Analisis Strategi Bisnis dan Tingkat Persaingan dengan Kompetitor pada Perusahaan Seabank dalam Dunia Perbankan

Jesslyn Jesslyn, Cindy Hartono, Fion Jennifer, Jumi Liana, Adi Neka Fatyandri

Sari


Pada era revolusi industri digital 4.0, banyaknya perusahaan yang bersaing dalam penggunaan teknologi. Semakin ketatnya persaingan, maka industri harus terus berinovasi dalam strategi yang diterapkannya. Sea Group yang merupakan induk dari perusahaan Garena, Shopee dan Seabank telah menjadi salah satu perusahaan bervaluasi paling besar di Asia Tenggara juga telah menerapkan strategi dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif dan deskriptif data yang diperoleh akan dikaitkan dengan teori serta analisis dari perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesuksesan Sea Group tidak terlepas dari kemampuan manajemen perusahaan yang substain dan fleksibel dan kemampuan strategi kepemimpinan biaya dengan pengaturan biaya pengeluaran yang efektif dan efisien dan memberikan reward bunga secara riil dan membebaskan biaya transfer ke bank manapun. Berhasilnya strategi kepemimpinan biaya yang diterapkan Seabank terbukti dari rasio biaya terhadap pendapatan yang rendah serta penguasaan pangsa pasar bank digital di Indonesia melampaui pesaingnya.
Keywords:
Perusahaan, Sea Group, Strategi Kepemimpinan Biaya, Seabank, Industri

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adieb, M. (2021). Disruption dan Disruptive Technology, Gangguan yang Dapat Ubah Pola Bisnis. Glints. https://glints.com/id/lowongan/disruption-adalah/#.ZBAtbXZByMo

Astuti, N. F. (2020). Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli, dari Tujuan hingga Jenisnya. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/jabar/pengertian-bisnis-menurut-para-ahli-dari-tujuan-hingga-jenisnya-kln.html?page=2

Barquin, S., Gantes, G. de, HV, V., & Shrikhande, D. (2019). Digital banking in Indonesia: Building loyalty and generating growth. McKinsey & Company, February, 6. https://www.mckinsey.com/industries/financial-services/our-insights/digital-banking-in-indonesia-building-loyalty-and-generating-growth

Basu Swastha DH, Irawan MBA. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Cemal Zehir, Karaboğa T, Başar D. 2019. The Transformation of Human Resource Management and Its Impact on Overall Business Performance: Big Data Analytics and AI Technologies in Strategic HRM. Springer.

Ira Puspitadewi, 2019, Pengaruh Digitalisasi Perbankan Terhadap Efektivitas Dan Produktivitas Kerja Pegawai, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol. 5 No.2 Desember 2019 Hal. 247 -258

Mutiasari, A. I. (2020). Perkembangan Industri Perbankan Di Era Digital. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 9(2), 32-41.

Sakir, N., Jaya, J. N. U., & Wahyuni, N. (2022). Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Seabank di Balikpapan. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 344–351.

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Andi

Paylosa, Fanny. 2014. “Pengaruh Strategi Bisnis dan Sentralisasi terhadap Hubungan Antara Pemanfaatan Informasi Sistem Informasi Manajemen dan Kinerja Manajerial”. Artikel. Universitas Negeri Padang.

Phintraco Group. (2018). Digital Transformation: Bagaimana Menjadi Seorang Disruptor. Phintraco Group. https://phintraco.com/digital-transformation-bagaimana-menjadi-seorang-disruptor-2/

Putri, N. I., Fudsyi, M. I., Komalasari, R., & Munawar, Z. (2021). Peran Teknologi Informasi Pada Perubahan Organisasi dan Fungsi Akuntansi Manajemen. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 7(2), 47–58.

Yoga, P. (2016). Financial Technology Tren Bisnis Keuangan ke Depan. https://infobanknews.com/financial-technology-tren-bisnis-keuangan-ke-depan/

Yudha, A. T. R. C., Amiruddin, A. R., Hilmi, A. F., Kaffah, A. F., Fauzi, F. N., Evarianti, I., Maghfiroh, L., Nadia, N. E., Nurmanda, P. S., Rohmah, P. A. E., Rahayu, R. D., Ningtyas, R. D., Rahmadhani, S. S., Madinah, S. H., Solikhatin, S. I., & Nadhifa, Z. (2020). Fintech Syariah: Teori dan Terapan. Scopindo Media Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4495

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics