Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Perhiasan Pada Toko Emas Mutiara Bogor
Sari
Keywords:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOT
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan perhiasan pada Toko Emas Mutiara Bogor dengan memperhatikan kondisi internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dan kondisi eksternal (peluang dan ancaman), maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Berdasarkan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) yang ditunjukkan melalui matriks IFE produk perhiasan ini terdapat 6 kekuatan dan 4 kelemahan produk dengan memperoleh nilai sebesar 2,66 yang berarti bahwa perusahaan berada diatas rata-rata serta mampu memanfaatkan dengan baik kondisi internal perusahaan dalam hal ini kekuatan yang ada.
Berdasarkan faktor internal (peluang dan ancaman) yang ditunjukkan melalui matriks EFE pada produk perhiasan terdapat 5 peluang dan 5 ancaman dengan memperoleh nilai sebesar 2,11 yang berarti perusahaan berada diatas rata-rata serta sudah merespon baik peluang yang ada dan mencegah ancaman eksternal.
Melalui analisis matriks EFE, IFE, IE, SWOT, dan space maka didapatkan strategi pemasaran yang tepat untuk Toko Emas Mutiara adalah strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar dalam meningkatkan penjualan perhiasan emas.
2. Saran
Berikut ini adalah saran-saran yang dapat digunakan oleh Toko Emas Mutiara Bogor berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, sebagai bahan pertimbangan dalam menjalankan strategi pemasaran kedepannya:
Toko Emas Mutiara Bogor harus sering melakukan evaluasi terhadap faktor internal dan eksternal perusahaan agar dapat menetapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat terus bertahan dan memperoleh laba sebesar-besarnya. Hal ini dikarenakan kondisi global yang dinamis berubah-ubah.
Toko Emas Mutiara Bogor harus mempertahankan kekuatan yang ada seperti memelihara komitmen yang kuat antar pemilik, pegawai, produsen, distributor, mitra kerja lainnya, dan tentunya para pelanggan. Hal tersebut agar perusahaan terus memiliki citra yang baik di mata pelanggan.
Reference
Ahmad, S. (2020). Strategi Pemasaran Entres Di Kelompok Tani Siarioi Desa Bonra Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Mirai Management, 5(1), 440-455. https://doi.org/10.37531/mirai.v5i1.826
Nawawi, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manausia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Santoso, R. B., & Muharam, H. (2021). Integrasi Pasar Saham Indonesia Dengan Pasar Saham di Dunia dan Pasar Komoditas Serta Pengujian Emas Dunia Sebagai Safe Haven. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(2), 125-139. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.3222
Sudiarto, A., Afriani, S., & Effendi, Y. (2021). Analisis Exsternal Factor Evaluation (EFE) Matrix dan Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix pada Usaha Kerupuk Ikan Baruna di Kelurahan Kebun Tebeng Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. EMAK: Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Keuangan, 2(4), 443-452. https://doi.org/10.53697/emak.v2i4.190
Sunyoto. D. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: CAPS.
Pangaila, M. M., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2020). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Pada PT. Pegadaian CP Manado Selatan). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4), 399-407. https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30839
Wardhana, A. (2021). Manajemen Strategik, Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Zahra, A. F. A., Wahyudin, W., & Nugraha, B. (2021). The Implementation of the Strategy of Marketing Management through a SWOT Analysis with the Matrix of IFE, EFE and IE. Jurnal Serambi Engineering, 6(2), 1721-1729. https://doi.org/10.32672/jse.v6i2.2867
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3130
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.