Praktik Kehumasan di Website (Studi Komparatif Newsroom Kehumasan pada Korporasi dan Media Massa Online)
Sari
Praktik kehumasan yang salah satunya adalah publikasi press release, dimana dulu Humas perusahaan melakukan publikasi tersebut melalui perantara reporter dan editor pers yang memungkinkan isi dari press release tersebut bisa diubah sesuai dengan pandangan editor pers dan yang mengetahui isi dari press release tersebut hanya editor pers saja serta tidak ada transparani ke publik. Sehingga, peran newsroom pada website resmi perusahaan sangat berperan dalam penyampaian informasi langsung kepada publik dimana newsroom mampu mengintregasikan segala informasi dalam satu platform. Dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis), penulis berusaha untuk meneliti perbandingan pembingkaian berita (framing) pada artikel yang diterbitkan humas pada newsroom perusahaan maupun media massa online. Hasil dari penelitian ini adalah framing yang coba dibagun oleh humas perusahaan adalah tentang pengalaman digital (digital experience) pengguna, serta produktivita dan pertumbuhan ekonomi nasional. Sedangkan framing yang diambil oleh media massa online adalah media tersebut lebih menyoroti tokoh publik Indonesia yang terlibat dalam kegiatan perusahaan.
Kata Kunci: newsroom, framing, hubungan masyarakat, Telkomsel, Indosat
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Broom, G. M., & Dozier, D. M. (1986). Advancement for public relations role models. Public Relations Review, 12(1), 37–56. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(86)80039-X
Christ, P. (2007). Internet Technologies and Trends Transforming Public Relations. Journal of Website Promotion, 1(4), 3–14. https://doi.org/10.1300/J238v01n04_02
Creedon, P. J., Wahed Al-Khaja, M. A., & Kruckeberg, D. (1995). Women and public relations education and practice in the United Arab Emirates. Public Relations Review, 21(1), 59–76. https://doi.org/10.1016/0363- 8111(95)90040-3
Duhalm, S. (2010). The role and importance of public relations at non-governmental organizations. STUDIES AND SCIENTIFIC RESEARCHES. ECONOMICS EDITION, 15, 360–364.
https://doi.org/10.29358/sceco.v0i15.140
Hasbi, H., Muliyadi, A., Mustari, M., & Ilyas, G. B. (2021). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, DISIPLIN KERJA, DAN KONDISI LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 SOPPENG. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(1).
Tamsah, H., Ilyas, G., Nur, Y., Yusriadi, Y., & Asrifan, A. (2021). Uncontrolled consumption and life quality of low-income families: A study of three major tribes in south Sulawesi. Management Science Letters, 11(4), 1171-1174.
YASIN, S. N., Ilyas, G. B., FATTAH, M. N., & PARENDEN, A. (2021). PENGARUH PENGALAMAN KERJA, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SOPPENG. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(1).
Ahral, A., Ilyas, G. B., & Mulat, T. C. (2019). Pengaruh Kualitas Penyuluh Dan Pendidikan Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Melalui Pemahaman Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Caile Kabupaten Bulukumba. YUME: Journal of Management, 2(3).
Firman, A., Mustapa, Z., Ilyas, G. B., & Putra, A. H. P. K. (2020). Relationship Of TQM On Managerial Performance: Evidence From Property Sector in lndonesia.
Tamsah, H., Ilyas, G. B., Nur, Y., & Farida, U. (2019). The resilience of poor families and their effects on Poverty: A grounded research approach. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 21(6), 1-5.
ISNAINI, D. B. J., DANILWAN, Y., MANSUR, D. M., ILYAS, G. B., MURTINI, S., & TAUFAN, M. Y. (2021). Perceived Distribution Quality Awareness, Organizational Culture, TQM on Quality Output. Journal of Distribution Science, 19(12), 1-14.
Kadir, S., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2018). Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Maraja Tour Plan. Jurnal Mirai Management, 3(2), 1-17.
Muchzen, M., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2019). Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Melalui Motivasi dan Disiplin Kerja Pegawai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Garongkong Kabupaten Barru. YUME: Journal of Management, 2(1).
Al Munawwarah, R., & Ilyas, G. B. (2022). Analisis Kompetensi Guru dan Sarana Prasarana terhadap Prestasi Belajar Siswa. YUME: Journal of Management, 4(3).
Asna, F., Kadir, I., & Ilyas, G. B. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN, PRILAKU, DAN PARTISIPASI TERHADAP PROGRAM STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN (BABS) DI DESA BOJO KECAMATAN MALLUSETASI KABUPATEN BARRU. YUME: Journal of Management, 1(3).
Suyatna, I., Riadi, R. I., Feriyanto, I. J., Gunawan, B. I., Sasono, R. R., & Rafii, A. (2019, November). Determination of water quality condition from water samples around location of ship to ship transfer of coal in Balikpapan, East Kalimantan, Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 348, No. 1, p. 012067). IOP Publishing.
Darwis, D., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2019). PENGARUH KOMPETENSI DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA DOSEN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN DI AKADEMI ILMU PELAYARAN AIPI MAKASSAR. YUME: Journal of Management, 2(1).
Zulkifli, A. A., Pananrangi, R., & Ilyas, G. B. (2019). ANALSIS PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI POLITEKNIK PARIWISATA MAKASSAR. YUME: Journal of Management, 2(1).
Gunawan, B. I. (2019, February). Socioeconomic and institutional factors affecting the sustainable development for fisheries in Bontang City, Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 236, No. 1, p. 012133). IOP Publishing.
Gunawan, B. I. (2016). PENGARUH PROFESIONALISME, KREDIBILITAS, RESPONSIF, DAN TIM WORK TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN GOWA. Jurnal Mirai Management, 1(1), 50-75.
Muzakir, M., & Gunawan, B. I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Keperawatan, Fasilitas Dan Minat Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap RSU Wisata Uit Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(1), 30-44.
Anis, A. L., Ilyas, G. B., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Aplikasi Sistem Manajemen Informasi Objek Pajak, Motivasi Kerja dan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Aparatur Pajak di Kantor BPKD Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management, 3(1), 48-65.
Ermi, E., Ilyas, G. B., & Tasmin, H. (2018). Pengaruh Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Kompetensi Sumberdaya Manusia dan Sarana Prasarana terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Dinas Sosial Kabupaten Bantaeng. YUME: Journal of Management, 1(2).
Jumhariani, J., Ilyas, G. B., & Munir, A. R. (2018). Persepsi Kualitas Jasa Layanan Perizinan terhadap Inovasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Bantaeng. Jurnal Mirai Management, 3(1), 266-288.
Rasyid, A. E., Ilyas, G. B., & Azis, M. (2018). Analisis Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Melalui Kualitas Kerja Pegawai Se-Kecamatan Manggala Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 1(3).
Surasdiman, S., Ilyas, G. B., & Azis, M. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng. YUME: Journal of Management, 2(1).
Hatta, M., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2019). Pengaruh Kemampuan dan Sikap terhadap Kinerja Guru Melalui Motivasi Kerja di Madrasah Aliyah Kabupaten Maros. Jurnal Mirai Management, 4(1), 1-16.
Munir, A. R., Maming, J., Kadir, N., Ilyas, G. B., & Bon, A. T. (2019). Measuring the effect of entrepreneurial competence and social media marketing on small medium enterprises’ competitive advantage: a structural equation modeling approach. In International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. https://www. researchgate. net/publication/335840479.
Kule, Y., Ilyas, G. B., & Tamsah, H. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Dosen Pada Amik Luwuk Banggai. Jurnal Mirai Management, 3(1), 221-239.
Imron, A., Tamsah, H., & Ilyas, G. B. (2018). Pengaruh Disiplin Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kemampuan Kerja Pegawai Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Garongkong Kabupaten Barru. YUME: Journal of Management, 1(3).
Entman, R. M. (1993). Framing: Toward Clarification of a Fractured Paradigm. Journal of Communication, 43(4), 51–58. https://doi.org/10.1111/j.1460-2466.1993.tb01304.x
Esrock, S. L., & Leichty, G. B. (2000). Organization of corporate web pages: Publics and functions. Public Relations Review, 26(3), 327–344. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(00)00051-5
Gamson, W. A., & Goffman, E. (1975). Frame Analysis: An Essay on the Organization of Experience.
Contemporary Sociology, 4(6), 603. https://doi.org/10.2307/2064022
Harlow, R. F. (1976). Building a public relations definition. Public Relations Review, 2(4), 34–42. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(76)80022-7
Jahng, M. R. (2021). Is Fake News the New Social Media Crisis? Examining the Public Evaluation of Crisis Management for Corporate Organizations Targeted in Fake News. International Journal of Strategic Communication, 15(1), 18–36. https://doi.org/10.1080/1553118X.2020.1848842
Kent, M. L., & Taylor, M. (1998). Building dialogic relationships through the world wide web. Public Relations Review, 24(3), 321–334. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(99)80143-X
Kirat, M. (2007). Promoting online media relations: Public relations departments’ use of Internet in the UAE. Public Relations Review, 33(2), 166–174. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2007.02.003
Okay, A., & Canan, A. S. (2015). Social Media Newsroom in Public Relations: Corporate Practices Between Turkey and Russia. Humanities and Social Sciences Review, 04(03), 83–104.
Raturoma, J. M. A., & Wijaya, L. S. (2019). Aktivitas Public Relations Dalam Upaya Meningkatkan Citra Taman Wisata Candi Borobudur. Ultimacomm: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 114–125. https://doi.org/10.31937/ultimacomm.v10i2.916
Sahoo, S. K., & Mohapatra, J. P. (2019). Online Public Relations: Use of Website and Social Media by State PSUs in Odisha. International Journal of Communicationand Media Studies (IJCMS), 9(2), 9–22.
Taylor, M. (2000). Media relations in Bosnia: A role for public relations in building civil society. Public Relations Review, 26(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(99)00026-0
Uha, I. N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. CV Dwiputra Pustaka Jaya.
Vorvoreanu, M. (2008). Website Experience Analysis: A New Research Protocol for Studying Relationship Building on Corporate Websites. Journal of Website Promotion, 3(3–4), 222–249. https://doi.org/10.1080/15533610802077313
Wahl-Jorgensen, K., & Hanitzsch, T. (2020). The Handbook of Journalism Studies; 2nd Edition (2nd ed.).
Routledge.
Watson, D. R., & Sallot, L. M. (2001). Public relations practice in Japan. Public Relations Review, 27(4), 389– 402. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(01)00096-0
White, C., & Raman, N. (1999). The World Wide Web as a public relations medium: the use of research, planning, and evaluation in web site development. Public Relations Review, 25(4), 405–419. https://doi.org/10.1016/S0363- 8111(99)00027-2
Wu, M.-Y., & Taylor, M. (2003). Public relations in Taiwan: roles, professionalism, and relationship to marketing.
Public Relations Review, 29(4), 473–483. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2003.08.008
Zerfass, A., & Schramm, D. M. (2014). Social Media Newsrooms in public relations: A conceptual framework and corporate practices in three countries. Public Relations Review, 40(1), 79–91. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2013.12.003
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2627
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.