Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Perhiasan Pada Toko Emas Mutiara Bogor

Liexal Fidlie Oey, Nanang Alamsyah

Sari


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi analisis kondisi internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman), serta penentuan strategi pemasaran yang tepat pada salah satu toko emas di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor. Objek pada penelitian adalah Toko Emas Mutiara Bogor. Selanjutnya, mengusulkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan perhiasan yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif deskriptif yang dilakukan melalui wawancara dengan pemilik toko. Penelitian dilakukan dengan menganalisis kondisi eksternal dan internal toko yang dinilai dengan menggunakan matriks EFE dan matriks IFE. Selanjutnya, menggunakan analisis matriks SWOT, matriks IE, dan matriks Space untuk perencanaan atau perumuskan strategi. Hasil penelitian menunjukkan melalui tahap matriks EFE, IFE, IE, SWOT, dan Space didapatkan nilai dari matriks IFE=2,66 dan nilai matriks EFE=2,11 yang mengartikan bahwa toko berada di sel V, berarti kedua matriks berada di atas rata-rata sehingga toko memiliki kekuatan internal dan merespon peluang dengan baik. Dengan demikian, strategi pemasaran yang tepat untuk Toko Emas Mutiara Bogor adalah penetrasi pasar dan pengembangan pasar dalam meningkatkan penjualan perhiasan.
Keywords:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan perhiasan pada Toko Emas Mutiara Bogor dengan memperhatikan kondisi internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) dan kondisi eksternal (peluang dan ancaman), maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

Berdasarkan faktor internal (kekuatan dan kelemahan) yang ditunjukkan melalui matriks IFE produk perhiasan ini terdapat 6 kekuatan dan 4 kelemahan produk dengan memperoleh nilai sebesar 2,66 yang berarti bahwa perusahaan berada diatas rata-rata serta mampu memanfaatkan dengan baik kondisi internal perusahaan dalam hal ini kekuatan yang ada.

Berdasarkan faktor internal (peluang dan ancaman) yang ditunjukkan melalui matriks EFE pada produk perhiasan terdapat 5 peluang dan 5 ancaman dengan memperoleh nilai sebesar 2,11 yang berarti perusahaan berada diatas rata-rata serta sudah merespon baik peluang yang ada dan mencegah ancaman eksternal.

Melalui analisis matriks EFE, IFE, IE, SWOT, dan space maka didapatkan strategi pemasaran yang tepat untuk Toko Emas Mutiara adalah strategi penetrasi pasar dan pengembangan pasar dalam meningkatkan penjualan perhiasan emas.

2. Saran

Berikut ini adalah saran-saran yang dapat digunakan oleh Toko Emas Mutiara Bogor berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, sebagai bahan pertimbangan dalam menjalankan strategi pemasaran kedepannya:

Toko Emas Mutiara Bogor harus sering melakukan evaluasi terhadap faktor internal dan eksternal perusahaan agar dapat menetapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga dapat terus bertahan dan memperoleh laba sebesar-besarnya. Hal ini dikarenakan kondisi global yang dinamis berubah-ubah.

Toko Emas Mutiara Bogor harus mempertahankan kekuatan yang ada seperti memelihara komitmen yang kuat antar pemilik, pegawai, produsen, distributor, mitra kerja lainnya, dan tentunya para pelanggan. Hal tersebut agar perusahaan terus memiliki citra yang baik di mata pelanggan.

Reference

Ahmad, S. (2020). Strategi Pemasaran Entres Di Kelompok Tani Siarioi Desa Bonra Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Mirai Management, 5(1), 440-455. https://doi.org/10.37531/mirai.v5i1.826

Nawawi, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manausia Untuk Bisnis Yang Kompetitif, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Santoso, R. B., & Muharam, H. (2021). Integrasi Pasar Saham Indonesia Dengan Pasar Saham di Dunia dan Pasar Komoditas Serta Pengujian Emas Dunia Sebagai Safe Haven. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(2), 125-139. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.3222

Sudiarto, A., Afriani, S., & Effendi, Y. (2021). Analisis Exsternal Factor Evaluation (EFE) Matrix dan Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix pada Usaha Kerupuk Ikan Baruna di Kelurahan Kebun Tebeng Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. EMAK: Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Dan Keuangan, 2(4), 443-452. https://doi.org/10.53697/emak.v2i4.190

Sunyoto. D. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: CAPS.

Pangaila, M. M., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. (2020). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Pada PT. Pegadaian CP Manado Selatan). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4), 399-407. https://doi.org/10.35794/emba.v8i4.30839

Wardhana, A. (2021). Manajemen Strategik, Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Zahra, A. F. A., Wahyudin, W., & Nugraha, B. (2021). The Implementation of the Strategy of Marketing Management through a SWOT Analysis with the Matrix of IFE, EFE and IE. Jurnal Serambi Engineering, 6(2), 1721-1729. https://doi.org/10.32672/jse.v6i2.2867




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3130

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics