PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, KOMPENSASI DAN MOTIVASI INTERNAL TERHADAP KINERJA GURU HONORER PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) DI KECAMATAN MADAPANGGA KABUPATEN BIMA
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kompensasi dan motivasi internal terhadap kinerja guru honorer pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di kecamatan Madapangga, Bima. Penelitian ini dilakukan di sejumlah sekolah di kecamatan Madapangga-Bima yang terdiri dari 2 SMA Negeri dan 2 SMA Swasta dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang guru honorer. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel acak sederhana. Pengujian hipotesis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan observasi, angket/kuisioner dan wawancara dengan maksud mendapatkan data yang dapat dianalisis dengan akurat dan hasil kesimpulannya dapat digeneralisasikan.
Hasil penelitian ini didapatkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel budaya sekolah terhadap kinerja guru honorer. Variabel kompensasi, terdapat pengaruh positif terhadap kinerja guru honorer, akan tetapi tidak berpengaruh signifikan. Kompensasi bukanlah faktor utama yang menjadi pemicu peningkatan kinerja guru honorer SMA di Kecamatan Madapangga. Indikator paling tinggi adalah kekuatan motivasi untuk bekerja sesuai dengan keinginan sendiri. Sehingga bisa dikatakan bahwa guru honorer tersebut memiliki metode sendiri dalam mengaplikasikan ilmunya, bekerja dengan sepenuh hati, mengganggap siswa sebagai bagian dari dirinya, bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar meskipun kompensasi yang didapatkan tidak sesuai dengan jerih-payahnya.
Kata kunci: Budaya sekolah, kompensasi, motivasi internal, kinerja, guru honorer
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the extent of the influence compensation and internal motivation on the performance of temporary teachers at the senior high school in the district Madapangga, Bima. This research was conducted in several schools in the district Madapangga-Bima consisting of two Senior High School State and two Senior High School Private with a total sample of 65 teachers temporarium. The sampling technique in this study using simple random sampling method. For testing the hypothesis using quantitative approach with observation, questionnaire and interview with the intention to get data that can be analyzed accurately and the results of the conclusions can be generalized.
The results of this study found that there is a positive and significant influence between the variable of school culture on the performance of temporary teacher. Compensation variable, positive influence on the performance of temporary teacher, but no significant effect. Compensation is not a major factor that triggers increased performance of temporary teachers in the district Madapangga. Highest indicator is the power of motivation to work according to their own desires. That is to say that the temporary teacher has its own method to apply their knowledge, work wholeheartedly, students as a part of himself, responsible for the environment even though the compensation obtained is not in accordance with his efforts.
Keywords: School culture, compensation, internal motivation, performance, temporary teacherTeks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Edwin B. Lippo. 2004. Manajemen Personalia. Jakarta : Penerbit Erlangga
Fahmi, Irham. 2011. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Hasibuan SP, 2000. Manajemen Budaya Sekolah. Bumi Aksara. Jakarta.
Henri, Ishaq. 2002. Manajemen Sumber daya manusia. STIE YKPN Jogjakarta.
Martoyo,Susilo(Purn). 1998. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Pearce A. John Jr Robbinso B. Richard. 2004. Manajemen Strategik Jilid I. Jakarta: Penerbit Binarupa Aksara.
Robbins. P Sthephen. 2006. Organization, Behaviour, Concept, Controversies, Application,Eight Edition, By Prencice Hall.Inc
Sadili, Samsudin. 2006. Sistem Pengendalian Manajemen Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta
Suna, 2012. pengaruh faktor biografis (usia, masa kerja dan gender) terhadap produktivitas karyawan (Studi kasus pada PT. Bank X) Universitas Borobudur Jakarta.
Nalawapa. 2015. Pengaruh Kompensasi, Pendidikan Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Nasional di Kabupaten Kepulauan Selayar. Makassar: STIE AMKOP MAKASSAR
Muliati. 2015. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Budaya Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Kepulauan Selayar. Makassar: STIE AMKOP MAKASSAR.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v1i1.3
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.