Penerapan Model Pembelajaran Sokrates dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Sari
Penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar, melalui penerapan metode pembelajaran sokrates, subjek penelitin ini adalah siswa kelas VII Negeri 40 Makassar yang berjumlah 30 orang terdiri dari 15 orang perempuan dan 15 orang laki-laki data yang dilakukan melalui lembar observasi dan tes akhir siklus. Adapula teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan metode pembelajaran sokrates dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana observasi aktifitas siklus I yaitu presentase rata- ratanya 54,43 persen kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85,65 persen. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus 1 ketuntasan klasikalnya 36.6 persen kemudian pada siklus II meningkatkan menjadi 93,3 persen. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa UPT SPF SMP Negeri 40 Makassar.
Kata Kunci: Metode pembelajaran sokretes, dan Hasil belajar
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Aqib, Z & Murtadlo, A (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nuranu Sejahtra. Bandung. Satunusa
Anggaraito.(2014), Peningkatan aktifitas siswa dalam kerja ilmiah melalui pembentukan kelompok koperatif STAD Dalam penilaian autentik jurnal penelitian pendidikan 1(22) 37-43.semarang lembaga penelitian UNES.
Daswati, D & Altaftazani,D,H. (2021). Penggunaan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Materi Pemanfaatan Kekayaan Alam Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar kelas IV. Journal of Elementary Education. 04(01).103-110
Dimyati dan mudjiono.2013.pengertian Belajar dan hasil belajar.Jakarta :PT Rineka Cipta
Hamalik.2004.Pengertian hasil belajar.Jakarta : bumi Aksara
Muchtar,A,D & Suryani,A. (2019). Pendidikan Karakter menurut Kemendikbud.
Jurnal Pendidikan. 3(2). 50-57
Putri,N,L,W,W. (2017), Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Mahasiswa untuk Berwirausaha pada Mahasiswa Pendididkan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.9.(1).137-147
Syahid,A.(2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. 2.(1).79-96
Suhardi.(2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD pada siswa kelas VI.A sdn 019 Galang Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Mitra Pendidikan. 3(3).443-453
Sudjana, (2009) Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya
Susanto.2013.Pengertian Hasil Belajar; Jakarta Rineka Cipta Winkel.2009.Pengertian Hasil Belajar; Jakarta:Bumi Aksar
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3493
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.