Etika, Keberlanjutan, dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pizza Hut dalam Bisnis Internasional

Devina Wistiasari, Elvy Tan, Selina Selina, Warna Gamelia, Warni Gamelia

Sari


Etika keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah topik yang sangat penting dalam bisnis internasional. Perusahaan Pizza Hut merupakan bisnis yang beroperasi secara global, sehingga Pizza Hut perlu mempertimbangkan dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi dari bisnis di berbagai negara yang mereka beroperasi. Dalam operasinya, Pizza Hut perlu memenuhi standar etis dan memastikan bahwa kegiatan bisnisnya tidak merusak lingkungan atau mengancam kesehatan dan keselamatan masyarakat. Pizza Hut memiliki tanggung jawab sosial di bisnis internasionalnya agar dapat memastikan bahwa mereka telah memberikan manfaat bagi masyarakat dan tidak merugikan lingkungan. Pizza Hut telah melakukan etika bisnis internasional dalam tanggung jawab sosialnya yaitu dengan melakukan kegiatan amal, dukungan pada inisiatif lingkungan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pelatihan dan pengembangan. Pizza Hut telah berhasil memperluas bisnisnya dengan baik dengan cara menganalisis pasar lokal dari segi kebiasaan makanan dan budaya lokal, Pizza Hut juga menggunakan strategi pemasaran yang terintegrasi dengan cara memperkenalkan merek, iklan televisi, media sosial. Dengan demikian, etika keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah aspek penting dalam bisnis internasional, dan perusahaan seperti Pizza Hut harus mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan dari bisnis mereka dalam upaya untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat.
Kata Kunci: Etika Bisnis, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Tata Kelola Perusahaan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Bertens, K. (2022). Pengantar etika bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Broks, L. J., & Dunn, P. (2011). Etika Bisnis dan Profesi: Untuk Direktur, Eksekutif dan Akuntan Buku 1.

Carroll, A. B., & Brown, J. A. (2018). Corporate social responsibility: A review of current concepts, research, and issues. Corporate Social Responsibility, 2, 39–69.

Etika Bisnis DAN Tanggung Jawab Sosial Perusahaan - ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN - StuDocu. (n.d.).

Lubis, R. W. (2021). Penerapan Good Corporate Governance dan Implikasinya terhadap Perusahaan. BISMA Cendekia, 1(3), 127–132.

Meliawati, T., Fadillah, A., & Gerald, S. C. (2021). Pengaruh Kegiatan Corporate Social Responsibility Local Farmer Empowerment Terhadap Citra Pizza Hut. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 1702–1711.

Narsa, N. P. D. R. H., & Prananjaya, K. P. (2017). Hubungan Faktor Internal dan Eksternal terhadap Proses Pengambilan Keputusan Etis. Journal of Accounting and Investment, 18(1), 80–101.

Pengertian Etika Bisnis Lengkap, Prinsip, dan Contohnya. (n.d.). https://www.dewaweb.com/blog/etika-bisnis/

Sonny, K. (1998). Etika bisnis tuntutan dan relevansinya. Jakarta: Kanisius.

Sudarmanto, E., Susanti, E., Revida, E., Pelu, M. F. A. R., Purba, S., Astuti, A., Purba, B., Silalahi, M., Anggusti, M., & Sipayung, P. D. (2021). Good Corporate Governance (GCG). Yayasan Kita Menulis.

Yustiani, S., & Anatan, L. (2010). Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Di Indonesia: Teori Dan Realitas. Jurnal Manajemen Maranatha, 10(1).

Nuroni, A., Pratami, D. and Widyasthana, G.S., 2021. Perancangan Proses Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Vendor Menggunakan Ethical Decision Making Framework Pada Proyek Pembangunan Fiber To The Home Di Pt Xyz. eProceedings of Engineering, 8(5).

Ramadhan, I. and Afriansyah, H., 2019. Pendekatan Pengambilan Keputusan, Pendekatan Pengambilan Keputusan Etis, Pendekatan Filosofi, Analisis Biaya Manfaat.

PT Sarimelati Kencana Tbk (2020) Annual Report. PT Sarimelati Kencana Tbk. Available at: http://sarimelatikencana.co.id/images/annual_report2/file-1-3.pdf (Accessed: March 24, 2023).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4453

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics