Evaluasi Dan Perancangan Model Bisnis Biru Bersih Dengan Business Model Canvas

Elsa Veronika Pangaribuan, Farda Hasun, Endang Chumaidiyah

Sari


Biru Bersih merupakan perusahaan jasa kebersihan yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan rumah. Sejak berdirinya di bulan September 2021, terdapat masalah yaitu tidak tercapainya target penjualan jasa Biru Bersih yang akan mempengaruhi profit yang diperoleh Biru Bersih. Beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini adalah proses pemesanan hanya menggunakan Whatsapp, kurangnya brand awareness Biru Bersih, variasi layanan yang ditawarkan belum beragam dibandingkan kompetitor, harga yang ditawarkan masih lebih mahal dibandingkan kompetitor. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi ini maka perlu adanya perbaikan dan inovasi yang melibatkan tidak hanya satu aspek namun seluruh komponen bisnis yang terintegrasi dalam bentuk model bisnis menggunakan Business Model Canvas. Proses perancangan model bisnis ini dilakukan dengan menyusun Business Model Canvas saat ini, memetakan customer profile, analisis lingkungan bisnis Setelah semua data terkumpul dilakukan analisis SWOT dan penyusunan Matriks TOWS. Dan terakhir penyusunan Business Model Canvas usulan. Perbaikan yang diusulkan di dalam model bisnis yang baru antara lain pada penambahan customer segment baru, penambahan value keamanan, penambahan channels berupa direct marketing kepada perusahaan property, peningkatan penggunaan sosial media dan testimoni pelanggan. Selain itu juga diusulkan peningkatan key activities yaitu peningkatan pada promosi, penjualan dan pemesanan, pelatihan digital marketing, dan layanan after sales service.
Kata Kunci: Business Model Canvas, Biru Bersih, Customer Profile, Analisis SWOT

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc

Suryani, E. (2006). Pemodelan dan Simulasi. Yogyakarta: Garaha Ilmu.

Nielsen, Christian & Lund, Morten. (2013). The Basic of Business Models. Bookboon.com [Online]. Tersedia: http://bookboon.com/en/the-basics-of-business-models-ebook.

Pearce dan Robinson. (2008). Manajemen Strategis: Formulasi Implementasi dan pengendalian. Salemba Empat, Jakarta.

UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Mulyadi. 2015. Akutansi Biaya. Edisi Lima. UPP STIM KPN. Yogyakarta

Kotler dan Keller. 2014. Buku Prinsip Prinsip Pemasaran By Philip Kotler Gary Armstrong Edisi 12 Jilid I&2. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga

Ridwansyah, A. (2017). Instant Marketing For Busy People: Rangkuman Intisari Pemasaran. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Maurya, A. (2012). Lean canvas. Deutso




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4273

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics