Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Produk Tabungan Britama

Yassir Yassir

Sari


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis secara serempak maupun secara parsial pengaruh variabel kualitas layanan jasa yang terdiri atas bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Watampone. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Watampone yang berjumlah 2.228 nasabah. Untuk menentukan jumlah sampel digunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Pengambilan sampel didasarkan pada accidental sampling. Accidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumen. Jenis data adalah kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian yang didapatkan adalah variabel kualitas layanan jasa yang terdiri atas bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Watampone.
Keywords:
Likuiditas, Profitabilitas, Harga Saham

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Gong, T., & Yi, Y. (2018). The effect of service quality on customer satisfaction, loyalty, and happiness in five Asian countries. Psychology & Marketing, 35(6), 427–442. https://doi.org/10.1002/mar.21096

Hammoud, J., Bizri, R. M., & El Baba, I. (2018). The impact of e-banking service quality on customer satisfaction: Evidence from the Lebanese banking sector. Sage Open, 8(3), 2158244018790633. 0110 https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/2158244018790633

Khamis, F. M., & AbRashid, R. (2018). Service quality and customer’s satisfaction in Tanzania’s Islamic banks: A case study at People’s Bank of Zanzibar (PBZ). Journal of Islamic Marketing, 9(4), 884–900. https://www.ingentaconnect.com/content/mcb/jima/2018/00000009/00000004/art00008

Narteh, B. (2018). Service quality and customer satisfaction in Ghanaian retail banks: the moderating role of price. International Journal of Bank Marketing. https://doi.org/10.1108/IJBM-08-2016-0118

Nguyen, Q., Nisar, T. M., Knox, D., & Prabhakar, G. P. (2018). Understanding customer satisfaction in the UK quick service restaurant industry: The influence of the tangible attributes of perceived service quality. British Food Journal. https://doi.org/10.1108/BFJ-08-2017-0449




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i1.2746

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics