Menguji Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Berinvesasi Saham di Kota Banjarmasin

Purboyo Purboyo, Rizka Zulfikar, Erni Alfisah, Teguh Wicaksono

Sari


Pertumbuhan jumlah investor saham di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat, dengan jumlah investor saham telah mencapai 10,48 juta per Januari 2023 naik 1,65% dari periode tahun lalu dan bahkan melonjak 547% sejak lima tahun dari tahun 2018, tentunya hal ini sangat menggembirakan karena akan membawa dampak yang positif bagi sektor keuangan khusunya pasar modal. Sedangkan di wilayah Kalimantan Selatan jumlah investor menduduki peringkat ke 18 secara nasional dengan jumlah investor terbanyak berada di kota Banjarmasin, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat berinvestasi saham dengan menguji pengaruh tingkat persepsi return, persepsi resiko, persepsi kemudahan dan persepsi manfaat/kegunaan terhadap minat berinvestasi saham di kota Banjarmasin. Jenis penelitian kuantitatif, Jumlah sampel diambil sebanyak 150 responden berdasar rumus slovin, pengukuran skala dengan skala likert dari rentang 1 sampai 5, data statistik diolah dengan bantuan aplikasi Smart PLS. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa persepsi return mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham, persepsi kemudahan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham, persepsi manfaat mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi saham sedangkan persepsi resiko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berinvestasi saham. Pengaruh ke empat variabel independen dalam penelitian ini memiliki pengaruh kuat yaitu sebesar 61% terhadap variabel dependen yang didasarkan dari hasil uji coefficient of determination (R²) sebesar 0,612, sedangkan sisanya sebesar 39% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. kedepanya diharapkan peneliti lain dapat meneliti variabel-variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Persepsi return, Persepsi resiko, Persepsi kemudahan, Persepsi manfaat, Minat investasi saham

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


ARIFIN, Z. (2007). TEORI KEUANGAN DAN PASAR MODAL. YOGYAKARTA: EKONOSIA.

Budiman, F., & Arza, F. I. (2013, April). Pendekatan Technology Acceptance Model Dalam Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah. Jurnal WRA, 1(1), 87-110.

Chang, H., & Chen, S. (2012). The Impact Of Online Store Environment Cues On Purchase Intention: Trust and Perceived Risk as a Mediator. Online Information Review, 32(6), 18-31.

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/249008?seq=1/analyze#page_scan_tab_contents

Davis, F. D. (1993). User acceptance of information technology: system characteristics, user perceptions and behavioral impacts. International Journal of Man-Machine Studies, 38(3), 475-487.

Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Semarang: Universitas Diponegoro.

Junarsin, E., & Tandelilin, E. (2008). The Influence of Investment Horizon On Expected Returns And Risk Perception: Evidence From The Indonesian Market. Global Journal Of Business Research, 2(2), 11-30.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (12 ed.). (B. Molan, Trans.) PT. Indeks.

Lai, P. (2017). The Literature Review of Technology Adoption Models and Theories For The Novelty Technology. JISTEM, 14(1), 21-38.

Mahmood, Z., Kouser, R., Sheikh, S. M., & Mobin, M. S. (2015). Impact of Investment Characteristics on Perceived Risk and Return: A Case of Pakistan Stock Exchange. International Journal of Management Research and Emerging Sciences, 5(1), 1-19.

Peristiwo, H. (2016). Analisis Minat Investor di Kota Serang Terhadap Investasi Syariah di Pasar Modal Syariah. Jurnal Ekonomi Keuangan dan Bisnis Islam, 7, 30-37.

Purboyo, Lamsah, & Vitria, A. (2020). Adopsi Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Perilaku Minat Generasi Milenial Dalam Berinvestasi Di Pasar. Jurnal Wawasan Manajemen, 8(2), 1689–1699.

Purboyo, P., Zulfikar, R., & Wicaksono, T. (2019). Pengaruh Aktifitas Galeri Investasi, Modal Minimal Investasi, Persepsi Resiko Dan Persepsi Return Terhadap Minat Investasi Saham Syariah (Studi pada Mahasiswa Uniska MAB Banjarmasin). JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(2), 136-150.

Purboyo, P., & Zulfikar, R. (2017). Sinyal Kinerja Profitabiltas, Solvabilitas dan Rasio Pasar yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah di Jakarta Islamic Index (JII). Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 1(2), 48-62. Retrieved from https://polgan.ac.id/owner/index.php/owner/article/view/40

Sandra Dewi , P. D., & Santika, I. (2018, 4124-4152). Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Niat Beli Ulang Online di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8). Retrieved from https://ojs.unud.ac.id › index.php › Manajemen › article › download

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh. Prentice Hall / Indeks.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Tandelilin, E. (2010). Potofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Kanisius.

Tandio, T., & Widanaputra, A. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi Risiko, Gender dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (UNUD). Jurnal Akuntansi, 16, 2316-2341.

Thampatty, M., & Krishnan, M. (2014). A study on the perception of stock market investments among government employees in Calicut city. Asian Journal of Management Research, 4(3), 501-508.

Wafirotin. (2015). Persepsi Keuntungan Menurut Pedagang. Jurnal Ekulilibrium, 13(2), 24-36.

Wang, Y. S., Wang, Y. M., Lin, H. H., & Tang, T. I. (2003). Determinants of user acceptance of Internet banking: an empirical study. International Journal of Service Industry Management,, 4(5), 501-519. Retrieved from https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/09564230310500192/full/html

Yuliyani, Budiman, A., & Dewi, M. S. (2016, Oktober). Generasi Y dan Adopsi Terhadap Internet Banking pada Nasabah dI Indonesia Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Wawasan Manajemen, 4(3), 231-245. Retrieved from http://jwm.ulm.ac.id/id/index.php/jwm/article/view/97




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4478

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics