Analisis Kinerja Pegawai Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Desa Bulumpare Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone)

Marniati Syam, Haslindah Haslindah

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui kinerja pengawai kantor desa dalam meningkatkan pelayanan publik di masa pandemi covid 19, (ii) untuk mengetahui faktor yang menghambat Kinerja pengawai kantor desa dalam meningkatkan pelayanan publik di masa pandemi covid 19, dan (iii) untuk mengetahui bagaimana upaya dalam meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Desa dalam meningkatkan pelayanan publik di masa pandemi covid 19. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif. Adapun beberapa langkah dalam proses analisis data kualitatif, yaitu Analisis penyusunan data, Analisis klasifikasi data, Analisis pengolahan data, Analisis penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Desa Bulumpare Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone sudah cukup baik namun belum optimal karena masih ada permasalahan dalam pelaksanaannya yakni pada indikator kuantitas pekerjaan, hal ini dikarenakan fasilitas yang sudah tidak layak, dan perlu diperbaharui seperti komputer dan jaringan yang sering error, indikator kepuasan masyarakat terkait dengan masyarakat yang kurang memahami prosedur pelayanan, serta permasalahan terkait kekurangan pegawai. Upaya yang perlu dilakukan di Desa Bulumpare yaitu memperbaharui sarana dan prasarana yang ada di bagian administrasi kependudukan, penambahan pegawai di bidang administrasi kependudukan, memberikan sosialisasi kepada aparat desa terkait regulasi terbaru akan prosedur pelayanan administrasi kependudukan.
Kata Kunci : Kinerja Pegawai, Pelayanan Publik, Pandemi Covid 19

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ali, Mohammad. 1985. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Agustin, Michellia. 2015. Kinerja Aparatur Desa Dalam Memberikan Pelayanan Kepada Masyarakat Di Desa Petani Kecematan Mandau Kabupaten Bengkalis. Jom FISIP Volume 2 No.1.

Husaini, Al. 2018. Strategi Camat dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai, Skripsi Jurusan Ilmu Pemerintahan UIN JAMBI.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2005. Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Moleong, Lexi J. 2009, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Moenir. 2006. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta. Bumi aksara

Nawawi, Hadari. 1993. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Pasolong, Harbani. 2019. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Priansa. 2016. Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung:

Robert Djopari, peranan aparatur pemerintah dalam pelaksananaan administrasi di distrik sidey,di akses pada tanggal 1 maret 2022 hlm.4.

Siagian, P Sondang. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumihardjo, Tumar. 2012. Teknik Evaluasi Kinerja Aparatur, Jatinangor: Institut Pemerintahan Dalam Negeri.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3816

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics