Y. Y., & Xie, W. W. (2021). Empirical Study of Consumption Behavior of College Students under the Influence of Internet-based Financing Services. Procedia Computer Science, 187, 152–157. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.04.046

Watung, S. R. (2018). The Influence of Financial Literacy, Social Environment Factors and Cultural Factors to Consumption Behaviour, (Survey on Faculty 0f Economics Students, Manado State University-Indonesia). International Journal of Scientific Research and Management, 6(04). https://doi.org/10.18535/ijsrm/v6i4.em14

World Bank Group. (2017). Indonesia Economic Quarterly Reports (IEQ). Worldbank.Org.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.1829

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics