Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Mebel di Semarang

Hieronimus Wahyu Prapdto Adi, Euis Soliha

Sari


Penelitian ini menguji pengaruh kualitas produk, Word Of Mouth, dan E-Commerce terhadap keputusan pembelian. Penelitain ini dilakukan di Temankayu selaku UMKM yang bergerak dibidang furniture di Kota Semarang. Responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Non-Random Sampling. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive Sampling, dengan kriteria sebagai berikut: konsumen atau pelanggan yang berusia minimal 18 tahun, konsumen atau pelanggan yang sudah pernah membeli produk mebel Temankayu Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk menguji variabel kualitas produk, Word Of Mouth, dan E-commerce terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, Word Of Mouth, dan E-Commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci:
Kualitas Produk, Word Of Mouth, E-Commerce dan Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


AC Nielsen., 2013. Nielsen convenience report. AC Nielsen

Agustyan, Fajar. 2017. PENGARUH E-COMMERCE, KUALITAS PRODUK, DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA INDUSTRI EKONOMI KREATIF ( Studi Pada UMKM Askha Jaya ). Universitas Lampung.

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Anis, Liya Monalisa. 2015. Pengaruh kualitas produk terhadap internasional Brand Image serta dampaknya terhadap keputusan pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (2015), Vol. 28, No. 2, November 2015.

Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Perilaku Konsumen, PT. Eresco: Bandung

Anwar, iful. 2015. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian “Bunchbead Kota Malang”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4, No. 12 (2015). ISSN: 2461-0593.

Firmansyah, Anang. (2018). PERILAKU KONSUMEN (Sikap dan Pemasaran). CV Budi Utama : Sleman, Yogyakarta. 2(30).

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hendriani, Susi dan Fitri Hariyandi. 2014. “Pengaruh Motivasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Sekretariat Daerah Propinsi Riau”. Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol.4, No.1.

Kertajaya, 2014, Hermawan Kertajaya on Marketing. Edisi Soft Cover, MizanMedia Utama, Bandung.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2012. Prinsipprinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler.P. dan Armstrong, G. 2019. Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi Milenium. PT Prehallindo. Jakarta. Hal 235.

Kotler.P. dan Armstrong, G. 2019. Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi Milenium. PT Prehallindo. Jakarta. Hal 243.

Krisnawati, Novik Dan Dr Mahmud,Mm;. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Keputusann Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Sepatu Bata di Semarang. Karya Ilmiah Prodi Manajemen. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2017). E-Comerse 2016 business, tecnology, sociey (12th ed.). England: Britis Library Cataloguint-in.

Lotulung, Chichila. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan WOM (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercross pada CV.Tristar Jaya Globalindo Manado. Jurnanl Riset Ekonomi, Manajeman, Bisnin dan Akutansi. Vol 3(3).

Mulyadi, Agustinus. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi tehadap Keputusan Pembelian di toko Online Lazada. Jurnal : Ilmiah Manajemen Bisnins dan Terapan. Tahun XV no 2

Novianti, Delfina, dkk. 2018. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Umur Usaha, dan Skala Usaha Pelaku UMKM terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Di Kecamatan Purwokerto Utara. Dalam Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA) Volume 20 Nomor 3 Tahun 2018. Halaman 1-14.

Prawirosentono, Suyadi. 2013. Manajemen Produksi. Bumi Aksara. Jakarta.Hal 176

Rahma, Alvina Dan Euis Soliha. (2020). Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang ). Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan. Vol.6 No.3

Rahmadika, N. A., & Kristaningsih, T. (2018). Pengaruh Brand Imange dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jeans Levi’s (Studi Pada Masiswa Aktif DIV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Poleteknik Negeri Malang Tahun 2017/2018). Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(2), 301–305.

Santoso, Orient. 2017. PENGARUH E-COMMERCE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT.TELKOM INDONESIA MEDAN. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara Medan.

Saswiana. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhdap Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian Produk Online Shop ( Studi Kasus Mahasiswa STIEM BONGAYA). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Vol 5 No.1 Juni 2020

Sumardy dkk. 2013. The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor.

Swastha, Basu Dharmmesta & Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Edisi 1. Yogyakaarta : BPFE.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i1.2317

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics