Strategi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan dalam Meningkatkan Kepatuhan Pemerintah Kota Makassar terhadap Standar Pelayanan Publik

Muhammad Afrisal, Romansyah Sahabuddin

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan pelayanan publik di Kota Makassar, pada dasarnya pemerintah telah beberapa kali melakukan upaya perbaikan. Salah satu wujud nyata upaya pemerintah tersebut yaitu dengan dibentuknya Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Pembentukan Ombudsman ini dimaksudkan agar penyelenggaraan pelayanan publik dapat diawasi, dan menjadi wadah pengaduan masyarakat, sehingga kedepannya terwujud pelayanan yang berkualitas khususnya di Kota Makassar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pengawasan yang dilakukan oleh ombudsman untuk memastikan bahwa seluruh instansi penyelenggara pelayanan publik di Kota Makassar melaksanakannya sesuai dengan UU No. 25/2009 tentang Pelayanan publik. Memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang berkuaitas, murah, merata dan terjangkau. Memastikan bahwa tidak ada praktik maladministrasi yang berpotensi merugikan masyarakat pengguna layanan di Kota Makassar. Memastikan bahwa seluruh aparat pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat mengacu pada SOP yang dibuat.

Kata kunci : Strategi; Ombudsman; Kepatuhan; Pemerintah Kota Makassar

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Akib, H. (2016). The Effectiveness a Role of the Ombudsman's Makassar. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(3), 229. DOI: 10.5901/mjss.2016.v7n3p229

AR, A. B. M., HALIM, H., & ASPAN, Z. (2021). THE IMPLEMENTATION OF THE MAKASSAR CITY OMBUDSMAN DUTIES IN FOLLOWING UP ON MALADMINISTRATION CARRIED OUT BY THE REGIONAL APPARATUS ORGANIZATION. Awang Long Law Review, 3(2), 231-239. https://doi.org/10.56301/awl.v3i2.251

Bogdan, R.C., & Biklen, S.K. (1992). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn & Bacon.

Creswell, J. D., Dutcher, J. M., Klein, W. M., Harris, P. R., & Levine, J. M. (2013). Self-affirmation improves problem-solving under stress. PloS one, 8(5), e62593.

Dwidjowijoto, R. N., & Patarai, M. I. (2008). OMBUDSMAN KOTA MAKASSAR Pengalaman Pembangunan Ombudsman Daerah Sebagai Bagian dari Pembangunan Lembaga Pengawasan di Indonesia (Vol. 1, No. 1). Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan di Indonesia bekerja sama dengan Pemerinlah Kota Makassar.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hartono, S. (2003). Panduan Investigasi Untuk Ombudsman Indonsia. Jakarta: Komisi Ombudsman Nasional.

Herison, R., Sahabuddin, R., Azis, M., & Azis, F. (2022). The Effect of Working Capital Turnover, Accounts Receivable Turnover and Inventory Turnover on Profitability Levels on the Indonesia Stock Exchange 2015-2019. Psychology And Education, 59(1), 385-396.

Hunger, J., & Wheelen, T. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.

Ibrahim, A. (2008). Teori dan Konsep Pelayanan Publik serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju.

Ismail, M., Sahabuddin, R., Idrus, M. I., & Karim, A. (2022). Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Online Marketplace pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 49-59. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1831

Jamaluddin, Z. U., & Haba, R. (2021). Ombudsman As an Institution of Public Service Supervision in Makassar City. NVEO-NATURAL VOLATILES & ESSENTIAL OILS Journal| NVEO, 16036-16045.

Karim, A. (2020). The role of BUMDes as supporting regional economy in Enrekang Regency based on local wisdom. HTTPS:// WWW. ACADEMIA. EDU, 43785786.

Karim, A., Musa, C. I., & Romansyah Sahabuddin, M. A. (2020). Regional economic growth the role of BUMDes institutions in Enrekang Regency. International Journal of Creative Research Thoughts, 8(11), 225-229.

Karim, A., Syamsuddin, I., Jumarding, A., & Amrullah, A. (2022). The Effect of Gender Independence and Leadership Style on Audit Quality in Makassar Public Accounting Offices. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 114-126. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.341

Koentjaraningrat. (1991). Metode Penelitian Masyaraka. Jakarta: Gramedia.

Kurniawan, A. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Pembaharuan.

Lembaga Administrasi Negara. (2000). Akuntabilitas dan Good Governance. Jakarta: LAN.

Mahmudi. (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Buku AMP YKPN.

Miles, M., Huberman, & Saldana, A. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook. New York: Routledge.

Moenir, H. (2001). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Reza, I. F. (2020). Strategi Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E- Government di Indonesia Pada Era Revolusi Indsutri 4.0. Wacana Publik, 14(1), 7-12.

Sahabuddin, D. R., Idrus, D. M. I., & Abdul Karim, S. E. (2021). Pengantar Statistika. Makassar: Lyan Pustaka Ide.

Sahabuddin, R. (2019). Pengaruh Role Overload Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Mamuju Tengah (Studi Kasus Seleksi Berkas CPNS Kabupaten Mamuju Tengah Tahun 2014). Economix, 4(1).

Sahabuddin, R., & Thaha, S. (2018). EFFECT OF VISUAL LEARNING STYLE AND SCHOOL CLIMATE ON STUDENTS'ACHIEVEMENT OF LEARNING ENTREPRENEURSHIP AT SMKN 1 PALANGGA. Journal of Entrepreneurship Education, 21(3), 1-13.

Sahabuddin, R., Rahman, F. A., Ruma, Z., & Anwar, A. (2022). Pengaruh Dimensi Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Alfa Retailindo (Carrefour) Pengayoman Makassar. YUME: Journal of Management, 5(2), 47-57.

Silalahi. Ulber. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung. PT. Refika Aditama.

Sinambela, L. P. (2006). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono, P. D. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Bandung, Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2363

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics