Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas pada Pelanggan Café di Kota Batam

Ratih Anggraini, Surya Andores

Sari


Main Objectives: Loyalitas pelanggan merupakan sebuah kemungkinan bagi pelanggan untuk terus menggunakan dan membeli produk tertentu dari sebuah perusahaan dan menjadikannya pilihan utama dalam penggunaan produk tersebut. Background Problems: Perkembangan coffee shop yang sangat pesat di Batam membuat kompetisi yang semakin ketat, dan tidak sedikit yang tutup akibat persaingan ini. Coffee shop harus terus berinovasi untuk mencapai kepuasan pelanggan dan meningkatkan minat berkunjung menjadi pengunjung yang loyal. Research Methods: Penelitian dilakukan pada pengunjung dari delapan café & roaster di Batam, melibatkan sebanyak 406 responden dengan menggunakan metode kuantitatif dan diuji dengan menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Finding/Results: Berdasarkan hasil uji diketahui bahwa semua variabel yang diteliti memberikan pengaruh yang signifikan positif pada dependennya. Product innovation, process innovation dan marketing innovation berpengaruh signifikan positif terhadap customer satisfaction dan customer satisfaction memberikan pengaruh signifikan positif pada destination loyalty.. Conclusion: Disimpulkan bahwa inovasi pada produk, proses dan pemasaran yang dilakukan oleh café memberikan dampak yang signifikan pada kepuasan pengunjung yang pada akhirnya berpengaruh pada loyalitas pelanggan. Sehingga bisa disimpulkan bahawa semua inovasi memberikan dampak yang signifikan pada kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan untuk berkunjung pada café tersebut dan menjadi pengunjung tetap.
Keywords:
Product innovation, process innovation, marketing innovation, customer satisfaction dan destination loyalty

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Hamid, A., Rahim, A.M.A and Salamzadeh, Y. 2020. “Influence of Ethical Leadership and Talent Management on Employee Performance: Does Employee Commitment Matter in Malaysian Hotel Industry?” International Journal of Human Resource Studies 10 (3): 77. https://doi.org/10.5296/ijhrs.v10i3.17266.

Cheng, B.L. 2014. “The Impact of Service Innovation on Tourist Satisfaction: Evidence from the Malaysian Tourism Industry.” GATR Global Journal of Business Social Sciences Review 2 (3): 93–106. https://doi.org/10.35609/gjbssr.2014.2.3(14).

Ruiz, E.C., González, L.B and Zamora, D.T. 2018. “Destination Image, Satisfaction and Destination Loyalty in Cruise Tourism: The Case of Málaga (Spain).” Tourism & Management Studies 14 (1): 58–68. https://doi.org/10.18089/tms.2018.14105.

Gaikwad, S.T., Ragde, R and Sawant, M. 2020. “Tourist Satisfaction and Destination Loyalty: A Case Study of the World Heritage Site of Ellora Caves.” Atna Journal of Tourism Studies 15 (1): 17–31. https://doi.org/10.12727/ajts.23.2.

Ghozali, I (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., dan Anderson, R.E. (2019). When to use and how to report the result of PLS-SEM. Prentice Hall, Upper Saddle River, New Jersey.

Hung, V.V, Dey, S.K., Vaculcikova, Z and Anh, L.T.H. 2021. “The Influence of Tourists’ Experience on Destination Loyalty: A Case Study of Hue City, Vietnam.” Sustainability 13 (16). https://doi.org/10.3390/su13168889.

Huwae, V.E, Noermijati, N., Rofiaty, R., and Husein, A.S . 2020. “The Mediating Role of Destination Value, Tourist Satisfaction, and Tourist Engagement on the Relationship between Destination Image and Tourist Loyalty in Maluku, Indonesia.” Leisure/ Loisir 44 (4): 587–620. https://doi.org/10.1080/14927713.2020.1815563.

Indriantoro, N dan Supomo, B (2016). Metodologi Penelitian Bisnis : Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama, Nur Indriantoro, dan Bambang Supomo Penerbit BPFE Yogyakarta : BPFE, 2016

Liat, C.B., S. R. Nikhashemi, and Dent, M.M. 2020. “The Chain Effects of Service Innovation Components on the Building Blocks of Tourism Destination Loyalty: The Moderating Role of Religiosity.” Journal of Islamic Marketing 12 (9): 1887–1929. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2020-0061.

Mohamad, M, Ghani, N.I and Nasir, M.N.M 2019. “The Impact of Perceived Value, Destination Service Quality, and Tourist Satisfaction on Destination Loyalty Among International Tourists Visiting Malaysia.” Journal of Tourism, Hospitality and Environment Management 4 (16): 10–26. https://doi.org/10.35631/jthem.416002.

Nasir, M.N.M, Mohamad, M., Ghani, N.I. and Afthanorhan, A. 2020. “Testing Mediation Roles of Place Attachment and Tourist Satisfaction on Destination Attractiveness and Destination Loyalty Relationship Using Phantom Approach.” Management Science Letters 10 (2): 443–54. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.8.026.

Seetanah, B., Teeroovengadum, V and Nunkoo, R. 2020. “Destination Satisfaction and Revisit Intention of Tourists: Does the Quality of Airport Services Matter?” Journal of Hospitality and Tourism Research 44 (1): 134–48. https://doi.org/10.1177/1096348018798446.

Setiawan, P.Y. 2014. “The Effect of E-WOM on Destination Image, Satisfaction and Loyalty.” International Journal of Business and Management Invention ISSN (Online 3 (1): 2319–8028.

Yuswardi, Y. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterikatan Karyawan pada Hotel Berbintang di Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 394–405. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.114




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.3527

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics