Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan

Emi Lestari, Agustini Agustini

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran pendidikan kewirausahaan dengan sikap pada pendidikan kewirausahaan sebagai variabel mediasi terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa Fakultas Bisnis program studi Manajemen Universitas Universal. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel non-probability sampling. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa fakultas bisnis program studi Manajemen Universitas Universal yang telah menempuh pendidikan kewirausahaan dengan jumlah responden sebanyak 251 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner online dan offline yang kemudian dianalisis menggunakan program SmartPLS, dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa Fakultas Bisnis program studi Manajemen Universitas Universal. Terdapat hubungan yang positif signifikan antara pendidikan kewirausahaan dengan sikap pada pendidikan kewirausahaan dan sikap pada pendidikan kewirausahaan dengan intensi kewirausahaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi kewirausahaan apabila dimediasi oleh sikap pada pendidikan kewirausahaan yang mempunyai peran full mediation.

Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Sikap Pada Pendidikan Kewirausahaan, Intensi Kewirausahaan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aidha, Z. (2016). Pengaruh motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat universitas islam negeri sumatera utara. Jurnal Jumantik.

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Amanamah, R. B. (2018). Tertiary Students� Attitude towards Entrepreneurship Education in Ghana. Journal of Small Business and Entrepreneurship Development. https://doi.org/10.15640/jsbed.v5n2a12

Asfiatul, F. (2013). Pengaruh Pendidikan & Pelatihan, Prestasi Belajar Kewirausahaan terhadap Sikap Kewirausahaan Peserta didik SMK N 1 Cerme. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan.

Cahyono, A. E. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Melalui Variabel Intervening Teori Perilaku Terencana Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p251-262

Chandra, R. A., & Budiono, H. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Yang Dimediasi Efikasi Diri Mahasiswa Manajemen. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan.

Dikti. (2015). Pedoman program mahasiswa wirausaha tahun 2015. Pedoman Program Mahasiswa Witausaha Tahun 2015, 1–31.

Fatoki, O. (2014). The entrepreneurial intention of undergraduate students in South Africa: The influences of entrepreneurship education and previous work experience. Mediterranean Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n7p294

Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error. Journal of Marketing Research. https://doi.org/10.2307/3151312

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial least squares konsep , metode dan aplikasi menggunakan program WarpPLS2. 0 untuk penelitian empiris. Universitas Diponegoro.

Global Entrepreneurship Monitor. (2016). Global Entrepreneurship Monitor 2016/2017 Report. Global Entrepreneurship Monitor.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Second Edition. In California: Sage.

Jena, R. K. (2020). Measuring the impact of business management Student’s attitude towards entrepreneurship education on entrepreneurial intention: A case study. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106275

Kalyoncuoğlu, S., Aydıntan, B., & Göksel, A. (2017). The Effect of Entrepreneurship Education on Entrepreneurial Intention: An Experimental Study on Undergraduate Business Students. Journal of Management Research. https://doi.org/10.5296/jmr.v9i3.11282

Kusmintarti, A., Riwajanti, N. I., & Asdani, A. (2017). Pendidikan Kewirausahaan dan Intensi Kewirausahaan dengan Sikap Kewirausahaan sebagai Mediasi. Journal of Research and Applications: Accounting and Management. https://doi.org/10.18382/jraam.v2i2.160

Pratana, N. K., & Margunani. (2019). Pengaruh Sikap Berwirausaha, Norma Subjektif dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal.

Report, W., & All, L. P. (2019). Best Countries 2019.

Santy, N., Rahmawati, T., & Hamzah, A. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Norma Subjektif, Sikap Berperilaku Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i1.481

Siregar, B. P. (2018). Jumlah Pengusaha Indonesia Masih Tertinggal dari Singapura. Www.Wartaekonomi.Co.Id.

Siswoyo, H. B. B. (2009). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Bisnis.

Soomro, B. A., & Shah, N. (2015). Developing attitudes and intentions among potential entrepreneurs. Journal of Enterprise Information Management. https://doi.org/10.1108/JEIM-07-2014-0070

Suryana. (2019). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Journal of Chemical Information and Modeling.

Wibowo, S., & Pramudana, K. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Intensi Berwirausaha Yang Dimediasi Oleh Sikap Berwirausaha. None.

Yang, J. (2013). The theory of planned behavior and prediction of entrepreneurial intention among Chinese undergraduates. Social Behavior and Personality. https://doi.org/10.2224/sbp.2013.41.3.367




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4112

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics