Analisis Strategi Pemasaran Global (Global Marketing) Perusahaan McDonald’s Di Pasar Indonesia

Yandi Suprapto, Herman Herman, Fiona Fiona, Kelvin Yovanka, Tomi Vincent

Sari


Di Indonesia sendiri, McDonald's telah hadir sejak tahun 1991 dan terus berkembang hingga sekarang. Padahal dimana kita tahu bahwa industri cenderung memiliki tingkat daya saing yang tinggi dan pesaingnya seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa perusahaan telah lama berdiri. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengetahui hasil kajian peneliti terhadap metodologi sistemik terkait pemasaran global berbasis ilmiah yang relevan bagi organisasi multinasional seperti McDonald's dalam mempertahankan bisnisnya dan menghadapi persaingan bisnis yang terus berlanjut baik dalam skala lokal maupun global, khususnya di pasar Indonesia. Hasil dari penelitian tersebut adalah McDonald's menggunakan strategi diversifikasi produk dan budaya yang membuat penyesuaian budaya di masing-masing negara. Strategi kedua adalah memenuhi kebutuhan audiens utama McDonald's. Strategi ini memungkinkan McDonald's berkembang sangat pesat di pasar Indonesia dalam waktu singkat.
Keywords: Marketing, Global Marketing, McDonald’s

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aprilia, A., & Subiyantoro, S. (2022). Peluang dan Tantangan : Bisnis di era disrupsi industri. JURNAL EDUSCIENCE, 9(2), 377–387. https://doi.org/10.36987/JES.V9I2.2820

Mariam, S., Firdaus, R. F., Rohmat, R., & Yusuf, A. (2021). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP DAYA TARIK PENGGUNAAN GOPAY. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 21–32. https://doi.org/10.33369/INSIGHT.16.1.21-32

Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287. https://doi.org/10.38043/JMB.V17I2.2384

Sucipto, K. R. R., & Yahya, A. F. (2022). Strategi komunikasi pemasaran digital subway indonesia melalui reels instagram @subway.indonesia. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(1), 68–78. https://doi.org/10.25139/JKP.V6I1.4456

Yuswardi, Y. (2020a). Faktor – faktor Praktek Sumber Daya manusia yang Mempengaruhi Kinerja karyawan Perusahaan Garmen di Batam. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), 52–60. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.135

Yuswardi, Y. (2020b). Pengaruh Kompensasi, Motivasi, Komitmen Pada Organisasi Dan Pelatihan Kerja Pada Kinerja Karyawan Toko Ritel Alfamart Dan Indomaret Di Batam. Journal of Global Business and Management Review, 2(2), 60. https://doi.org/10.37253/jgbmr.v2i2.4326

Haryanto, A. T., & Wulandari, F. (2022). Brand Affect Strategy On Brand Loyalty Affected By Social Media Marketing And Trust At Bank BNI Syariah Surakarta Branch Strategi Brand Affect Terhadap Brand Loyalty Yang Dipengaruhi Social Media Marketing Dan Trust Pada Bank BNI Syariah Cabang Surakarta. 7(1), 35–44. http://e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/probank

Hilmersson, M., Johanson, M., Lundberg, H., & Papaioannou, S. (2017). Time, temporality, and internationalization: The relationship among point in time of, time to, and speed of international expansion. Journal of International Marketing, 25(1), 22–45. https://doi.org/10.1509/jim.16.0013

Hilmersson, M., Pourmand Hilmersson, F., Chetty, S., & Schweizer, R. (2022). Pace of innovation and speed of small and medium-sized enterprise international expansion. International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship. https://doi.org/10.1177/02662426221085193

Johanson, M. (2015). Johanson & Martín Martín 2015 - IBR. 1–56.

Kurniawan, A., & Martadisastra, D. S. (2022). Pengaruh manajemen kualitas total dan manajemen pengetahuan terhadap kinerja organisasi pada perusahaan property. Kinerja, 19(2), 277–285. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i2.10983

Rashin, M. A., & Ghina, A. (2018). Identifikasi Inovasi dan Kinerja Bisnis dalam Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 213–219. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12963

Sudiyanto, T. (2019). Analisis Strategi Produk Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Pt. Hti Bumi Persada Banyuasin. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 83–91. https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2707

Andika, G. a. (2022). Analysis of Economic Structural Transformation and Leading Sectors in Bali, Indonesia. PanAfrican Journal of Governance and Development (PJGD) 3, no. 1, 3-21.

Damayanti. (2020). Rancang Bangun Sistem Pengukuran Keselarasan Teknologi Dan Bisnis Untuk Proses Auditing. Jurnal Tekno Kompak 14, no. 2 , 92-97.

Marselina, E. a. (2022). MANAJEMEN PRODUKSI HOME INDUSTRY KERIPIK GALIH KURNIA USAHA DESA BUBAKAN KECAMATAN TULAKA KABUPATEN PACITAN. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research 2, no. 1, 105-120.

Nurhidayah, N. a. (2023). Leadership Style in Preventing Disputes Between Students in Mawaridussalam Islamic Boarding School, Deli Serdang District. Journal of Research in Business, Economics, and Education 5, no. 1 , 7-16.

Nurjanah, S. S. (2022). Manajemen Kelompok Bermain (Kb) Di Kb Nurul Fadillah Muara Sugih. Jurnal Multidisipliner Kapalamada 1, no. 02 Juni , 261-268.

Nurmalasari, N. F. (2022). IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN DALAM PERUMUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SMKN 1 CIJULANG. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA 6, no. 2, 936-946.

Patricia, V. F. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Memanfaatkan Media Sosial Pada Usaha Vaie Gift. JURNAL EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS, DAN SOSIAL (EMBISS) 3, no. 2, 158-166.

Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah 1, no. 2, 21-34.

Rakhmonovna, M. D. (2023). Understanding The Essence Of Entrepreneurship And Business Is The Basis For Improving Small Business Management. JournalNX 7, no. 11, 7-15.

Saputra, N. E. (2021). Analisa Penjadwalan Proyek dengan Metode Critical Path Method (CPM) Studi Kasus Pembangunan Gedung Rawat Inap RSUD Abdul Manap Kota Jambi. Jurnal Talenta Sipil 4, no. 1, 44-52.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4610

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics