Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Media Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pelanggan Online Cake Box)

Sukmatica Slamet, Iwan Perwira, Suhartini Suhartini

Sari


Abstrak
Keberlangsungan bisnis di sektor UKM tidak terlepas dari penerapan strategi yang yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, diantaranya yaitu inovasi produk dan promosi media online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh inovasi produk dan promosi media online terhadap keputusan pembelian konsumen pada pelanggan Online Shop Cake Box. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden dan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Karena itu, analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variable inovasi produk dan promosi media online berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada Online Shop Cake Box. Hal ini dibuktikan dari hasil uji simultan (Uji F) dan hasil Uji Parsial (Uji t) juga menunjukkan nilai signifikan dari dua variabel bebas yang mendukung hipotesa. Oleh karena itu hasil uji dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara variabel inovasi produk dan promosi media online terhadap keputusan pembelian konsumen Online Shop Cake Box.
Kata kunci : Inovasi Produk, Promosi Online, Keputusan Pembelian, UKM

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


al Rasyid, H., & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan: Vol. XVI (Issue 1).

Alwi, T., Handayani, E., & Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta, S. (2018). Keunggulan Bersaing UKM yang dipengaruhi Oleh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk (Vol. 20). http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jpw

Amin Effendy, A., & Sunarsi, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. 4(3).

Andi Batary Citta, Lasharan, S., Makassar, J., Abdullah, J., & Sirua Makassar, D. (2015). Pengaruh Biaya Promosi terhadap Penjualan Rumah pada PT. Daya Prima Nusawisesa di Makassar.

Cahyo RJ, & Harjanti D. (2013). Analisa Inovasi Produk pada Sektor Usaha Formal dan Informal Agora Journal.

Nurgayatri, A. R. (2016). Pengaruh Promosi Online pada Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Brand Elmeira Online Promotionn Effect on Social Media Consumer Buying Decisions Brand Elmeira.. http://www.techno.id,

Rika, O. :, Kurniasari, D., Utama, A., Staf, M. S., Jurusan, P., Universitas, M., & Yogyakarta, N. (2018). The Effect of Product Innovation, Product Creativity, and Product Quality on Competitive Advantage ( A Case Study of Handicraft Enceng Gondok “Akar”). http://okezone.com

Santoso, R., Erstiawan, M. S., & Kusworo, A. Y. (2020). Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan Dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 133–145. https://doi.org/10.29407/nusamba.v5i2.14369

Setiawan Suharsono, R., Purnama Sari, R., & Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kertanegara Malang, P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi Pada Alif Galeri Hijab Sidoarjo). http://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN

Susi Mentari Sinurat, E., Lumanauw, B., Roring, F., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga Effect of Product Innovation, Price, Brand Image and Quality of Service to Customer Loyality of Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA, 5(2), 2230–2239.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3287

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics