Media Sosial, Endorsement Selebriti Instagram Dan Gaya Hidup Sebagai Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Produk (Studi Kasus Konsumen Produk Eiger di Rembang)

Muhammad Akrom Yuwavfi, Ming Ming Lukiarti

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan pengaruh media sosial, endorsement selebriti instagram dan gaya hidup sebagai faktor yang mempengaruhi minat beli produk (studi kasus konsumen produk Eiger di Rembang). Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu media sosial, endorsement selebriti instagram dan gaya hidup, variabel terikatnya adalah minat beli. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini melalui kuesioner. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah dari sumber data primer yang diperoleh dari instrumen penelitian berupa kuesioner yang diisi oleh responden yang menyebarkan kuesioner secara langsung kepada konsumen produk Eiger di Rembang. Populasi penelitian ini terdiri dari konsumen yang pernah membeli dan menggunakan produk Eiger di Rembang. Teknik pengambilan sampel digunakan dalam penelitian yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, media sosial, endorsement selebriti instagram dan gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli produk Eiger di Rembang.

Kata Kunci: Media Sosial, Endorsement Selebriti, Gaya Hidup dan Minat Beli.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


David, F. R. & David, F. R. (2019) Manajelmeln Stratelgik: Sulatul Pelndelkatan Kelulnggullan Belrsaing, Eldisi 15, Jakarta, Pelnelrbit Salelmba Elmpat.

Kotlelr, P. & Kelllelr, K. L. (2009) Manajelmeln Pelmasaran, Eldisi 13, Jakarta, Pelnelrbit Elrlangga.

Kotlelr, P. & Kelllelr, K. L. (2012) Markelting Managelmelnt, Jakarta, Indelks Kellompok Grameldia.

Lelmelshow, S. & David W. H. Jr. (1997) Belsar Sampell Dalam Pelnellitian Kelselhatan (Telrjelmahan), Yogyakarta, Gadjah Mada Ulnivelrsity Prelss.

Kotlelr, P. & Kelllelr, K. L. (2009) Manajelmeln Pelmasaran, Eldisi 13, Jakarta, Pelnelrbit Elrlangga.

Kotlelr, P. & Kelllelr, K. L. (2012) Markelting Managelmelnt, Jakarta, Indelks Kellompok Grameldia.

Nasrulllah, Rullli (2016) Meldia Sosial Pelrspelktif Komulnikasi, Buldaya dan Sosiotelknologi, Bandulng, Simbiosa Relkatama Meldia.

Piri, G. V. dkk. (2021) ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Melmpelngarulhi Minat Belli Konsulmeln Telrhadap Smartphonel Samsulng Galaxy A di Chikal Cellullar Sulkulr Airmadidi’, Julrnal ElMBA, 1, 746-753.

Pultri, G. H. & Patria, B. (2018) ‘Pelngarulh Elndorelselmelnt Sellelbriti Instagram telrhadap Minat Belli Relmaja Pultri’, Gadjah Mada Joulrnal of Profelssional Psychology (GAMAJPP), 1, 33-41.

Sulgiyono (2018) Meltodel Pelnellitian Kulantitatif, Kulalitatif dan R&D, Bandulng, Alfabelta.

Sultisna (2002) Pelrilakul Konsulmeln dan Komulnikasi Pelmasaran, Bandulng, Relmaja Rosdakarya.

Soelsatyo, N. & Rulmambi, L. J. (2013) ‘Analisa Creldibility cellelbrity elndorselr modell:Sikap auldielncel telrhadap Iklan dan Melrelk selrta Pelngarulhnya pada Minat Belli Top Coffelel’, Julrnal Managelmelnt Pelmasaran, 1(2),1-12.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.3931

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics