Analisis Strategi Bisnis Restoran Cepat Saji Mcdonald’s Dalam Memasuki Pasar Global
Sari
Maraknya perkembangan teknologi juga telah mengubah kebiasaan makan berbagai generasi, termasuk makanan cepat saji Indonesia. McDonald's adalah salah satu restoran cepat saji terbesar dan sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. McDonald's memiliki strategi pemasaran yang baik, sehingga produknya dikenal dan diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Strategi berarti bagaimana perusahaan mencapai tujuannya dalam waktu tertentu berdasarkan visi dan misi perusahaan. McDonald's menggunakan strategi penetapan harga, yaitu penetapan harga paket, penetapan harga produksi, dan penetapan harga psikologis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data sekunder yaitu penelitian perpustakaan. Informasi yang diterima didasarkan pada majalah dan artikel online yang tersedia. Upaya McDonald's untuk mempertahankan jumlah konsumen terus dilakukan dengan melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan produknya, seperti: menambah variasi menu, membuat makanan sesuai rentang usia, mengubah beberapa negara dengan memasukkan cita rasa lokal yang paling populer di menu negara atau daerah tersebut, serta menyediakan tempat makan yang strategis dan nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang digunakan McDonald's untuk menarik konsumen ke pasar global.
Kata Kunci: McDonald’s, Restoran cepat saji, Strategi pemasaran
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Irma., Andi Muttaqin Mustari., dan Abd. Najid. Persepsi Konsumen Terhadap Komunikasi Pemasaran pada McDonald’s Cabang Pettarani Makassar. https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/article/download/58/47/57.
Meianti, Ardhia., Fitri Rorizki., dan Suhairi. (2021). Dokumen Bisnis Sosial yang Efektif Dalam Komunikasi Organisasi. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(2), 2. https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/dawatuna/article/download/492/377.
Nurcahyo, Fandry., Aniek Wahyuati. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualanan pada Restoran McDonald’s Delta Plaza Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(4), 1-17. http://jurnalmahasiswa.stieasia.ac.id/index.php/jirm/article/view/621/632.
Pintoko, Wahyu Wary. (2022). Representasi Optimisme dalam Iklan McDonald’s Versi “Selalu Ada Cara Untuk Wujudkan Harapan”. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(2), 137- 148. https://ibn.e-journal.id/index.php/ESENSI/article/download/478/374/.
Pratama, Nicholas Wila Adi. (2022). Strategi Kampanye Komersial McDonald’s Dalam Kemasan BTS Meal. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 10(1), 38-51. https://jsrw.ikj.ac.id/index.php/jurnal/article/download/143/117/343.
Promalessy, Rika. (2021). Pemasaran Global. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=cGs8EAAAQBAJ&pg=PA3&hl=id&source=gbs_selec te d_pages&cad=2#v=onepage&q&f=false.
Ramadhan, Ahmad., dan Fivi Rahmatus Sofiyah. Analisis SWOT Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi McDonald’s Ring Road).
Sahir, Syafrida Hafni. (2020). Pemasaran Global. Indonesia: KBM Indonesia. https://bakri.uma.ac.id/wp-content/uploads/2021/07/20-buku-Pemasaran-Global.pdf.
T.P, Dewi Tri., Opie Winnaraati H., Ria Rizki R., dan Sri Harnani. (2009). Analisis Kasus McDonald’s. Tugas Manajemen Strategik. https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/477/jbptunikompp-gdl-dedenawaha-23847-2- kasusmn- k.pdf.
Yulianti, Ni Made Dhian Rani. (2020). Pengaruh Brand Image, Green Marketing strategy, dan Emotional Desire Terhadap Keputusan Pembelian Produk McDonald’s. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 69-77. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/download/2410/701.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3516
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.