Efek Servicescape terhadap Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Mahasiswa di STIE Amkop Makassar

Nur Naninsih, Syamsul Alam

Sari


Abstrak
Penelitian ini bertejuan untuk mengetahui pengaruh servicescape terhadap kualitas pelayanan, pengaruh servicescape terhadap kepuasan mahasiswa, pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan, dan pengaruh tidak langsung servicescape terhadap kualitas pelayanan melalui kepuasan mahasiswa. Populasi dalam penelitian ditentukan secara purposive sampling, Sampel penelitian ini mahsisw.a semester 4, 6 dan 8 dan hanya memenuhi syarat sebesar 110 mahasiswa. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur, karen hanya menggunakan 3 variabel (servicescape (X), Kualitas pelayanan (Y) dan variable intervening (Z). Hasil penelitian diperoleh bahwa servicescape berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, servicescape berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, kepuasan mahasiswa berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, dan servicescape berpengaruh tidak langsung terhadap kualitas pelayanan melalui kepuasan mahasiswa.
Kata Kunnci : Servicescape, kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Dadan Abdul Aziz Mubarok. (2016). Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Trans Studio Bandung. Jurnal Indonesia Membangun, 1(1).

Fahleti, W. H. (2022). Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Tepian Pandan Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 18(2), 64–72. https://doi.org/10.53640/jemi.v18i2.531

Ferdinal, E., & Tjahjawati, S. S. (2017). Pengaruh Servicescape Terhadap Kualitas Pelayanan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 3(1), 52. https://doi.org/10.35697/jrbi.v3i1.546

Indah, D. R., Maulida, Z., & Amanda, M. R. (2018). Pengaruh Serviscape terhadap Kepuasan Konsumen di D’Barista Coffee Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 2(2), 108–116. https://ejurnalunsam.id/index.php/jensi/article/view/939

Kardina Yuda Parwati. (2016). Pengaruh Servicescape terhadap Revisit Intention dengan Perceived Service Quality sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Ubud Hotel & Villas). JIM FEB Malang.

Kiroyan, M., Lengkong, V. P. K., & Karuntu, M. M. (2019). Pengaruh Servicescape Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Hotel Sahid Kawanua Manado Impact of Servicescape and Service Quality Towards Customer Satisfaction in Sahid Kawanua Manado Hotel. Jurnal EMBA, 7(4), 6013–6021. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/26617

Kosasi, E. P. (2018). PENGARUH SERVICESCAPE, SERVICE ENCOUNTER, PERCEIVED CONGRUENCY TERHADAP EMOSI DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN ETNIK DREAM OF KAHYANGAN DI SURABAYA. Jurnal Mahasiswa.

Krisnadi, A. R., & Kurniawarsa, P. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Caribou Coffee Sarinah. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 1(2). https://doi.org/10.30813/fame.v1i2.1424

Marfuah, U., Anugerah, R., & Puteri, M. (2016). Pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik fakultas x universitas xyz. Prosiding Semnastek, November, 1–8. jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek%0Ap-ISSN

Mularsih, H., & Aritonang, L. (2018). Profil Kualitas Layanan Jasa Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi Swasta Di Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 57. https://doi.org/10.24912/jmieb.v1i2.896

Muliana, I., & Hadian, A. (2021). Pengaruh Servicescape terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Aceh Corner Medan. Jurnal.Medanresourcecenter.Org, 1(1), 18–23. http://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/REG/article/view/129

Muqimuddin. (2017). PENGARUH SERVICESCAPE DAN SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BELI KONSUMEN DI RESTORAN KOTA PONTIANAK. TIN Universitas Tanjungpura, 1(2).

Oebit, Z. (2018). Pengaruh E-Servicescape terhadap Trust dan Dampaknya pada Repurchase Intention. Jurnal Sistem Informasi, 14(2), 43–52. https://doi.org/10.21609/jsi.v14i2.698

Prahesti, R. T., Ruliana, P., & Subarsa, K. Y. (2021). Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Citra Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 0913, 234–244.

Roz, K. (2021). Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memediasi Pengaruh Servicescape terhadap. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 132–141. https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5627

Saifuddin, & Sunarsih. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 1. Az Zarqa’, 8(2), 177–216.

Setiady, T., & Sukriah, E. (2015). Floating Market Lembang Servicescape Influence To Visitor Satisfaction At Lembang Floating Market. Jurnal Manajemen Resort & Leisure, 12 (1), 21–30.

Setiawan, A., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Popolo Coffee. Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 114–126. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/2819/2206

Suriani. (2011). Studi komparatif tingkat kepuasan mahasiwa terhadap penyelengaraan di institut pertanian bogor”. Skripsi. Bogor: Fak. Ekonomi dan Manajemen institute pertanian bogor.

Susanto, H. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan konsumen pada pt astra internasional tbk honda cabang maros. Jurnal Brand, 2(1), 141. https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand%0Ae-ISSN

Taman, A., Sukirno, S., Sari, A. R., Setiawan, N., & Pustikaningsih, A. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 99–111. https://doi.org/10.21831/nominal.v2i1.1651

Taupik Ismail. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1124–1135.

Veronica, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45

Vonika, T., & Rahmidani, R. (2020). Pengaruh Servicescape Terhadap Kepuasan Konsumen Uda Fes Kuliner’s Cabang Juanda di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 3(1), 108. https://doi.org/10.24036/jmpe.v3i1.8530

Wijana, I. K., & Dwi Rusiawati, R. T. H. (2021). Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Mutu Pelayanan Pendidikan. Mimbar Ilmu, 26(2), 268. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.34538

Wijaya, S. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadappelayanan Bagian Keuangan Dengan Metode Customer Satisfaction Index. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 11–17.

Wijayanti, S. K., Abdullah, R., Saher, S., Hamid, N., Tinggi, S., & Ekonomi, I. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT . POS INDONESIA ( PERSERO ) ( Studi Kasus Pada Kantor Cabang Tenggarong ) THE EFFECT OF SERVICE QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION AT. 13(2), 59–68.

Wulansari, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Indomaret Cabang Pondok Ranji. Jurnal Ekonomi Efektif, 2(4), 563. https://doi.org/10.32493/jee.v2i4.10676

Yana, H. F., & P. Hutasuhut, I. (2019). Pengaruh Servicescape terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty (Studi pada Konsumen Warung Nako Bogor Tahun 2019). Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 16(2), 65. https://doi.org/10.36451/j.isip.v16i2.26




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2674

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics