Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berlangganan Media Streaming Berbayar Netflix (Studi Kasus Pengguna Aplikasi Netflix)
Sari
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi mahasiswa berlangganan media streaming berbayar Netflix dari segi Harga, Citra merek, Kesadaran merek, Kualitas produk, Fitur layanan, dan Kepuasan konsumen terhadap minat berlangganan Netflix. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer , tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabiltas, uji normalitas,uji heterokedastisitas, regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrument kuisioner, dan data yang berhasil dikumpulkan sebanyak 210 responden. Alat uji data yang digunakan adalah aplikasi SPSS.
Hasil peneltian menunjukkan variabel Harga, Citra merek, Kesadaran merek, Kualitas produk, Fitur layanan, dan Kepuasan konsumen berpengaruh secara parsial terhadap minat berlangganan Netflix, dan variabel Harga, Citra merek, Kesadaran merek, Kualitas produk, Fitur layanan, dan Kepuasan konsumen berpengaruh secara simultan terhadap minat berlangganan Netflix.
Kata Kunci : Citra merek, Fitur layanan, Harga, Minat berlangganan, Kepuasan konsumen, Kesadaran merek, Kualitas produk
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Adistya, Wulandari. 2019. Minat Berinvestasi Reksadana di Kalangan Mahasiswa: Determinan dan Dampaknya Menggunakan Adopsi Teknologi Berbasis Mobile Platform untuk Pembelian Reksadana, Depok: Universitas Gunadarma.
Agustina, Dina. 2020. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Ikasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Warung Oversize Tembalang Semarang). Semarang: Universitas Semarang.
Amalia, Nur. 2019. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess di Bangkalan. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis. Volume 6, Nomor 2. Bangkalan.
Ardians. Permadi. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Layanan Streaming Netflix. Depok: Universitas Gunadarma.
Aris, Budiono. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, Volume 17, Nomor 01. Jakarta: STIE Pariwisata International.
Arvina, Elisa,Alje L,Rudy.2021. Pengaruh Citra Merek, Kualiatas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Planet Surfdi Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Binsis dan Akuntansi. Volume 9, Nomor 3. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado.
Christie, Herawati Limbong, Denny Ammar, Iramahdan, Siti Lamah. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen, Volume 7, Nomor 1. Sumatera Utara: Universitas Labuhan Batu.
Dvood, Ghorbanzadeh, Rafina Rafkatovna, Mariya K, Aras Masoodlsmael, Alim Al Ayub. 2022. Generating Destination Brand Awareness and Image Thoughte Firm’s Social Media
Tarif Langganan Layanan Streaming di Indonesia per bulan. 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/01/ini-rerata-biaya-yang-dikeluarkan-untuk-langganan-aplikasi-netflix-dkk
Harga Berlangganan Netflix dan Fasilitas. 2022. Diambil kembali dari: Harga.web.id
Inka, Hedman,Thao Phuong Le Orresnsalo. 2018. Brand Image as a Facilitator of Relationship Intiation. Developing Insight on Branding in the B2B Context.
Media Steaming Berbayar. 2022. Diambil kembali dari: https://wowbabel.com
Meena, Ramboes. 2019. Brand Equity in Cribbean Financial Service: The Moderating role Of Service providers. International journal of Bank Marketing. Volume 38, Issue 3.
Model Pengambilan Keputusan. 2007. Kembali diambil dari : https://www.taupasar.com/2019/07/sering-bingung-pilih-produk-inilah.html
Lestari, Dani Fitri. 2016. Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Cadburry. Depok: Universitas Gunadarma.
Logo Netflix. 2022. Diambil kembali dari: Brand Assets Netflix
Richard, Huaman Ramiez, Dwilight Merunka. 2021. Celebrtity CEO’ Credibility image of their Brands and Consume. Journal Of Consumer Marketing.
Rinda, Elisa Desy. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Pada Konsumen Wardah Cosmetics Indonesia). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Stephen, J, Grove, Raymond, Joby John. 2016. The Future of Services Marketing: Frecast From ten services expert. Journal Of Services Marketing. Volume 1 Issue 2.
Teori Perilaku Konsumen. 2022. Gramedia Blog. Diambil kembali dari: https://www.gramedia.com/literasi/teori-perilaku-konsumen/
Veni, Novitasari. 2022. Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Layanan Media Streaming Berbayar Netflix (Sudi Kasus Pelanggan Netflix Wilayah Jabodetabek). Depok: Universitas Gunadarma.
We Are Social Indonesian. 2022. Diambil kembali dari : https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4094
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.