Pengaruh Media Exposure, Koneksi Politik, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Sari
Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa variabel media exposure, koneksi politik, dan pertumbuhan perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa media exposure memiliki pengaruh signifikan kearah positif, sedangkan koneksi politik dan pertumbuhan perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
Peneliti selanjutnya disarankan agar menambahkan variabel yang tidak terdapat di dalam penelitian dan menambahkan periode penelitian agar dapat melihat perkembangan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dalam jangka panjang. Bagi perusahaan agar lebih memaksimalkan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan sesuai aturan GRI G4, dan bagi investor agar memilih perusahaan yang melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan investasi.
Kata Kunci: Koneksi Politik, Media Exposure, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan.
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Anggita, M. A., Putri, T. E., & Kurniawan, A. (2019). The Effect of Tax Avoidance , Earning Management and Political Connection on Corporate Social Responsibility Disclosure : Indonesian Manufacturing Companies Evidence, 3(2). Retrieved from Accruals.
Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2016). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis (1st ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo.
Darma, B. D., Arza, F. I., & Halmawati. (2019). Pengaruh Pengungkapan Media, Kinerja Lingkungan dan Kepemilikan Asing terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility, 1(1), 78–89. Retrieved from Jurnal Eksplorasi Akuntansi.
Erdayosi, & Putri, W. A. (2019). The Effect of Political Connection of Csr Disclosure with Profitability as Moderating Variable. 3, 247–261. Retrieved from Journal of Applied Managerial Accounting.
Fu, Z. (2019). Research on the Influence of Political Correlation of Private Listed Companies on Corporate Social Responsibility Behavior, 9, 579–591. Retrieved from Scientific Research Publishing.
Handoko, Y. (2014). Implementasi Social and Environmental Disclosuredalam Perspektif Teoritis, 8(1), 74. Retrieved from JIBEKA.
Huang, H., & Zhao, Z. (2016). The influence of political connection on corporate social responsibility——evidence from Listed private companies in China, 1(9). Retrieved from International Journal of Corporate Social Responsibility.
Kim, C., & Zhang, L. (2016). Corporate Political Connections and Tax Aggressiveness, 33(1), 78–114. Retrieved from Contemporary Accounting Research.
Muliwati, A. R., & Hariyanti. (2021). Pengaruh Koneksi Politik Dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, 11. Retrieved from Jurnal Akuntansi & Ekonomika.
Munsaidah, S., Andini, R., & Supriyanto, A. (2016). Analisis Pengaruh Firm Size, Age, Profitabilitas, Leverge, dan Growth Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2010-2014, 2(2). Retrieved from Journal of Accounting.
Octarina, N., Majidah, & Muslih, M. (2018). Pengungkapan Corporate Social Responsibility : Ukuran dan Pertumbuhan Perusahaan, serta Risiko Keuangan, 10, 34–41. Retrieved from Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer.
Pangestika, S., & Widiastuti, H. (2017). Pengaruh Media Exposure dan Kepemilikan Asing Terhadap Corporate Social Responsibility Expenditure dan Corporate Social Responsibility Disclosure (Studi Empiris pada Seluruh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016), 1(1), 78–89. Retrieved from Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia.
Pradipta, D. H., & Supriyadi. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Profitabilitas, Leverage, dan Komisaris Independen Terhadap Praktik Penghindaran Pajak, 13. Retrieved from Simposium Nasional Akuntansi XVIII.
Prasetyo, A., & Widiasmara, A. (2019). Pengaruh Firm Size, Profitabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap CSR Sektor Pertambangan Indonesia I, 1. Retrieved from Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi.
Purwanti, S. M., & Sugiyarti, L. (2017). Pengaruh Intensitas Aset Tetap, Pertumbuhan Penjualan dan Koneksi Politik terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012–2016), 5(3). Retrieved from Riset Akuntansi Dan Keuangan.
Rosyadi, R. L. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility, 50. Retrieved from Jurnal Akuntansi dan Keuangan.
Setyawan, A., Hadijati, M., & Switrayni, N. W. (2019). Analisis Masalah Heteroskedastisitas Menggunakan Generalized Least Square dalam Analisis Regresi, 02. Retrieved from Eigen Mathematics Journal.
Sukenti, S., Hidayati, N., & Mawardi, M. C. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Growth Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2013-2015), 6(3). Retrieved from Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi.
Widiastuti, H. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Growth, dan Media Exposure terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015), 3(2), 6. Retrieved from Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2612
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.