Dampak Promosi Experiential Marketing dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bgs Feed Produsen Konsentrat Kambing dan Sapi di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

Sofia Noor Kholida, Lantip Susilowati

Sari


Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan persaingan yang ketat membuat pelaku usaha harus lebih meningkatkan kreatifitas dalam menghadapinya. Ada banyak bentuk strategi pemasaran yang dapat digunakan pada jenis usaha, tetapi hasil yang didapatkan pada usaha penjualan kosentrat kambing dan sapi BGS FEED ini masih belum sesuai dengan harapan pelaku usaha. Untuk itu, pelaku usaha mencoba untuk menggunakan konsep experiential marketing pada usahanya. Strategi pemasaran berupa experiential marketing menjadi harapan bagi pelaku usaha untuk meningkatkan volume penjualan dari usahanya. Experiental marketing cukup banyak diterapkan pada bentuk jenis usaha sebagai strategi pemasaran yang efektif dan relevan termasuk pada usaha mikro kecil dan menengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti dampak dari penerapan strategi pemasaran bentuk experiential marketing sebagai bentuk promosi dalam peningkatan volume penjualan pada usaha BGS FEED produsen konsentrat kambing dan sapi di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sumber data adalah data primer dan sekunder untuk pendukung. Metode pengumpulan data dengan menyebar kuesionar pada konsumen dan menggunakan laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing sebagai bentuk promosi tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap volume penjualan BGS FEED konsentrat kambing dan sapi di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Artinya adanya kenaikan atau penurunan experiential marketing tidak akan memberikan dampak yang berarti pada volume penjualan. Hal ini disebabkan karena masih banyaknya konsumen yang merasa kurang puas akan pelayanan yang diberikan dan kualitas produk ataupun harga yang ditawarkan oleh pelaku usaha BGS FEED konsentrat kambing dan sapi di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Untuk itu BGS FEED perlu terus melakukan inovasi dalam usaha peningkatan kualitas produk dengan tetap memperhatikan harga yang kompetitif.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdurrahman, N. H. (2013). Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. CV Pustaka Setia.

Assa, R. L. (2011). ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT (CVP) DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PERENCANAAN LABA PADA PT. TROPICA COCOPRIMA. 1(3), 591–601.

Atika Pelawiten, V. I. (2014). ANALISIS COST VOLUME PROFIT UNTUK PERENCANAAN LABA PADA UD GLADYS BAKERY. Jurnal EMBA, 13(2), 125–136.

Firmansyah, D., Susetyo, D. P., Suryana, A., & Saepuloh, D. (2022). Volume Penjualan: Analisis Pendekatan Regresi Data Panel. Asian Journal of Management Analytics, 1(2), 109–124. https://doi.org/10.55927/ajma.v1i2.1479

Huda, E. (2017). Pengaruh Experiental Marketing dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Objek Wisata Umbul Sidomukti Kabupaten Semarang. Jurnal Hotelier, 3(2). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Ersyafaat+Huda%2C+Pengaruh+Experiental+Marketing+dan+Promosi+terhadap+Loyalitas+Pelanggan+pada+Objek+Wisata+Umbul+Sidomukti+Kabupaten+Semarang%2C+Jurnal%3A+Hotelier&btnG=

Kartika, E., & Sunarka, P. S. (2019). Analisis Cost-Volume-Profit untuk Perencanaan Laba pada UD. Budi Luhur Demak. Jurnal Ilmiah Aset, 21(1), 9–17. https://doi.org/10.37470/1.21.1.140

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers.

Kumala, L., Arifin, Z., S. (2013). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Minat Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Bisnis, 4(2), 1–6.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Alfabet.

Moh. Idil Gufron, A. U. (2020). Implementasi Experiental marketing dalam menciptakan customer satisfaction dan repeat buying. KITABAH, 4(1). http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf

Philip, K., Benyamin, Sarwiji, B., & Lane, K. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 12 (12th ed.). PT Macana Jaya Cemerlang.

Sasya Puti Novalianti, Pudji Hastuti Purwantini, I. W. (2022). PENENTUAN HARGA POKOK PENJUALAN DAN PERENCANAAN LABA JANGKA PENDEK OLAHAN SALAK DI UD. CRISTAL, SLEMAN, YOGYAKARTA. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 6(1).

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran (1st ed.). UB Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5OiZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Agustina+Shinta,+Manajemen+Pemasaran,+(Malang:+UB+Press,+2011&ots=3ctgs9c3JY&sig=cCpnbTAHXktXrc4N22qc-VAnHzY&redir_esc=y#v=onepage&q=Agustina Shinta%2C Manajemen Pemasaran%2C (Malang%3A UB Press%2C 2011&f=false

Sukirno, S. (2008). MIKROEKONOMI TEORI PENGANTAR EDISI KETIGA. PT RajaGrafindo Persada.

Syaipudin, L., & Awwalin, I. N. (2022). Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan pada Home Industry Baso Aci Mahira Lamongan. Sanskara Manajemen Dan Bisnis, 1(01), 31–42. https://sj.eastasouth-institute.com/index.php/smb/article/view/22




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4626

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics