Analisa Social media marketing dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Eiger Adventure Store di Kota Solo)

Kurniawati Darmaningrum

Sari


Abstrak
Social media saat ini memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Social media telah mempermudah untuk memberikan informasi kepada pengunjung atau follower, tetapi itu bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis. Social media tidak hanya menjadi wadah untuk memberikan informasi tetapi juga dapat menjadi alat untuk melakukan promosi dan dapat memperluas pasar, sehingga produk yang diproduksi akan laku dipasar dan banyak diminati pelanggan Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang akan menguji pengaruh social media marketing, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian. Variabel independent (variabel X) dalam penelitian ini adalah social media marketing, kualitas produk, dan harga. Variabel dependent (variabel Y) dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah followers akun Instagram Eiger Adventure Solo berjumlah 2,1 juta followers. Sampel pada penelitian ini sebanyak 95 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil dari analisis data menggunakan SPSS 23 membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara variabel Social Media Marketing, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian
Kata Kunci: Social Media Marketing, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
Abstract
Social media today has an important role in marketing strategies for small and large businesses. Social media has made it easier to provide information to visitors or followers, but that's not the only advantage of using social media for a business. Social media is not only a place to provide information but can also be a tool for promotion and can expand the market, so that the products produced will sell well in the market and are in great demand by customers. This study aims to examine and analyze the effect of the independent variable on the dependent variable partially or simultaneously. . This research is descriptive using quantitative methods, namely research that will examine the effect of social media marketing, product quality, and price on purchasing decisions. The independent variable (variable X) in this study is social media marketing, product quality, and price. The dependent variable (variable Y) in this study is the purchase decision. The population in this study were followers of the Eiger Adventure Solo Instagram account, totaling 2.1 million followers. The sample in this study was 95 respondents who were determined using the Slovin formula. The results of data analysis using SPSS 23 prove that there is a positive and significant influence either partially or simultaneously between the variables of Social Media Marketing, Price, and Product Quality on Purchase Decisions.
Keywords: Social Media Marketing, Price, Product Quality, Purchase Decision

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Al-Dhuhli, I., & Mukhaini, E. (2015). The Impact of Social Media on Consumer Buying Behaviour. Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/275347329_The_Impact_of_Social_Media_on_Consumer_Buying_Behaviour

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.

Alves, H., Fernandes, C., & Raposo, M. (2016). Social Media Marketing: A Literature Review and Implications. Psychology and Marketing, 33(12), 1029–1038. https://doi.org/10.1002/MAR.20936

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.

Gunelius, S. (2010). 30-Minute Social Media Marketing: Step-by-step Techniques to Spread the Word About Your Business. McGraw-Hill. https://mhebooklibrary.com/doi/epdf/10.1036/9780071748650

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1. Edisi ke-12 . Erlangga.

Kotler, P., Armstrong, G., Saunders, J., & Wong, V. (2001). Principles of Marketing, 2nd edition. Corporate Communications: An International Journal, 6(3), 164–165. https://doi.org/10.1108/CCIJ.2001.6.3.164.1

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Erlangga.

Moriansyah, L. (2015). PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL: ANTECEDENTS DAN CONSEQUENCES. JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK, 19(3). https://doi.org/10.33299/JPKOP.19.3.346

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.

Nurla, Y., Al Munawwarah, R., Mustafa, H., & Sani, A. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 4 SOPPENG. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 1(1).

Purwaningsih, N., & Susanto, F. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dirga Mahar | Purwaningsih | Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/article/view/9099

Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

setiawan, iwan; S. Y. (2016). New Content Marketing : Gaya Baru Pemasaran Era Digital. //portal.upj.ac.id/slims/index.php?p=show_detail&id=7271&keywords=

Simon Fauser Jonas Wiedenhofer Marie Lorenz, A. G., Fauser, S. G., Wiedenhofer, J., & Lorenz, M. (2011). “‘Touchpoint social web’: an explorative study about using the social web for influencing high involvement purchase decisions.”

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

Umami, Z. (2015). SOCIAL STRATEGY PADA MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI PARIWISATA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 195–201. https://doi.org/10.14710/INTERAKSI.4.2.195-201




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2530

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics