Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah BTN Syariah Yang Dimoderasi Oleh Variabel Kepuasan

Karina Carolleta, Efan Elpanso

Sari


Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pada BTN Syariah Palembang. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif sdengan pengambilan sampel menggunakan rumus slovin didapatkan sebanyak 99 nasabah. Teknik analisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (thitung = 8,190) > ttabel = 1,984). Hasil uji statistik kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah (thitung=8,459) > ttabel=1,984). Pengujian yang dilakukan secara simultan menunjukkan bahwa variabel Z (kepuasan nasabah) dapat memoderasi atau memperantarai pengaruh variabel kualitas pelayanan) terhadap loyalitas nasabah (hasil thitung = 2,214) > ttabel = 1,982 dan dengan nilai P-Values 0,027 < 0,05).

Kata Kunci: kualitas pelayanan, budaya organisasi, loyalitas pelanggan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ilyas, M. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank BNI Syariah Cabang Palembang. Adl Islamic Economic: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 1(1), 47–64.

Jeany and Siagian. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BPR Artha Prima Perkasa. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 7(3), 330–341.

Nuraina and Arafah. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah dan Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Syariah Mandiri KCP Medan Marelan Raya. 735, 81–90.

Rofiqo et al. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas dengan Kepercayaan dan Kepuasan sebagai Variabel Mediator Bank Syariah di Ponorogo. Etihad: Journal of Islamic Banking and Finance, 1(1), 1–11.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2259

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics