Keputusan Pembelian: Peran Price Discount, Lifestyle, dan Kepercayaan Konsumen

Nanang Handrian, Euis Soliha

Sari


Abstrak
E-commerce berkembang begitu pesat, terutama pada Shopee. Banyak konsumen yang berbelanja online melalui Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount, lifestyle, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang akan diperoleh melalui data primer dengan menggunakan kuisioner. Sampel penelitian ini 150 pengguna aplikasi Shopee di kota Semarang Dalam penelitian ini pengambilan sampel dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan uji-t dan ujif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa price discount, lifestyle, dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
Kata Kunci : price discount, lifestyle, kepercayaan konsumen, keputusan pembelian.
Abstract
E-commerce is growing so rapidly, especially at Shopee. Many consumers shop online through Shopee. This study aims to determine the effect of price discount, lifestyle, and consumer confidence on purchasing decisions. The sample of this research is 150 Shopee application users in the city of Semarang. In this study, the sample was taken using a non-probability sampling method with a purposive sampling technique. Data analysis used validity test, reliability test, coefficient of determination test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing with t-test and f-test. The results showed that the price discount, lifestyle, and consumer confidence have a positive and significant impact on purchasing decisions.
Keywords : price discount, lifestyle, consumer confidence, purchasing decisions

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Afrida. (2021, September ). Pengaruh Price Dsicount Dan Bonus Pack Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merek Mobil Suzuki (Studi Kasus: Masyarakat Kota Padang). Eko dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 12, 266-274. doi:10.36975/336

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020, Desember). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6, 96-107.

Anjani, K. P., & Wimba , I. A. (2021, Februari). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Warisan Eurindo Di Dalung, Kerobokan, Kedonganan. Widya Amrita: Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1, 115-125.

Fitriana, Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame (Studi Kasus Pada Konsumen Oriflame Di Kabupaten Sumbawa). Manajemen dan Bisnis, 2, 1-9. doi:10.3767/304

Istianingsih, S. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial (E-Commerce) Pada Aplikasi Tokopedia Di Universitas Sumatera Utara. Universitas Sumatera Utara. Medan: Skripsi.

Kurniawati , M. (2020). Pengaruh Harga, Gaya Hidup, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Elzatta Di Kota Palembang. UIN Raden Fatah Palembang. Palembang: Skripsi.

Larasati, S. F., Safitri, U. R., & Rahayu, L. P. (2021, Desember). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik (Studi Kasus Pada Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik Di Toko Eviaa Cosmetic Kartasura). Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 9, 184-193. doi:10.36596/595

Novirsari, E. (2019, Desember). Pengaruh Diskon Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Himalaya Drug Company. Abdi Ilmu, 12, 101-111.

Rio, M., Sumardjo, M., & Ermawati. (2021, Desember). The Effect of Work Discipline, Work Stress, and Burnout During the Covid-19 Pandemic on the Performance of Employees of the Badan Diklat BPK RI PKN. Al Tijarah, 7, 74-89. doi:10.21111/6587

Rosmaniar, A., Wandoyo, R., Kusuma , A., & Sanjaya, V. F. (2020, Desember). Pengaruh Citra Merek, Diskon, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Swalayan Chandra Lampung). Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development, 2(2), 20-27.

Sari, R. P., & Widayanti, I. A. (2019, Februari). Pengaruh Brand Image, Gaya Hidup Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Cafe Tjeret Di Surakarta. Edunomika, 03, 14-22. doi:10.29040/406

Sari, V. E. (2019). Pengaruh E-Worm, Lifestyle, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Ticket Online Booking Pada Situs Traveloka.com Di Ponorogo (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat Dan Kereta Api). eJournal Administrasi Bisnis, 7, 474-487.

Suhandi. (2020, Desember). Pengaruh Iklan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Merek Wardah. Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 6, 75-79. doi:10.35906/605

Wahyuni, R., & Irfani, H. (2019, Juni). Pengaruh Lifestyle, Percieved Ease Of Use Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Pakaian Online. Psyche 165 Fakultas Psikologi, 12, 165-173.

Yusnidar , C., & Misdalaina. (2021, Juni). Pengaruh Potongan Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Adi Sport Sigli Kabupaten Dilie. Ekobisme, 1, 67-76.

Zulfa , L. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Semarang. Universitas Diponegoro. Semarang: Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics