Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo)
Sari
Adelia Sahrain. NIM 931418134. 2022. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi kasus pada mahasiswa pengguna Smartphone Xiaomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo). Skripsi. Program Studi S1 Manajemen, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Dr. Idris Yanto Niode, S.Pd, MM Sebagai Pembimbing I dan Djoko Lesmana Radji, S.Pd, M.Si Sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada mahasiswa pengguna Smartphone Xiaomi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo. Penarikan sampel dalam penelitian menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel 70 responden. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukan 1) citra merek berperngaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) harga berperngaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan 3) citra merek dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 56,5 %. yang berarti variabilitas keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek dan harga sebesar 56,5 %.
Kata Kunci: Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Alvatwa, N. I., Ikbal, N., & Kata, K. (2021). Citra Merk , Fitur dan Kualitas Produk dalam keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 4(2), 816–825.
Andi Nanna Binti Andi Amir, Saleh, M. Y., & Jafar, S. (2019). Pengaruh citra merek, harga, kualitas produk terhadap keputusan pembelian di kota maaksar. ECONOMICS BOSOWA JOURNAL, 5(002), 185–195.
Aprinuryanto, N. A., & Santosa, S. B. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian de gan citra merek sebagai variabel intervening. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 8(2), 25–32.
Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tengerang. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(2), 62–72.
Ashari, A. P., Hardiyono, H., & Nurul Fadilah Aswar. (2017). Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembeliab smartphone samsung di makasar. Management Development and Applied Research Journal, 6(2), 217–236.
Galuh Putri Riyanto. (2021). 5 besar vendor smartphone di indonesia kuartal-II 2021. Compas.Com. https;//amp.kompas.com/tekno/read/2021/09/30/07050057/5-besar-vendor-smartphone-di-indonesia2021-kuartal-ii-
Irawan, I. A. (2021). KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI PADA APLIKASI ONLINE DIMASA PANDEMI COVID-19. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Aplikasi Online Dimasa Pandemi Covid-19, 7(1), 17–32.
Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran (2nd ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.
Khurram, M., Qadeer, D. F., & Muhammad Sheeraz. (2018). The Role of Brand Recall, Brand Recognition and Price Consciousness in Understanding Actual Purchase. Journal of Research in Social Sciences, 6.
Merina, E., & Sudarwanto, tri. (2021). Pengaruh harga dan citra merek terhadap pembelian xiaomi di toko apollo plaza marina surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(3), 1342–1348.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay ( Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar ). Jurnal Abiiwara, 1(2), 71–83.
Riyono, G. E. B. (2016). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan brand image terhadap kepurusan pembelian. JURNAL STIE SEMARANG, 8(2), 92–121.
Saidah, L. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo. Ilmu Dan Riset Manajemen, 7, 2–16.
Septayuda, I., Universitas, D., & Darma, B. (2017). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone xiaomi-4x. 128 Jurnal Ilmiah MBiA, 16(3), 127–136.
Shofiyana, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Youth & Islamic Economic Journal, 1(2), 9–13.
Siti Nurhayati. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogjakrta. JBMA, IV(2), 60–69.
Sugiarto, E. (2016). Analisis Emosional, Kebijaksanaan Pembelian Dan Perhatian Setelah Transaksi Terhadap Pembentukan Disonansi Kognitif Konsumen Pemilik Sepede Motor Honda Pada UD. Dika Jaya Motor Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, I(01), 34–47.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami (ed.); 6th ed.). Alfabeta.
Suharno, Y. S. (2010). Marketing in practive. Graha Ilmu.
Taha, R. P. M. (2018). Pengaruh Manajemen Pelayanan Kesehatan Dan Kepercayaan Publik Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof.Dr.Aloei Saboe Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo.
Venessa, I., & Arifin, Z. (2015). ( Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013 / 2014 dan 2014 / 2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati ). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 44–48.
Wiastuti, R. D., & Kimberlee, S. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri , Jakarta. Jurnal Pariwisata, 5(2), 133–146.
Yitzhak Armando Laheba, Willem J.F. Alfa Tumbuan, D. S. (2015). Pengaruh citra merek fitur dan harga terhadap keputusan pembelian handphone samsung. Jurnal EMBA, 3(3), 99–108.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2205
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.