Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Atmosfer Caffe Dan Kualitas Layanan (Studi Kasus Pada Konsumen Kedai Kami Ngaliyan, Semarang)

Alya Nur Fitriana, Ali Maskur

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, atmosfer caffe, dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen (studi kasus pada konsumen Kedai Kami Ngaliyan, Semarang). Riset berfokus pada kualitas produk, persepsi harga, atmosfer caffe, dan kualitas layanan, bertujuan untuk menganalisis pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah pelanggan yang membeli produk dari Kedai Kami Ngaliyan Semarang minimal tiga kali, peneliti mengambil sempel sejumlah 100 responden dengan metode probability sampling. Metode untuk mengumpulkan data menggunakan metode kuantitatif atau kuesioner. Uji Instrumen (uji validitas dan reliabilitas), analisis regresi linear berganda, dan uji model (uji-t dan uji-f) digunakan sebagai analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, persepsi harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, atmosfer caffe berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Persepsi Harga, Atmosfer Caffe, Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen
Abstract
This study aims to analyze the effect of product quality, price perception, cafe atmosphere, and service quality on consumer satisfaction (a case study on consumers of Kedai Kami Ngaliyan, Semarang). The research focuses on product quality, price perception, cafe atmosphere, and service quality, aiming to analyze their effect on consumer satisfaction. The population used in this study are customers who buy products from Kedai Kami Ngaliyan Semarang at least three times, researchers take a sample of 100 respondents with probability sampling method. Methods to collect data using quantitative methods or questionnaires. Instrument test (validity and reliability test), multiple linear regression analysis, and model test (t-test and f-test) were used as data analysis. The results showed that product quality had a positive and significant effect on consumer satisfaction, price perception had no effect on consumer satisfaction, caffe atmosphere had a negative and insignificant effect on consumer satisfaction, and service quality had a positive and significant effect on consumer satisfaction
Keywords: Product Quality, Price Perception, Caffe Atmosphere, Service Quality and Consumer Satisfaction

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Amir, M Taufiq. 2005. Dinamika Pemasaran: Jelajahi & Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Areni, C. S., dan Kim, D. (1994). The Influence of In-Store Lighting on Consumers Examination of Merchandise in a Wine Store. International Journal of Research in Marketing, Vol 11,hal 117-125.

Arman Hakim Nasution.dkk, Manajemen Pemasaran untuk Engineering, ANDI, Yogyakarta, 2009.

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi.

Banat, A., & Wandebori, H. S. T. (2012). Store Design and Store Atmosphere Effect on Customer Sales per Visit Economics, Management and Behavioral Sciences.

Banot, A & Wandebori, H. (2012). Store Design and Store Atmosphere Effect on Customer Sales per Visit. 2nd International Conference on Business Economics, Management and Behavioral Sciences, 13-14.

Berman, Barry & Evans, Joel R. (2010). Retail Management: A Strategic Approach

(11 Ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Budiarto, D. N., & Suhermin. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Store Atmosphere Dan Word of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(4), 1–15.

C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Cox, B., & Brittain, P. (2004). Retailing An Introduction Fifth Edition. Harlow:Pearson Prentice Hall.

Dharmmesta, Basu Swastha & Handoko, Hani T. (1997). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. BPFE- Yogyakarta. Yogyakarta.

Dinawan. 2010. Kualitas Produk : Alat Strategi Yang Penting, Free Press. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Diza, F., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. J. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Komsumen (Studi Kasus Pada PT. FIFGROUP Cabang Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 109–119.

Edriani, D. (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekobistek, 10(1), 132–135. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i2.114.

Fiani, S., dan Japrianto, E. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep's di Kota Solo. Student Jurnal Petra, 1 (1): 1-6.

Gera, L., & Kusumowidagdo, A. (2020). Pengaruh atmosfer pada desain interior Café Kelana. Seminar Nasional Envisi, 187–198.

Gie, The Liang. 2000. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta. Liberty.

Gilbert, C.R. et.al. 2014, Measuring Customer Statisfaction in The Fast Food Industry: A cross-national Approach. The Journal of Service Marketing, Halaman 18.

Hayati, Y. H., & Sekartaji, G. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Bebek Dan Ayam Goreng Pak Ndut Solo. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 1(1), 49–56. https://doi.org/10.34203/jimfe.v1i1.455.

Hawkins, Del. I dan Lonney Coney. 1997. Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy. New York: McGraw-Hill.

Holbrook, M. B., & Anand, P. (1990). Effects of tempo and situational arousal on the listeners.

Howard, J.A. and Sheth J.N. 1969, The Theory of Buyer Behavior. (Edisi cetak ulang) New York: John Wiley and Sons.

Kantohe, J. dan Karuntu, M., 2014, ”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Berbelanja Pada Fiesta Pasar Swalayan Manado”, Jurnal EMBA, Vol.2 No.1 Maret 2014, Hal. 66-77.

Kepuasan Konsumen Best Autoworks, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 1, No. 6, hal. 755-764.

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I. Diterjemahkan oleh Benyamin

Molan. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kristanto, J. O. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cafe One Eighteenth Coffe.AGORA Jurnal Mahasiswa Manajemen Bisnis 6, no. 1, 1-11.

Lamb dalam Bob Sabran, 2012, Manajemen Pemasaran, penerbit erlangga.Yun, Z., & Good, L.K. (2007). Developing Customer Loyalty From E-tail Store Image Attributes. Journal of Management and Service Quality, 17(1), 4-22.

Lisan, Henky & Meldarianda, Resti. (2010). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, Vol 17(2), 97-108.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1237–1245. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/5802

Ningtiyas, T. S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jasa Pengiriman Barang. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1), 46–53. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.551

Monroe, Kent. 1990. Pricing Making Profitable Decision. Singapore : Mcgraw- Hill.

Mowen, John C. Michael Minor. 2001. Perilaku Konsumen (Jilid 1) Edisi Kelima.Jakarta: Erlangga.

Oliver, Richard L., 1999, “Whence Consumer Loyalty”, Journal of Marketing., Volume 63 Special Issue, pp. 33-44.

Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. T., & Jorie, R. J. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba Di Kota Lawang. Emba, 10(1), 68–77.

Parasuraman, A. Valerie, A. Zeithaml, dan Leonard L, Berry. 1988. A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Marketing.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta.

Prayogo, D., Utami, B., & Hidayat, M. S. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Dreamblack Coffee Mojokerto ). Jurnal Manajemen, 1–15.

Raktion, J. (2018). Terhadap Kepuasan Konsumen in Heritage. 2.

Schiffman and Lazar Kanuk, 2000, Costumer Behavior, Internasional Edition, Prentice Hall.

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Setyo, Purnomo Edwin, 2017, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Westbrook, R. and Reilly, M. (1983).Value-Percept disparity: An Alternative To The Disconfirmation of Expectations Theory of Customer Satisfaction. MI: Association for Consumer Research.

Suhairi, D. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Honda Autobest Bandung. Media Bina Ilmiah, 14(3), 2539–2548. http://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI

Thungasal, C. E., & Siagian, H. (2019). Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan pada Hotel Kasuari. Agora, 7(1), 1–7.

Tjiptono, Fandy., & Gregorius Chandra. (2017). Pemasaran Strategik Edisi 3. Yogyakarta: Andi offset.

Wariki, G., Mananeke, L., & Tawas, H. (2015). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073–1085. https://doi.org/10.35794/emba.v3i2.9286

Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner dan Dwayned D. Gremler. (2006). Services Marketing. Integrating Customer Focus Across the Firm. 4th edition. International Edition. Singapore: McGraw-Hill.Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2220

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics