Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Graha Indah Parepare
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas layanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance,dan empathy berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Hotel Graha Indah Parepare dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen Hotel Graha Indah Parepare.
Populasi dalam penelitian ini adalah para tamu yang menginap di Hotel Graha Indah Parepare. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden dengan menggunakan teknik insidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika di anggap cocok. Hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut :mY = -8,731+1,203X1 – 0,882X2 – 0,511X3 + 1,176X4 + 0,385 + e. Selain itu, dengan uji F dilihat bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikan sebesar 0,004 < dari 0,05. Namun berdasarkan uji T, dari semua variabel kualitas layanan, hanya variabel empathy (X4) = 0,02 yang memiliki pengaruh signifikan terhadapan kepuasan konsumen dan variabel lainnya berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan tingkat signifikan reliability (X1) = 0,13, responsiveness (X2) = 0,14, assurance (X3) = 0, 245, dan tangible (X5) = 0,338.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Layanan Jasa, Kepuasan Konsumen,
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Aritonang R. Lerbin, Kepuasan Pelanggan, 2005, Jakarta: PT Gramedia pustaka Utama.
Asep M.Ramdan. 2008 Oktober 22. “Hubungan Kualitas Jasa dan Kepuasan Kons umen”.(http/asep-m-ramdan.blogspot.com).
Etta Mamang Sangadji, dan Sopiah, (2013), Perilaku Konsumen, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Gunawan Sudarmanto, Analisis Regresi Linear Berganda 2005, Yogyakarta:Graha Ilmu.
Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.
Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.
SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.
Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.
Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.
Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.
Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.
Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.
Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.
Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.
Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.
Kotler , Philip.2002. Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Jakarta: PT Prenhalindo.
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka baru press.
Bernadin.2005. “Analisis Pengaruh Kualitas terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Kasus pada Rumah Makan Pondok Laras di Kelapa Dua, Depok”. Jurnal Ekonomi Perusahaan, vol. 12, no September 2005.
Hasan, 2006. “Pengaruh Kualitas Jasa Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 1, no 1 April 2006.
Yulisha Anggun Widyasari, 2006. “ Pengaruh Fasilitas Dan Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Graha Santika Semarang”.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2896
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.