Value Proposition Design Pada Lokawisata Baturaden

Ratih Mukti Azhar, Ayundha Evanthi

Sari


Pada industri pariwisata, daya saing produk wisata yang mencakup daya tarik wisata, aksesabilitas dan fasilitas pariwisata berpotensi meningkatkan daya saing usaha dan industri. Tetapi saat ini, ketiga komponen tersebut masih dianggap kurang sehingga memerlukan strategi ataupun model bisnis serta terobosan dalam pelaksanaannya. Value proposition design sebagai business model tool yang dapat membantu sebuah perusahaan atau organisasi untuk mengenal lebih dalam mengenai produk atau jasa yang akan dibuat atau dikembangkan dan menghubungkannya dengan keinginan pasar sehingga dapat tercipta value untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Konsep Value proposition design dinilai dapat diterapkan di Lokawisata Baturraden sebagai salah satu bagian industri pariwisata Indonesia. Value proposition design pada Lokawisata Baturraden diharapkan dapat menciptakan produk pariwisata yang sesuai dengan keinginan pasar. Penelitian ini bertujuan sebagai gambaran terhadap kondisi atau fenomena mengenai penerapan value proposition design pada Lokawisata Baturraden. Hasil penelitian diketahui bahwa customer jobs pada Lokawisata Baturraden adalah segmen yang murni berminat pada pengalaman alam (nature). Hal ini dikarenakan salah satu produk wisata yang ditawarkan Lokawisata Baturraden adalah keindahan alam. Customer pains yang dialami oleh customer Lokawisata Baturadden adalah kondisi Pandemi. Sedangkan Customer gains wisatawan di Lokawisata Baturraden adalah daya tarik, ketersediaan fasilitas, aksesabilitas dari destinasi wisata yang di presepsikan, serta tingkat harga destinasi wisata yang terjangkau. Value Map Lokawisata Baturraden terdiri oleh product and services dimana industri ini menawarkan kekayaan sumber daya alam dan budaya, pada pain relivers berisi kebijakan yang ditawarkan sebagai solusi untuk meminimalisir resiko keselamatan dan resiko wabah. Sedangkan gains creator berisi bagaimana kekayaan sumber daya alam dan budaya Lokawisata Baturraden membuat wisatawan mendapatkan customer gains.

Kata Kunci: Value Proportition Design, Pariwisata, Bisnis Model Kanvas

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Achjar, K.A. (2020). Keperawatan Wisatawan Pantai untuk Meningkatkan Keselamatan Wisatawan di Tempat Wisata. Jurnal Kesehatan. Volume 11 Issue 3.

Azhar, R. M., Suparno, O., & Djohar, S. (2017). Pengembangan Model Bisnis pada Lokawisata Baturaden Menggunakan Business Model Canvas. Manajemen IKM, 137-144.

Greenland Tourism Booklet. (2015). Market Segmentation in Greenland. Greenland Tourism.

Hakim, I N. 2020. Wabah Dan Peringatan Perjalanandalam Persepsi Wisatawan. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA). Volume 7, Issue 1.

Kemenparekraf. (2020). Rencana Strategis 2020-2024. (diakses pada 23 april 2022)

Kyhnau J, and Nielsen C. (2015). Value proposition design: How to create products and services customers want. Journal of Business Models (JOBM). ISBN: 978-1118968055. Volume 3, Issue 1.

Muktaf, Z M and Zulfiana, E R. (2017). Persepsi Wisatawan Asing Terhadap Wisata Indonesia. Jurnal Cakrawala. ISSN: 1693 6248.

Ostеrwаldеr, Аlеx. Pignеur, Yvеs. Bеrnаrdа, Grеg. Smith, Аlаn. (2014). Value proposition design: How to create products and services customers want. Nеw Jеrsеy: John Wilеy & Sonx, Inc.

Sudarsana, I W. (2017). Peran Perceived Risk Sebagai Pemoderasi Hubungan Kepuasan Dan Trust Dengan Niat Berprilaku Wisatawan. Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Senastek) IV.

Suprihatin W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat). Jurnal BESTARI. Volume 1, Issue 1.

Yusendra, M A E. (2016). Pengukuran Sikap Wisatawan Domestik Terhadap Destinasi-Destinasi Wisata Indonesia Dengan Menggunakan Ideal Point Model. Jurnal Manajemen Magister. Volume 2, Isuue 1.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4261

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics