Strategic Resourcing Pada Industri Pengolahan Makanan

Alden Nelson, Fenny Fenny, Joicelyn Agriffina, Moderin Moderin, Nova Natasha

Sari


Sumber daya strategis merupakan bagian krusial dari manajemen sumber daya manusia strategis yaitu, dengan mencocokkan sumber daya manusia dengan persyaratan strategis serta operasional organisasi dan memastikan pemanfaatan penuh sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategic resourching mempengaruhi kinerja karyawan pada salah satu industri makanan di Indonesia. Penelitian ini juga menggunakan penelitian kualitatif yang termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Serta metode pengambilan data nya menggunakan metode wawancara. Hasil pembahasan yang dicapai ialah dengan menggunakan strategi integrasi vertikal dengan diversifikasi pada portofolio produknya untuk memperluas bisnisnya dengan mendirikan beberapa unit bisnis atau anak perusahaan baru, baik dalam lini bisnis yang sama dengan bisnis inti perusahaan maupun di unit bisnis yang berbeda. Dalam menerapkan manajemen SDM, yaitu dengan memahami kebutuhan karyawan Perusahaan biasanya melihat kebutuhan karyawannya. Dengan mengetahui kebutuhan karyawannya, bisnis dapat berjalan dengan cepat. Semua pekerja harus bekerja secara professional sesuai dengan tugas yang diberikan kepada mereka.

Kata Kunci : Sumber Daya Strategis, Kualitatif, Sumber Daya Manusia, Strategi

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (D. P. Rapanna (ed.)). Syakir Media Press.

Anwar, M. (2020). Manajemen Strategik Daya Saing dan Globalisasi. In SASANTI INSTITUTE (Cet. 1, Vol. 1, Issue 69). SASANTI INSTITUTE.

Armstrong, M. (2014). ARMSTRONG’S HANDBOOK OF HUMAN RESOURCE MANAGEMENT PRACTICE. www.koganpage.com

Aruperes, D. M., Tewal, B., & Jorie, R. J. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM RANGKA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR Tbk BITUNG. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3088–3097.

Bunyamin. (2021). Manajemen Pemasaran (Cet. 1). CV. Literasi Nusantara Abadi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ybZQEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Persaingan+pasar+dan+industry+yang+semakin+ketat+saat+ini+menuntut+perusahaan+untuk+terus+berkembang+dan+berinovasi+secara+aktif+dalam+penciptaan+produk+dan+layanan+serta+perencan

Esterberg, K. G. (2002). Qualitative Methods in Social Research. University of Massachusetts-Lowell. https://is.muni.cz/el/1423/podzim2013/GEN107/um/qualitative_methods_in_social_research.pdf

Fadhli, M. (2020). Implementasi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan. Continuous Education: Journal of Science and Research, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.51178/ce.v1i1.7

Hasan, M. I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia. https://eperpus.kemenag.go.id/web/index.php?p=show_detail&id=41035

Kapur, R. (2020). Strategic Resourcing As Key Aspect of Strategic Human Resource Management. In International Journal of Information, Business and Management (Vol. 13, Issue 4, p. 15).

Libby, M. (2022). 10 Steps to an Effective Resourcing Strategy. Runn.Io. https://www.runn.io/blog/resourcing-strategy#how-to-build-a-resourcing-strategy

Mahfud, Y. (2018). Membangun Strategi Bersaing Melalui Sumber Daya Strategis dan Dinamika Lingkungan Guna Meningkatkan Kinerja Usaha (Studi Pada Usaha Kecil Menengah di Kabupaten Wonosobo). Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.32500/jematech.v1i1.207

Mas’ud, F. (2004). Survai diagnosis organisasional : konsep dan aplikasi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Michelle K., F. (2021). KONSEP STRATEGI DAN KEBIJAKAN MSDM PT INDOFOOD (pp. 1–5). https://www.academia.edu/45656092/KONSEP_STRATEGI_DAN_KEBIJAKAN_MSDM_PT_INDOFOOD

Rahim, H. A. R., & Radjab, E. (2016). Manajemen Strategi (Cet. 1). Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/5705-Full_Text.pdf

Ristiani, I. A. (2012). Laporan Praktek Kerja Lapangan Di PT. Indofood CBP Sukses Makmur TBK. Cabang Bandung. https://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-ilonaannis-27561

Sitanggang, D. R. B., Rosa, S. N., & Putri, A. M. (2022). Analisis Manajemen Strategi PT. Indofood Sukses Makmur Tbk Vs PT. Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. Research in Accounting Journal (RAJ), 2(1), 88–96.

Utami, D. A. (2022). Strategi Sumber Daya Manusia PT Indofood Sukses Makmur Tbk Dan PT Mayora Indah Tbk.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4575

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics