Penerapan E-Commerce Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Bagi Umkm Di Kota Makassar

Muhammad Ihsan H.M. Baso, Daryanti Daryanti

Sari


Pertumbuhan jumlah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di kota Makassar. Berdasarkan data Dinas Koperasi Kota Makassar mencatat pertumbuhan UMKM sejak tahun 2017 hingga 2019 sebanyak 13.277 yang terdiri dari usaha rumah tangga sebanyak 5.311, usaha mikro sebanyak 4.647 serta usaha menengah sebanyak 3.319. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan e-commerce dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) terhadap peningkatan produktivitas UMKM di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dari sampel penelitian melalui penyebaran kuesioner sebanyak 255 pelaku usaha UMKM yang tersebar di 15 Kecamatan di Kota Makassar. Hasil penelitian menemukan bahwa semua konsep yang membangun teori Technology Acceptance Model pada e-commerce yang meliputi persepsi manfaat, persepsi kemudahan, tekanan sosial, sikap penggunaan dan niat menggunakan berpengaruh dalam mendukung produktivitas UMKM di kota Makassar.
Keywords:
Technology Acceptance Model, Digital Marketing, E-Commerce, Usaha Mikro Kecil Menengah

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Humas LIPI. 2020. Survey Kinerja UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. 2020. Generasi Z Dan Revolusi Industri 4.0 (1st Ed., Vol. 1). CV. Pena Persada.

Davina, Dea. 2021. Konsep wisata kuliner diambil karena para pengunjung juga bisa menikmati kuliner UMKM yang ditawarkan warga di setiap Lorong Wisata. Kompas TV (internet). (diakses 15 Desember 2021). Tersedia pada : https://www.kompas.tv/article/231058/makassar-bangun-lebih-dari-5-000-lorong-wisata-untuk-dukung-umkm.

Sugiri, D.2020. Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi COVID-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76-86.

Akbar, Mohammad Aldrin dan Sitti Nur Alam. E-COMMERCE: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Triandini, Evi dan Djunaidi, Arif. 2013. Factors Influencing E-Commerce Adoption By SMES Indonesia : A Conceptual Model. Lontar Komputer Jurnal. Vol. 4. No. 3

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. 2022. Data UMKM, KEMENKOPUKM : Jakarta.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. 2020. “Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2016-2017”. http://www.depkop.go.id/dataumkm. Diakses pada 25 Januari 2020.

Pelakubisnis.Com. (2019). UMKM Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi. Http://Pelakubisnis.Com/2019/09/Umkm-Mampu-Dorong-Pertumbuhan-Ekonomi/

Pakpahan, A. K. 2020. COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.

Sharif Abbasi, M., Hussain Chandio, F., Fatah Soomro, A., dan Shah, F. 2011. Social influence, voluntariness, experience and the internet acceptance: An extension of technology acceptance model within a south Asian country context. Journal of Enterprise Information Management, 24(1), 30–52.

Aditya, R., & Wardhana, A. 2016. Pengaruh perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada pengguna Instant Messaging LINE di Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 24–32.

La Jahalia, Della Tajuddin. 2021. Niat Menggunakan E-Commerce Dengan Technology Acceptance Model (TAM) Pada UMKM, Yogyakarta. Jurnal Bisnis Kewirausahaan.Vol. 17 No. 1

Putra, Fahmi Rachmanda. 2017. Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Mewujudkan Less Cash Society. Surakarta. Jurnal Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Rianty, Martha dan Rahayu, Pipit Fitri. 2021. Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19, Palembang. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Vol. 16, No. 2.

Fida, Abil dan Sambiono, Daris. 2021. Transaksi E-Commerce Sebagai Pertahanan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Islam, Probolinggo. Jurmal Ilmu Keislaman. Vol. 5 No. 2.

Fatmariani. 2011. Pengaruh Adopsi Teknologi Informasi Open Source E-Commerce Terhadap Kinerja UKM Dengan Faktor-faktor Technology Acceptance Model (TAM) Sebagai Moderating Variable, Palembang. Jurnal Teknologi dan Informatika. Vol. 1 No. 1

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2545

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics