Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Guru di Masa Covid 19 pada Yayasan Hamdalah Ulya Sekolah Cendekia Berseri
Sari
Pelatihan adalah proses pembelajaran keterampilan dasar yang dibutuhkan oleh guru baru untuk melaksanakan, pelatihan dimaksudkan untuk memperbaiki penguasaan berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan kerja tertentu, terinci dan rutin. Pelatihan menyiapkan para guru untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan sekarang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelatihan Guru Terhadap Kinerja Guru di Masa Covid 19 Pada yayasan Hamdalah Ulya Sekolah Cendekia Berseri. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru di masa covid 19. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan kusioner. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah metode penarikan sampel jenuh untuk mendapatkan 18 sampel atau responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat dan juga menggunakan metode analisis data regresi linear berganda dengan uji R2, uji t, dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara uji regresi linear sederhana penerapan manajemen SDM secara positif terhadap peningkatan kompetensi guru nilai signifikan 0,000 ≤ 0,05.
Kata kunci : Pelatihan Guru,Kinerja Guru
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
A.A Anwar Prabu Mangkunegara. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.Bandung: Remaja Rosda Karya
. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
. .2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung
Agus Wibowo dan Hamrin, 2012. Menjadi Guru Berkarakter, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.
Alwi, Syafaruddin. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, StrategiKeunggulan Kompetitif BPFE UGM. Yogyakarta
Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama, Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta
Asef Umar Fahruddin, 2012. Menjadi Guru Faforit, (Jogjakarta : DIVA Press,
A. Samana, Profesionalisme Keguruan, Yogyakarta : Kanisius, 1994
Agustin Rozalena dan Sri Komala Dewi, 2016. Panduan Praktis Menyusun Pengembangan Karier dan Pelatihan Karyawan, Jakarta: Raih Asa Sukses.
Gitosudarmo, (2013). Manajemen Pemasaran. Yogyakarya, BPFE Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu S.P. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.
Handoko, T. Hani (2014). Manajemen Personalia dan Sumber daya manusia. BPFE Yogyakarta.
Iskandar Agung & Yufridawati, Pengembangan Pola Kerja Harmonis, dan Strategis antara Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas, Bestari Buana Murni: Jakarta
Jamal Ma’mur Asmani, 2011. Tips Menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan Inovatif, DivaPress: Jogjakarta
Kasmir, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi aksara Mangkunegara, Anwar Prabu, (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marihot Tua Efendi Hariandja, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia; Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian dan Peningkatan Produktivitas Pegawai, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Murip Yahya, 2013. Profesi Tenaga Kependidikan, Pustaka Setia: Bandung
Priansa, Donni, (2014). Perencanaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.
Rugaiyah & Atiek Sismiati, 2011. Profesi Kependidikan, Ghalia Indonesia.
Sanusi, Anwar, (2011). Metodologi Penelian Bisnis, Salemba empat. Surakarta
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3283
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.