Pengaruh Promosi Media Sosial, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Loyalitas Konsumen Pada Umkm Ayam Kampung Prozen Food Dapoer Umma Di Kota Makassar
Sari
Promosi media sosial terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 0,001 < 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,385), Kualitas pelayanan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 0.016 < 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,385, kepuasan konsumen terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. sebesar 0.000 < 0,05 dengan nilai koefisien sebesar 0,385, selanjutnya, Pengaruh promosi media sosial melalui kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. sebesar 0,000 < 0,05. Dan Kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. sebesar 0,000 < 0,05. Koefisien ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang dimiliki oleh pegawai dapoer umma dengan promosi yang ditawarkan pasti akan meningkatkan kepuasan konsumen dan akhirnya berdampak pada loyalitas konsumen.
Kata kunci: Promosi Media Sosial; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Consumed; Loyalitas Konsumen
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Abduh, T., Remmang, H., Palisuri, P., & Karim, A. (2023). Leadership Model and Work Motivation of Employees Research and Development Planning Agency for Regional South Sulawesi Province. target, 95(146.22), 154. DOI: 10.47191/jefms/v6-i1-23.
Barus, C. S., & Silalahi, D. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1-15. https://doi.org/10.54367/jmb.v21i1.1182
Darwin, S. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia – Surabaya. Jurnal Manajemen. 2. (1)
Dewi, R., Azis, M., Rauf, A., Sahabuddin, R., & Karim, A. (2022). Empowering Communities on the Feasibility of Local Chicken Livestock Business in South Sulawesi Province, Indonesia. Specialusis Ugdymas, 1(43), 11034-11045.
Farih, A., Jauhari, A., & Widodo, E. (2019). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Kursus Bahasa Inggris Pare Dengan Viral Marketing Sebagai Variabel Intervening. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 4(1), 41-60. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i1.361
Griffin. (2018). Customer loyality. Jakarta: Erlangga.
Hasniati, H., Indriasari, D. P., Sirajuddini, A., & Karim, A. (2023). The Decision of Women in Makassar City to Entrepreneur. Binus Business Review, 14(1). https://doi.org/10.21512/bbr.v14i1.8936
Jeanne, A.S. (2019). The impact of Service Quality and Perceived Value on Customer Satisfaction and Loyalty in Surabaya City. Journal of Economic and Business. 3(4), 31-32. Khan, Shahzad et al. 2012.
Karim, A. (2019, March). The Effect of" Axis Hits Bonus" Version Tagline Advertising and Ambassador Brand Against Axis Cards Awareness. In First International Conference on Materials Engineering and Management-Management Section (ICMEMm 2018) (pp. 63-66). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icmemm-18.2019.13
Karim, A. A. K., Jumarding, A., & Ahmad, A. (2022). The Role of Zakat in National Economic Transformation through Regional Economic Growth in South Sulawesi Province. International Journal of Commerce and Finance, 8(2), 75-98.
Karim, A., Desi, N., & Ahmad, A. (2022). Regional Public Water Company Business Plan for Sustainable Economic in Makassar City, Indonesia. Specialusis Ugdymas, 1(43), 10864-10876.
Karim, A., Musa, C. I., Sahabuddin, R., & Azis, M. (2021). The Increase of Rural Economy at Baraka Sub-District through Village Funds. The Winners, 22(1), 89-95. https://doi.org/10.21512/tw.v22i1.7013
Karim, A., Syamsuddin, I., Jumarding, A., & Amrullah, A. (2022). The Effect of Gender Independence and Leadership Style on Audit Quality in Makassar Public Accounting Offices. International Journal of Social Science Research and Review, 5(7), 114-126. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i7.341
Kotler, P. & Keller. (2021). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Indeks. Jakarta.
Kotler, P. (2020). Manajemen pemasaran. Kota semarang: Erlangga.
Kotler, P., Keller., & Kevin, L. (2021). Manajemen Pemasaran, Benyamin Molan (terjemahan) Marketing Management Edisi Ketiga Belas, Jilid Dua: Erlangga, Jakarta.
Lukito, W. A. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90-95.
Maddatuang, B., Syukur, A., & Karim 3rd, A. (2021). The Role of BUMDes in Sustanaible Economic at Enrekang Regency. Indian Journal of Economics and Business, 20(2).
Mappatompo, A. (2022). The Impact Of Service Quality And Product Quality On Customer Loyalty And Its Impact On Repeats Order At Astra Credit Companies Makassar Branch. Enrichment: Journal of Management, 12(4), 2560-2571. https://doi.org/10.35335/enrichment.v12i4.694
Mappatompo, A., Idrus, M. S., Setiawan, M., & Nimran, U. (2011). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kinerja CRM Bank serta Dampaknya terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Penerapan CRM pada Perbankan di Kota Makassar). Jurnal Aplikasi Manajemen, 9(1), 189-198.
Mardjuni, S., Thanwain, I. N., Abubakar, H., Menne, F., & Karim, A. (2022). BUSINESS SUSTAINABILITY IN FOOD AND BEVERAGE PROCESSING INDUSTRY THROUGH INNOVATION IN MAROS REGENCY, INDONESIA. Journal of Southwest Jiaotong University, 57(6). https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.57.6.85
Montolalu, M. (2019). The Impact of Service Quality and Price to Customer
Statisfaction and Customers Loyalty in Swiss-bellhotel Maleosan Manado. Journal EMBA, 1(4), 1491-1497.
Nardiman., & Yasri. (2021). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya pada Loyalitas Nasabah Adira Finance di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Pemasaran, 64, 2.
Novita, D., Astuti, L. S., & Lestari, F. A. P. (2020, January). Pengaruh Promosi Menggunakan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Produk Be Glow Skincare. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 4, No. 1). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v4i1.2475
Panjaitan. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jne Cabang Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis. Prodi Administrasi Bisnis, Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom, 3(1), 2-12
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap kinerja pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 15-20. DOI: 10.23917/benefit.v3i1.5647
Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79-94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kualitatif dan R&D). Jakarta Alfabeta.
Wahyuni, N., Kalsum, U., Asmara, Y., & Karim, A. (2022). Activity-Based Costing Method as an Effort to Increase Profitability of PT. Anugrah Ocean Wakatamba. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 14(2). https://doi.org/10.17509/jaset.v14i2.45642
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3792
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.