Validasi Model Bisnis Pengembangan Produk Usaha Mikro di Bidang Pakaian (Studi Kasus: Wearkenya di Kota Bandung)

Astri Ghina, Ligar Galih Anugrah

Sari


Abstrak
Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang pakaian jadi menjadi salah satu bagian terpenting pada perekonomian di Indonesia. Sebaran dari sektor ini diakui telah banyak menciptakan lapangan pekerjaan. Persaingan ketat antar usaha menjadi bagian yang prioritas untuk dipikirkan oleh pendiri. Pelaku usaha ditantang untuk selalu melakukan inovasi produk dan layanannya, terutama selama era pandemic Covid-19. Namun, UMKM mayoritas menjalankan inovasi tanpa dilihat keefektifannya di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan validasi kanvas model bisnis yang dimiliki oleh UMKM bidang pakaian jadi di Kota Bandung agar inovasi yang dilakukan lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan mix method. Pengumpulan data kualitatif menggunakan teknik wawancara semi formal serta data kuantitatif dilakukan dengan survei dan eksperimen. Fokus validasi dilakukan pada asumsi-asumsi model bisnis yang sudah diprioritaskan dengan melihat tingginya dampak dari asumsi tersebut serta tidak adanya bukti pendukung. Validasi model bisnis pengembangan produk dari usaha Wearkenya valid sepenuhnya pada blok value proposition, channels, dan revenue streams. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pakaian atasan atau bawahan berbahan corduroy diminati oleh remaja wanita dengan rentang harga 200.000 hingga 400.000; Penjualan melalui TikTok shop diminati oleh target konsumen dengan sajian konten video produk usaha Wearkenya. Alat ukur penelitian diharapkan dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya yang serupa. Hasil analisis dari penelitian ini berkontribusi untuk memberikan umpan balik bagi pengembangan produk usaha Wearkenya.
Kata Kunci: kanvas model bisnis, pengembangan produk, pengujian ide bisnis, validasi model bisnis.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alma. 2008. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Andi, D. 2021. “Industri Tekstil Masih Dibayangi Berbagai Tantangan.” Kontan.Co.Id. Retrieved November 2, 2021 (https://industri.kontan.co.id/news/industri-tekstil-masih-dibayangi-berbagai-tantangan).

Assauri, S. 1996. Manajemen Pemasaran Dasar Konsep Dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafisindo Persada.

Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. PT.Raja Grafindo Persada

Bahtiar, R. 2021. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Serta Solusinya.” Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik XIII(10):19–24. Retrieved October 12, 2021 (https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf).

BPS. 2020. “Tabel Dinamis Subjek Industri Mikro Dan Kecil.” Badan Pusat Statistik. Retrieved October 13, 2021 (https://www.bps.go.id/subject/170/industri-mikro-dan-kecil.html#subjekViewTab5).

Budianto, A. 2018. “Banyak UKM Tumbang Di Tahun Pertama, Ini Penyebabnya.” Sindonews.Com. Retrieved November 2, 2021 (https://ekbis.sindonews.com/berita/1336935/34/banyak-ukm-tumbang-di-tahun-pertama-ini-penyebabnya).

Darmansyah., Suhada, K., dan Kristianto, K. 2021. “Analisis Ide Bisnis Ekowisata Jambu Mutiara Berbasis Digital Menggunakan Business Model Canvas.” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dan Adopsi Teknologi (INOTEK)..

Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil. 2022. “Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berdasarkan Kabupaten/Kota Dan Kategori Usaha Di Jawa Barat.” Retrieved July 12, 2022 (https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-dan-kategori-usaha-di-jawa-barat).

ekon.go.id. 2021. “UMKM Menjadi Pilar Penting Dalam Perekonomian Indonesia.” Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Retrieved October 13, 2021 (https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia).

Fadilah, I., dan Yuliana, E. 2019. “Analisis Komparatif Value Proposition Dan Channel Pada Business Model Canvas UMKM Barbershop Kota Bandung.” E-Proceeding of Management 6.

Fill, C. 2009. Marketing Communications: Interactivity, Communities and Content. Person Education.

Hamidi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Pres.

Holtström, J., Bjellerup, C., Eriksson, J. 2019. “Business Model Development for Sustainable Apparel Consumption The Case of Houdini Sportswear.” Journal of Strategy and Management 12.

Indrawati. 2015. Metode Penelitian Manajemen Dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi Dan Informasi. Bandung: PT. Refika aditama.

Isotalo, P. 2018. “Using Value Proposition To Design Aand Test A New Service Concept– Case Reima.” TURKU UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCES THESIS.

Kemenkopukm. 2019. “Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB) Tahun 2018 - 2019.” Retrieved November 2, 2021 (https://kemenkopukm.go.id/uploads/laporan/1617162002_SANDINGAN_DATA_UMKM_2018-2019.pdf).

Kemenkopukm. 2021. “SESKEMENKOPUKM: Tidak Ada Pengurangan Jumlah Pelaku Usaha Formal Dan Informal Hingga 30 Juta Orang.” Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah. Retrieved November 2, 2021 (https://kemenkopukm.go.id/read/seskemenkopukm-tidak-ada-pengurangan-jumlah-pelaku-usaha-formal-dan-informal-hingga-30-juta-orang#:~:text=Sementara jumlah pelaku usaha mikro,05 juta orang pada 2020.).

Kemenperin. 2019. “Industri Tekstil Dan Pakaian Tumbuh Paling Tinggi.” Kemenperin Perindustrian Republik Indonesia. Retrieved October 13, 2021 (https://kemenperin.go.id/artikel/21191/Industri-Tekstil-dan-Pakaian-Tumbuh-Paling-Tinggi).

Kotler, P., dan Keller, K. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Kottler, P. dan Armstrong, G. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Mahavira, A, Suranto, B, Paputungan, I. 2020. “Validasi Ide Bisnis Startup Marketplace Event Organizer EVORIA.” Jurnal UII 5.

Neergaard, H., Ulhøi, J. P. 2007. Handbook of Qualitative Research Methods in Entrepreneurship. Edward Elgar Publishing.

Neuhüttler, J., Woyke, I., dan Ganz, W. 2018. “Applying Value Proposition Design for Developing Smart Service Business Models in Manufacturing Firms.” Springer International Publishing.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernada, G., dan Smith, A. 2014. Value Proposition Design. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Osterwalder,A., dan Bland, D. 2019. Testing Business Ideas. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Osterwalder,A., dan Pigneur, Y. 2010. Buѕіneѕѕ Model Generatіon. New Jerѕey: John Wіley and Ѕonѕ. Іnc.

Prastiwi, M., Wilopo., dan Sanawiri, B. 2018. “Analisis Value Proposition Dalam Mencapai Product-Marketfit Di Pasar Perdagangan Digital Indonesia (Studi Pada Agen Tapp Market Indonesia Di Kota Malang).” Jurnal Adminsitrasi Bisnis (JAB) 64.

Pratama, R, dan Fitria, S. 2019. “Perancangan Model Bisnis Brand Fashion Applecoast Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas.” E-Proceeding of Management 6 No. 1.

Pratiwi, D. 2019. “Strategi Pemasaran Produk Fashion Secara Online Pada Pelanggan Mataharimall.Com Di Kota Bengkulu Perspektif Ekonomi Islam.” Iain Bengkulu.

Santoso, F. 2017. “Pengembangan Produk Pada Youth Segment Di PT Telekomunikasi Selular Indonesia.” Jurnal Sains Dan Seni ITS 122.

Stanton, W. J. 1996. Prinsip Pemasaran Jilid II Edisi VII. Jakarta: Erlangga.

Steinbock, D. 2006. “TagCrowd.” Retrieved (https://tagcrowd.com/).

Stokes, R. 2011. eMarketing- the Essential Guide to Digital Marketing: 4 th Edition ISBN: 978-0-620-50266-5 Compiled by Sarah Blake and Quirk Education

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surajiyo, A. 2006. Dasar-Dasar Logika. Jakarta: Bumi aksara.

Utami, N. W. 2020. “Cara Cerdas Validasi Ide Dalam Rencana Bisnis.” Jurnal.Id. Retrieved October 19, 2021 (https://www.jurnal.id/id/blog/cara-cerdas-validasi-ide-dalam-rencana-bisnis/).

wearkenya. 2021. “Kenya (@wearkenya_) • Instagram Photos and Videos.” Retrieved November 15, 2021 (https://www.instagram.com/wearkenya_/).

Wearkenya. 2021. “Toko Online Wearkenya | Shopee Indonesia.” Retrieved November 15, 2021 (https://shopee.co.id/wearkenya).

Wijayaka, Bernadus. 2021. “Bisnis Fashion Bisa Bertahan Di Tengah Pandemi, Ini Kuncinya.” Beritasatu.Com. Retrieved November 3, 2021 (https://www.beritasatu.com/ekonomi/765291/bisnis-fashion-bisa-bertahan-di-tengah-pandemi-ini-kuncinya).

Yin, R. 2014. Case Study Research Design and Methods. Vol 5. Sage.

Yin, R. 2003. Studi Kasus,Desain,Dan Metode. Jakarta: PT. Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2626

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics