Peranan Manajemen Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Dosen dan Staf Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lamappapoleonro

Hermin Hermin

Sari


Pemimpin utama Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat menjalankan program-program kerja serta dapat mengkomunikasikannnya kepada seluruh jajaran organisasi untuk bersama-sama menjalankan semua program kerja. Dalam meningkatkan Kinerja Dosen dan Staf di PerguruanTinggi, Pimpinan memerlukan kiat-kiat khusus, karena sebagai seorang pemimpin bukan saja dituntut dari penampilan fisiknya saja, melainkan dilihat dari aspek lain terutama wawasannya, ketajaman pandangannya, serta ketepatan dan kecepatannya mengambil keputusan untuk memecahkan berbagai masalah misalnya masalah yang dihadapi oleh Perguruan Tinggi adalah ketertinggalan dalam segala hal, karena tidak siap perangkat dosennya mengantisipasi perkembangan zaman. Misalnya rendahnya mutu dosen sehingga tidak berpikir untuk meraih Pascasarjana dan Guru Besar, lambatnya mutu pelayanan administrasi, kurangnya disiplin kerja, dan kurangnya fasiliitas pendukung kegiatan mahasiswa. Kinerja Dosen dan Staf dapat dilihat dari segi kualitas para lulusannya. Mahasiswa adalah hasil produksi yang memiliki ilmu pengetahuan, dan tingkah laku merupakan suatu ukuran dari tercapainya Kinerja Dosen dan Staf. Untuk menunjang tercapainya Kinerja Dosen dan Staf, sangatlah diperlukan perhatian organisasi dalam hal penyusunan kurikulum, pelaksanaan proses belajar mengajar, mutu dosen sebagai tenaga pengajar, fasilitas kampus yang mendukung lancarnya berbagai kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan mutu dan yang paling menentukan adalah peranan Pimpinan. Seorang Pimpinan harus mampu mengadakan komunikasi dengan siapa saja dalam menjalankan tugas-tugasnya guna mewujudkan peningkatan Kinerja Dosen dan Staf pada organisasi yang dipimpinnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganlisis bagaimana Perilaku Komunikasi Pemimpin dalam memahami dan Meningkatkan Kinerja Dosen dan Staf secara Keseluruhan Pada Fakultas Komputer Universitas Indonesia Timur Makassar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didaptkan hasil Perilaku komunikasi Pimpinan Universitas Indonesia Timur Makassar dalam rangka meningkatkan Kinerja Dosen dan Staf sudah dilakukan secara optimal.
Keywords:
Manajemen Pimpinan_1, Kinerja Dosen_2, Perilakuk Komunikasi_3

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Jurnal

Henry. R. Setiawan,” Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawandi PT. Samudra Bahari Utama, AGORA Vol. 5, No. 1, (2017)

Buku

Arikunto, Suharsimi (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Cangara, Hafied (2003). Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Cartoda, James W (2002). Total Quality Manajement, Terapan dalam Manajemen Sistem Informasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Djaali, H. (2000). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Penerbit Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta.

Djuarsa Sendjaja, S. dkk (2004). Teori Komunikasi. Penerbit Universitas Terbuka, Jakarta

_____________________________, (2004). Pengantar Komunikasi. Penerbit Universitas Terbuka, Jakarta

Effendy, Onong Uchjana. (2007) Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung.

Faules, Don, Penerjemah Deddy Mulyana (2000), Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya Bandung.

George Morrisei, L. (2009), Pedoman Pemikiran Strategis, Penerbit Prenhallindo, Jakarta.

Hamalik, Ocmar (2000), Pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan, Pendekatan Terpadu, Penerbit PT. Bumi Aksara Jakarta.

Handoko, Hani (2000), Manajemen, Penerbit BPEE, Jogjakarta.

Hennessy, Bernard. (2004), Pendapat Umum, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kartono, Kartini (2006), Pemimpin & Kepemimpinan : Apakah Pemimpin Abnormal itu ?, Penerbit Rajawali Jakarta.

Kambey, Daniel ( 2002 ) Pengelolaan Mutu Total Dalam Pendidikan,, Kogan Page Philadephia, London




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2602

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics