Pengaruh Literasi Keuangan, Motivasi Investasi dan Risiko Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Pada Pengguna Aplikasi Bibit
Sari
Penelitian menggunakan analisis regresi ordinal dimana data dikumpulakn dengan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dengan ketentuan sampel simple random sampling terhadap 400 responden yang berasal dari komunitas resmi milik Bibit pada aplikasi Telegram. Penelitian ini menunjukkan pengaruh signifikan dari literasi keuangan, motivasi investasi dan risiko investasi sebagai faktor terhadap minat berinvestasi pada pengguna aplikasi Bibit secara simultan. Variabel bebas literasi keuangan serta motivasi investasi memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berinvestasi pada pengguna aplikasi Bibit secara simultan tetapi tidak dengan variabel risiko investasi
Kata Kunci: Literasi Keuangan, Motivasi Investasi, Risiko Investasi, Minat Investasi, Bibit.
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Adelina, F., dan Rikumahu, B. (2022). Pengetahuan Investasi Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Saham Pada Mahasiswa. Business Journal: Jurnal Bisnis Dan Sosial.
CNBC Indonesia. (2021, Nov 21). Bibit.id Raih Penghargaan “The Best Fintech Company 2021.” https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211115104958-39-291502/bibitid-raih-penghargaan-the-best-fintech-company-2021
Darmawan, A., Kurnia, K., & Rejeki, S. (2019). Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan Dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 44–56. https://doi.org/10.32639/jiak.v8i2.297
Faidah, F. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Faktor Demografi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(3), 251. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i3.3484
Featherman, M. S., & Pavlou, P. A. (2003). Predicting e-services adoption: A perceived risk facets perspective. International Journal of Human-Computer Studies, 59(4), 451–474. https://doi.org/10.1016/S1071-5819(03)00111-3
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung, PT Refika Aditama.
Kumari, D.A.T. (2020). The Impact of Financial Literacy on Investment Decisions: With Special Reference to Undergraduates in Western Province, Sri Lanka. Asian Journal of Contemporary Education, 4(2), 110–126. https://doi.org/10.18488/journal.137.2020.42.110.126
KSEI. (2021, May 22). Statistik Pasar Modal Indonesia Desember 2021. Kustodian Sentral Efek Indonesia, 1–6. https://www.ksei.co.id/files/Statistik_Publik_Januari_2021.pdf
Listyani, T. T., Rois, M., & Prihati, S. (2019). Analisis Pengaruh Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Modal Investasi Minimal Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Pada Pt Phintraco Sekuritas Branch Office Semarang). Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan (AKUNBISNIS), 2(1), 49. https://doi.org/10.32497/akunbisnis.v2i1.1524
Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi Uisi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam (Journal of Islamic Economics and Business), 3(1), 61. https://doi.org/10.20473/jebis.v3i1.4693
Muzzahid, R., dan Kartawinata, B. R. (2020). Minat Investasi Pasar Modal Di Jawa Barat (Studi Kasus Pada Kabupaten Atau Kota Di Jawa Barat. Business Journal: Jurnal Bisnis Dan Sosial.
Otoritas Jasa Keuangan. (2017, Sep 21). Pengelolaan Investasi. https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/Pages/Pengelolaan-Investasi.aspx
Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Hasil Survei Literasi Dan Inklusi Keuangan 99 Nasional Meningkat. Otoritas Jasa Keuangan. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20549 [15 November 2021]
Saputra, R. S., & Dewi, A. S. (2017). Peran Modal Sosial Sebagai Mediator Literasi Keuangan dan Inklusi Keuangan Pada Kaum Muda di Indonesia (Studi Kasus pada Komunitas Investor Saham Pemula). Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 10(3), 243. https://doi.org/10.20473/jmtt.v10i3.3064
Seiler, V., & Fanenbruck, K. M. (2021). Acceptance of digital investment solutions: The case of Robo advisory in Germany. Research in International Business and Finance, 58(July), 101490. https://doi.org/10.1016/j.ribaf.2021.101490
Sivaramakrishnan, S., Srivastava, M., & Rastogi, A. (2017). Attitudinal factors, financial literacy, and stock market participation. International Journal of Bank Marketing, 35(5), 818–841. https://doi.org/10.1108/IJBM-01-2016-0012
Tri Cahya, B., & Ayu Kusuma, N. W. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 7, 192–207.
Tumewu, F. (2019). Minat Investor Muda Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Melalui Teknologi Fintech. JMBI UNSRAT. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 6(2), 133–145. https://doi.org/10.35794/jmbi.v6i2.26170
Wulandari, P., Sinarwati, N., Purnawati, i. (2017). Pengaruh Manfaat, Fasilitas, Persepsi Kemudahan, Mahasiswa Untuk Berinvestasi Secara Online (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha).
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3708
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.