Pengaruh Harga, Cita Rasa, Dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan di Karawang

Dea Tasa Pebriantika, Uju Pitriyani, Eman Sulaeman

Sari


Di era masa kini, banyak bermunculan usaha kuliner dengan segala ciri khas maupun keunggulannya. Usaha kuliner ini sangat digemari oleh semua kalangan, terutama generasi milenial. Makanan yang digemari oleh masyarakat Indonesia salah satunya yaitu jenis makanan pedas. Banyaknya bisnis kuliner makanan pedas di indonesaia ini memicu para pelaku usaha berlomba dengan ketat dalam wujud persaingan yang beragam. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, cita rasa, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Mie Gacoan di Kota Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel yang diambil dari populasi yang telah ditentukan yaitu sebanyak 100 responden. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Mie Gacoan cabang Karawang. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu memakai metode non-probabilitty sampling bentuk purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara survei menggunakan kuesioner dan disebarkan secara online melalui google forms. Semua variabel dalam penelitian ini diukur menggunakan 5 (lima) skala Likert. Teknik pengolahan data hasil dari penelitian yang dilakukan ini yaitu dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 25 yaitu dengan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan cita rasa tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci : Harga, Cita Rasa, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Hadi, S. N. (2016). Analisis Pengaruh Cita Rasa, Label Hala, dan Diverifikasi Produk Terhadap Keputusan Beli Konsumen Pada Olahan Tuna inggil Pacitan Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Islam, 2(15), 131–142.

Husna, A. : Z. ; S. (2021). AYAM GEPREK WARUNG ENDUS SIBUAYA PENDAHULUAN Pada zaman yang sulit ini sangat banyak orang-orang membuka usaha , bahkan dalam perkembangan dan pertumbuhan ekonomi yang sangat mendorong untuk bertahannya hidup . Dalam membuka dunia bisnis dengan arti kata. 1, 340–352.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing 17th ed. Pearson Prentince Hall.

Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 411–427. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.300

Prasasti, G. A., & Maisara, P. (2022). Pengaruh Fasilitas, Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Di Solo Raya. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(2), 276–288. https://doi.org/10.37606/publik.v9i2.327

Tjiptono, F. ; G. chandra. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction. CV.ANDI.

Tjiptono, F. (2014). PEMASARAN JASA Prinsip, Penerapan, Penelitian. CV.ANDI.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. CV. ANDI OFFSET.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen (1st ed.). CV Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3055

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics