Pengaruh Supervisi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Prestasi Kerja Guru

Rosdiana Rosdiana, Hetty Herawaty, Aam Amaliah

Sari


Proses pengajaran ketiga bentuk umum pendidikan tersebut terkait dengan beberapa faktor, antara lain supervisi kepala sekolah dalam kepemimpinan, kualitas pelayanan dalam pelayanan pekerjaan guru, sehingga terkait dengan kedua hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan prestasi kerja guru . Prestasi kerja guru, guru dalam melaksanakan tugasnya sehingga prestasi kerja guru meningkat. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah dan kualitas pelayanan terhadap prestasi kerja guru baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang menganalisis hubungan antar variabel. Data yang diperoleh dianalisis mengunakan program statistik SPSS versi 25.00 dengan teknik statistik berupa uji validitas dan reliablitas, pernyataan variabel yang digunakan dalam kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi kerja guru di SDN Sengir Baros Serang-Banten, baik secara parsial maupun simultan. Pengujian juga menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja guru. Hasil uji analysis jalur menunjukkan bahwa faktor supervisi kepemimpinan kepala sekolah dan kualitas pelayanan secara bersama sama berpengaruh yang sangat kuat dan signifikan terhadap prestasi kerja guru di SDN Sengir Baros Serang-Banten.

Kata Kunci : Supervisi Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan, Prestasi Kerja

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adripen, Rafli, D., & Amra, A. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 109–119. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i2.628

Ardhyani, I. W., & Singgih, M. L. (2017). PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN DENGAN HIGHER EDUCATION PERFORMANCE (HEdPERF) DAN HIGHER EDUCATION SERVICE QUALITY (HiEdQUAL). Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 25. https://doi.org/10.51804/tesj.v1i1.65.25-32

Aris, I., & Utama, A. (2015). The Effect of Service Quality Toward Customer Loyalty Through Customer Satisfaction of Land Lines Shipping Services (A Case Study of Satisfaction of Jne Hijrah Sagan Yogyakarta Area). Jurnal of Business and Management Sciences, 2(3), 2928–2938.

Astrini, U. R. (2013). Analisis Revitalisasi Sektor Pertanian Dalam Pembangunan Terhadap Perekonomian Di Jawa Timur Melalui Pendekatan Input-Output. Economics Development Analysis Journal, 2(3), 159–174.

Caruana, A., Ewing, M. T., & Ramaseshan, B. (2000). Assessment of the three-column format SERVQUAL: An experimental approach. Journal of Business Research, 49(1), 57–65. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(98)00119-2

Fitri, F. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Membina Profesionalisme Guru. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 730–743. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v8i1.415

Gunawan. (2016). Alternatif Pembinaan atau Supervisi. E-Jurnal Unipma, 142–156. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/download/42/40

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64. https://doi.org/10.30984/jii.v14i1.1100

Hanief, O. M. (2016). MENGGAGAS TEKNIK SUPERVISI KLINIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN Oleh: 10(2).

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Jaya, I., & Ardat. (2013). Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. http://repository.uinsu.ac.id/2500/1/ISI PENERAPAN STATISTIK ARDAT.pdf

Jayanti, N. D. (2016). Kualitas Pelayanan (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles ) Di Legend Premium Coffee Yogyakarta. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Untuk, 1–97.

Jazuli, M., Samanhudi, D., & Handoyo. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan dengan Servqual dan Importance Performance Analysis di PT. XYZ. Juminten: Jurnal Manajemen Industri Dan Teknologi, 01(01), 67–75.

Karwati, E dan Priansa, D.J.2013. Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah:Membangun Sekolah yang Bermutu. Alfabeta, Bandung.

Khatimah, N. (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kurbani, A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Fasilitas Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa Kuliah pada Universitas PGRI Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 22–35.

Makawimbang, Jery H., Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu(Bandung: Alfa Beta,2012).

Mulyasa, H. E., Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).

Munawwaroh, Z. (2017). Analisis Manajemen Risiko Pada Pelaksanaan Program. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(2), 71–79.

Nainggolan, N. P. & H. (2018). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN dan BISNIS. Jurnal IImiah Manajemen Dan Bisnisurnal IImiah Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 64–72.

Nugroho. (2015). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK LAYANAN, DAN HARGA PRODUK LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRABAYAR TELKOMSEL Dwi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nur, D., Sari, A., Bafadal, I., Wiyono, B. B., & Malang, U. N. (2018). IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. 1, 213–221.

Owens, Robert G. Organizational Behaviour in Education, (Boston: Allyn and Bacon, 1995).

Soares, M. C., Novaski, O., & Anholon, R. (2017). SERVQUAL model applied to higher education public administrative services. Brazilian Journal of Operations & Production Management, 14(3), 338–349. https://doi.org/10.14488/bjopm.2017.v14.n3.a7

Sufiyyah, A. (2017). Pengaruh Kulaitas Layanan Akademik dan Birokrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Aset, 13(2), 85–93.

Supervisi, P., Terhadap, A., Mengajar, K., Di, G., & Dasar, S. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.

Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Utami, S. (2019). Meningkatkan mutu pendidikan Indonesia melalui peningkatan kualitas personal, profesional, dan strategi rekrutmen guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 518–527.

Zain, A., & Tahun, O. (2012). Urgensi supervisi pengajaran dalam …….. Ahmad Zain S. 3, 81–92.

Zuldesiah, Z., Gistituati, N., & Sabandi, A. (2021). Kontribusi Gaya Kepemimpinan dan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru-guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 663–671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.791




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2935

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics