Dampak Penentuan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Bumi Surya Selaras di Kabupaten Polewali Mandar

Sufyan Amirullah, Sri Amalia Edy, Sari Fatima Mus, Siti Munsarina

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penentuan harga jual terhadap volume penjualan pada PT. Bumi Surya Selaras. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada PT. Bumi Surya Selaras di Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar yang merupakan perusahaan dagang kakao. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa laporan penjualan pada perusahaan dan data kualitatif berupa proses bisnis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu berupa data primer dan data sekunder. Data diperoleh dengan melakukan analisis dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa harga jual pada PT. Bumi Surya Selaras fleksibel atau berubah-ubah setiap bulannya begitu juga dengan volume penjualannya. Pada saat harga jualnya naik, maka volume penjualannya akan menurun. Begitupula pada saat harga jualnya menurun, maka volume penjualannya akan meningkat. Selain itu ada juga pada saat harga jualnya naik, volume penjualannya juga ikut meningkat.
Kata Kunci : Harga jual dan volume penjualan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Nurussyifa, N. (2017). Pengaruh penetapan harga terhadap tingkat penjualan. (studi kasus mebel PD jali perkasa di desa cekondang kecamatan pandeglang): Universitas islam negeri sultan maulana hasanuddin banten.

Tjiptono, F. d. (2016). Service Quality and Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2015). Strategik Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Kotler, P., & Kaller, K. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Keempat Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Lupitasari, A. (2014). Pengaruh Biaya Distribusi terhadap Volume Penjualan pada PT Salama Nusantara Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulitasari, D. (2014). Pengaruh Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan pada Yamaha Sudirman Motor Termanggung . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sekaran, U. d. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan Keahlian. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3148

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics