Analisa Kompetitor hingga Dinamika Kompetitif pada Bisnis Kafe Catarina

Adi Neka Fatyandri, Stefhani Susanto, Fionna Angeline, Keltine Richelle Chan, Katherine Katherine, Michelle Go, Putry Surya

Sari


Perjalanan bisnis memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Walau sudah berhasil membangun suatu bisnis, pelaku bisnis perlu mengatasi segala permasalahan yang hadir dalam perjalanan bisnis. Contohnya adalah hadirnya beberapa bahkan banyak pesaing bisnis hingga memasuki kompetisi atau persaingan bisnis. Pada penelitian ini, penulis akan mengkaji Kafe Catarina dalam pergerakan persaingan bisnis hingga dinamika persaingan. Dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi kemudian diteliti menggunakan metode penelitian data kualitatif deskriptif, penulis berhasil menyimpulkan bahwa Kafe Catarina telah baik dalam pemberlakuan sistem-sistem yang diterapkan dalam menghadapi alur kompetitor hingga mencapai dinamika kompetitif. Hal tersebut baik dari menyadari kompetitor baik dari kesamaan pasar dan kesamaan sumber daya, kesadaran, motivasi, dan kapabilitas Kafe Catarina untuk menghadapi persaingan yang ada, menghadapi kemungkinan serangan dan respon dalam persaingan antar perusahaan atau antar bisnis, dan sikap kompetitif yang diluncurkan.

Keywords: Kompetitor, Kompetisi, Kafe Catarina.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Crewdible. (2022). Kompetitor Adalah: Pengertian, Manfaat & Cara Menghadapinya. Crewdible. https://crewdible.com/edukasi/topik/mulai-bisnis-online/kompetitor-adalah#:~:text=Secara sederhana%2C pengertian kompetitor adalah,bidang atau target konsumen serupa

Oliver, A. (2022). Strategi Market Positioning: Apa Itu, Jenis-Jenis, Cara Kerja, dan Manfaat. Glints. https://glints.com/id/lowongan/market-positioning/#.ZBZ7aMJByUk •Financial Performance

Pamungkas, D. P. (2016). ANALISIS COMPETITIVE FORCE DAN COMPETITIVE STRATEGY SISTEM INFORMASI KULINER DI INDONESIA (STUDI KASUS : Kulina.id). Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10760

Pancaningrum, E. (n.d.). Pengaruh Action Aggressiveness terhadap Firm Performance yang Dimoderatori Repertoire Competition. Senima 3, 714–728.

Riskita, A. (2022). Apa Itu Kompetitor dan 6 Cara Menghadapinya dalam Bisnis. Sirclo. https://store.sirclo.com/blog/apa-itu-kompetitor-dan-cara-menghadapinya/#:~:text=Kompetitor adalah individu%2C bisnis%2C tim,umum digunakan dalam berbagai sektor

Santoso, S. A., & Viriany, V. (2022). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Firm Performance Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei. Jurnal Paradigma Akuntansi, 4(4), 1468–1479. https://doi.org/10.24912/jpa.v4i4.21323

Stambaugh, J., Lumpkin, G. T., Brigham, K. H., & Cogliser, C. C. (2009). What makes some firms more competitively aggressive than others? Evidence from the banking industry. Academy of Management 2009 Annual Meeting: Green Management Matters, AOM 2009. https://doi.org/10.5465/ambpp.2009.44247169

Wirotama, S. (2019). BAGAIMANA PORTER 5 FORCES MEMBANTU UKM MENGANALISA KOMPETISI. Samahita Wirotama. https://samahitawirotama.com/bagaimana-porter-5-forces-membantu-ukm-menganalisa-kompetisi/#:~:text=Competitive Rivalry (Tingkat Persaingan dengan Kompetitor)&text=Competitive Rivalry dianggap tinggi ketika,dengan biaya yang lebih kecil




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4653

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics