Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Tanjonge Kabupaten Soppeng

Masyadi Masyadi, Amrial Amrial

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Tanjonge Kabupaten Soppeng, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah Pasien Puskesmas Tanjonge yang berjumlah 85 orang, Untuk mengetahui Pengaruh Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Tanjonge Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng maka digunakan Analisis Regresi Linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis penelitian mengenai pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan pasien pada Puskesmas Tanjonge Kabupaten Soppeng maka dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pasien pada Puskesmas Tanjonge Kabupaten Soppeng, dengan nilai Signifikansi 0,049 < 0,05. Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dikemukakan di atas, maka dapat Disarankan kepada pihak Puskesmas Tanjonge Kabupaten Soppeng agar selalu meningkatkan Kualitas Pelayanan Melalui lima Dimensi Kualitas Pelayanan yaitu Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik, sehingga dengan Kualitas Pelayanan yang maksimal, maka akan meningkatkan kepuasan Pasien pada Puskesmas Tanjonge Kabupaten Soppeng
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adawiyah, A. (2018). Pengaruh Motivasi dan Keterampilan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah METANSI “Manajemen Dan Akuntansi,” 1(April), 1–10.

Dylan Trotsek. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Ud. Mie Kalimantan Di Kota Bontang. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 10.

Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandaru, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 120–134.

Florensia Kurnia Puung, Achmad Fudholi, B. S. D. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di Salon Dan Spa. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi, 4(2), 105–110.

Istiatin, E. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer Pt. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Universitas Islam Batik Surakarta, 13(01), 115736.

Kurnia, M., & Suwiknyo, M. (2018). Kepuasan Konsumen: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 15(01). https://doi.org/10.30651/blc.v15i01.1264

Masyadi, Salam, A., & Masri, Y. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Buah Naga Di Kecamatan Donri – Donri Kabupaten Soppeng. Jurnal Metansi, 3, 61–67.

Minarti, A. (2018). Pengaruh Persepsi Tentang Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Indomaret Takalala Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah METANSI” Manajemen Dan Akuntansi”, 1(April), 66–73.

Minarti, Asnia. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Resmi Yamaha Watansoppeng. Jurnal Ilmiah METANSI ”Manajemen Dan Akuntansi”, 2(2), 31–37.

Mursyidah, D. S. (2022). Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Di Showroom X Kota Bandung. Mbia, 20(3), 222–234. https://doi.org/10.33557/mbia.v20i3.1569

Noor, F. V. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt Herba Penawar Alwahida Indonesia (Studi Pada Alfatih Business Center II HPAI Kota Bengkulu). In Sustainability (Switzerland) (Vol. 4, Issue 1).

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Popolo Coffee. Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114–126. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/2819/2206

Suhairi, Novianti, N., & Suryatna, D. (2020). Pengaruh Harga Dan Suasana Cafe Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe D ’ Malaka Watansoppeng. Jurnal MENTASI (Manajemen Dan Akuntansi), 3(1), 67–73.

Taupik Ismail. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1124–1135.

Umar, F. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat pada kantor kelurahan lemba kecamatan lalabata kabupaten soppeng. Jurnal Metansi, 4(April), 19–25.

Wulansari, R., & Pamulang. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Indomaret Cabang Pondok Ranji. JURNAL, 2(4), 563–569.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.2127

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics