Perancangan dan Studi Kelayakan Bisnis Produk Sentul Natural Skincare (Sencare) Secara Online Dan Offline
Sari
Perancangan dan studi kelayakan bisnis SENCARE secara offline dan online diangkat dari permasalahan terkait penjualan produk SENCARE yang stagnan. Penelitian ini bertujuan merancang dan melakukan studi kelayakan bisnis SENCARE secara offline dan online. Penelitian ini menggunakan metode survei yang kemudian diperoleh data primer dan sekunder dari bisnis SENCARE. Hasil penelitian pada aspek pasar diperoleh besar pasar potensial 4.402.788 pcs/tahun, besar pasar tersedia 2.553.617 pcs/tahun, besar pasar sasaran yang dibidik 0.08% dari pasar tersedia atau sebesar 3.158 pcs/tahun. Pada aspek teknis ditentukan lokasi pendirian offline store SENCARE berada di Jalan Sudirman, Pekanbaru dengan luas bangunan 120 m^2 , jumlah tenaga kerja sebanyak 4 orang, dan kebutuhan dana sebesar Rp141.552.103. Aktivitas utama pada bisnis SENCARE yaitu proses produksi, pembukaan dan pelayanan toko, pencatatan penjualan tunai, dan penjualan secara online. Pada aspek finansial diperoleh nilai NPV Rp386.242.509, nilai IRR 63.74% dan PBP 1.96 tahun. Oleh karena nilai NPV> 0, nilai IRR > MARR 8% dan nilai PBP < economic life, bisnis SENCARE dikatakan layak untuk dijalankan. Bisnis SENCARE memiliki tingkat sensitivitas terhadap peningkatan biaya bahan baku pembuatan produk sebesar 88.35%, penurunan harga jual produk sebesar 27.26%, dan peningkatan gaji tenaga pegawai sebesar 56.43%.
Kata Kunci: NPV, IRR, PBP, Offline, Online
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Berita Industri. (2022, Mei 1). Retrieved From Kementrian Perindustrian Ri: Https://Kemenperin.Go.Id/
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.
Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.
Bps. (2019). Bps Kota Pekanbaru. Retrieved Mei 01, 2022, From Https://Pekanbarukota.Bps.Go.Id/
Euromonitor International. (2022, Mei 1). Retrieved From Https://Www.Euromonitor.Com/
Rizaty. (2022, Mei 1). Katadata Media Network. Retrieved From Https://Databoks.Katadata.Co.Id/
Faridav, U., Yusriadi, Y., & Saniv, A. (2021). The Family Hope Program (PKH) Collective Partnership among Beneficiary Families (KPM) For Healthy Living through the Clean Friday Campaign. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, 15(2).
Solomon, & Elnora. (2002). Marketing: Real People, Real Choice. New Jersey: Prentice Hall.
Nurla, Y., Al Munawwarah, R., Mustafa, H., & Sani, A. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 4 SOPPENG. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 1(1).
Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.
Swasta, B., & Handoko, H. (1997). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2467
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.