Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Brand Image, Brand Ambassador, Diskon, Harga dan Sales Promotion terhadap Pembelian Implusif Pada e-Commerce Tiktok Shop Dimasa Pandemi Covid-19

Albert Natanael Siburian, Nova Anggrainie

Sari


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah menganilisis pengaruh secara parsial dan simultan hedonic shopping motivation, brand image, brand ambassador, diskon, harga dan sales promotion terhadap pembelian implusif serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan terhadap pembelian implusif pada pengguna e-commerce TikTok Shop wilayah Kabupaten Tangerang. kuesioner yang berhasil dikumpulkan sebanyak 210 responden. Metode pengambilan sample yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Alat pengukur kuesioner yang digunakan adalah skala likert, uji validitas dan uji rehabilitas. Alat analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji normalitas, uji multikoneralitas, uji heteroskedastisitas, analisis linear berganda, dan uji koefisien determinasi (R2), penguji hipotesis yang digunakan adalah uji t (uji parsial) dan uji f (uji simultan). Hasil penelitian ini Hedonic shopping motivation, brand ambassador, diskon dan sales promotion berpengaruh positif terhadap pembelian implusif. Sedangkan variabel brand image dan harga tidak berpengaruh terhadap pembelian implusif secara parsial. Variabel hedonic shopping motivation, brand image, brand ambassador, diskon, harga, dan sales promotion memiliki pengaruh terhadap pembelian implusif pada pengguna e-commerce TikTok Shop sebesar 70,1%.

Kata kunci : hedonic shopping motivation, brand image, brand ambassador, diskon, harga, sales promotion.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arohman , Adelita Nurani (2018). Pengaruh digital marketing dan brand ambassador terhadap keputusan impulse buying pada produk lady fame shop ( Studi Kasus pada Mahasiswi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Pringsewu). Jurnal Ekonomi Manajemen 01 (Volume. 09 Nomor. 02). e-ISSN : 2599-0810, ISSN : 2087-0434.

Dayang Asning Kosyu, Kadarisman Hidayat, Yusri Abdillah (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis. (Volume. 14 Nomor. 2).

Erni Veronika Siregar, Citra Kusuma Dewi (2015). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Pada Toko Online (Studi kasus pembeli pada toko online Zalora). e-Proceeding of Management (Volume 19 Nomor 2 ). ISSN : 2355 -9357.

George Rizki Wibowo, Devilia Sari S.T.,M.S.M (2021). Pengaruh Diskon Harga Terhadap Pembelian Implusif Secara Online Pada Pengguna Aplikasi Shopee. e-Proceeding of Management. (Volumme. 8 Nomor. 2) ISSN : 2355-9357.

Ike Sen Cece, (2015). Pengaruh Brand Origin, Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Sepatu Macbeth Di Sogo Galaxy Mall Surabaya. E-jurnal Manajemen Kinerja. (Volume 1 – Nomor 2) E-ISSN : 2407-7305

Muhammad Khairul Rizal Surbakti, Gatot Wijayanto, Eka Armas Pailis (2022). Pengaruh Influencer, Lifestyle Dan Brand Image Terhadap Impulse Buying Di E-commerce (Studi Kasus Pada Generasi Mileneal Kota Pekanbaru). Jurnal Sosial Humaniora Terapa. (Volume 4 Nomor. 2) P-ISSN 2622-1764 E-ISSN 2622-1152.

Nur Annisa, Dampak Media Sosial Dan Diskon Terhadap Impulse Buying Pada Produk Fashion Romp Di Kota Medan (2022). Dampak Media Sosial Dan Diskon Terhadap Impulse Buying Pada Produk Fashion Romp Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis. (Volume 2 Nomor 1) ISSN: 2808-6686.

Patricia Felita, Elsie Oktivera (2019). Pengaruh Sales Promotion Shopee Indonesia Terhadap Impulsive Buying Konsumen Studi Kasus: Impulsive Buying Pada Mahasiswa STIKS TARAKANITA. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisni. (Volume 4 – Nomor 2) ISSN 2598-2443.

Puput Indarsih,Yandri Sudodo, Hanifa Sri Nuryani (2019). pengaruh harga dan kualitas informasi terhadap pembelian implusif secara online ( Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Teknologi Sumbawa). E-Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Volume.2 Nomor.1). http://jurnal.uts.ac.id.

Raihanah Daulay, Susi Handayani, Ika Purnama Ningsih (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan ( Studi Kasus konsumen yang berkunjung dan berbelanja di department store dalam kurun waktu satu tahun terakhir). Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA). ISSN: 2776-1177.

Rizza Dwi Styadi, Hendri Soekotjo (2018). Dampak Media Pengaruh Citra Merek, Hedonic Shopping Motivation, Dan Fashion Involvament Terhadap Impilse Buying (studi kasus pelanggan Matahari Department Store Tunjungan Plaza Surabaya ). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (Volume 7 Nomor 9). e-ISSN: 2461-0593.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2820

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics