Pengaruh Penerapan Manajemen Resiko Bisnis dalam Small Business Development (Amati Coffee Tiban Batam)

Nasar Buntu Laulita, Tan Phey Lien, Elvi Juriana, Cheristina Cheristina, Evelyn Evelyn, Wenny Wenny

Sari


Penerapan risiko bisnis pada suatu usaha kecil hingga menengah dapat memberikan dampak keberlangsungan pada suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa manajemen risiko yang berfokus dalam pelayanan konsumen pada Amati Coffee Tiban yang sudah berdiri di Kota Batam. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, yang dimana terdiri atas beberapa tahap, yaitu tahap wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan langsung terhadap Amati Coffee. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dengan meningkatkan kepuasan konsumen merupakan faktor yang sangat penting selain lokasi usaha, produk yang disajikan, dan faktor lain yang ada dalam meningkatkan kualitas bisnis dari Amati Coffee. Manfaat dari penelitian bagi pelaku adalah dapat memilih keputusan yang tepat dalam menghadapi berbagai risiko yang memiliki kemungkinan untuk muncul sehingga dampak yang diterima tidak fatal dan dapat digunakan sebagai pengalaman yang dapat meningkatkan kembali kualitas pemasaran dan pelayanan dari Amati Coffee.

Kata Kunci : Risiko Bisnis, Amati Coffee Tiban, Pelayanan Konsumen, Metode Kualitatif

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Pasigai, M. A. (2019). ENTINGNYA KONSEP DAN STRATEGI PEMASARAN. JURNAL ILMU EKONOMI STUDI PEMBANGUN, 1 No 1, 51 - 56. Retrieved October 25, 2022

Jikrillah, Sufi, Muhammad Ziyad, and Doni Stiadi. 2021. “Analisis Manajemen Risiko Terhadap Keberlangsungan Usaha Umkm Di Kota Banjarmasin.” Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen) 9(2):134–41. doi: 10.20527/jwm.v9i2.24.

Menggapai, Dalam, Kinerja Café, D. A. N. Resto, and D. I. Surabaya. 2016. “Jurnal Ilmu Sosial KONTRIBUSI HUMAN CAPITAL DAN CUSTOMER CAPITAL Jurnal Ilmu Sosial.” 15(2):137–49.

Prabawa, Dwian Wahyu, and Fitri Lukiastuti. 2017. “Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan, Manajemen Risiko Dan Manajemen Modal Kerja Terhadap Return Saham.” Jurnal Manajemen Indonesia 15(1):1. doi: 10.25124/jmi.v15i1.388.

Purwianti, L., N. Novita, E. Elviana, and ... 2022. “Analisis Pengaruh Service Quality, Price Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Amati Coffee Shop Di Kota Batam.” YUME: Journal of … 5(2):18–24.

Simkins, John Fraser and Betty J. 2010. Enterprise Risk Management.

Wulannata, Adhitya Imanuel. 2017. “Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia,.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 20(1):133–44.

Μηχανικων, Τμημα Μηχανολογων, Ε. Κοκκινου, Καραμάνου Ασπασία, Τ. Η. Σ. Ελληνικησ Ημοκρατιασ, Αντιμετώπισης Κινδύνων, Πολιτικής Προστασίας, Έννοιες Ορισμοί, Παρασκευή Ηλία, Μιράντα Δανδουλάκη, Ιωάννα Γαϊτάνη, Dkk Veithzal Rivai, Master Thesis, Gabriella Marie Thérèse Sloane, Ulrike Pröbstl-Haider, Alan W. Rogers, Claudia Paciarotti, Angela Cesaroni, Natalia I. Gorlova, Zulfiya A. Troska, Larisa I. Starovojtova, Tatiana E. Demidova, Anna G. Akhtyan, Aleksandra S. Shcheglova, J. Paul Dunne, Ron P. Smith, Mike Westerdal, All Rights, International Copyright, Graham Cuskelly, Liz Fredline, Eunjung Kim, Shane Barry, Pam Kappelides, Michal Bíl, Florian Heigl, Zbyněk Janoška, Diemer Vercayie, and Sarah E. Perkins. 2020. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Kaos GL Dergisi 8(75):147–54.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3173

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics