Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan “Menantea Café” Teluk Jambe Karawang

Al-May Farhan Alwi, Joko Mulyono

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh harga, lokasi, kualitas pelayanan, fasilitas, dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Menantea Café Telukjambe Karawang. Penelitian ini dilakukan dikarenakan pemilik usaha dan karyawannya kurang memaksimalkan upaya yang dimiliki seperti kualitas pelayanan yang baik, lokasi, maupun fasilitas yang dimiliki kurang memadai sehingga belum sepenuhnya menarik minat konsumen yang baik. secara parsial variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Menantea Cafe Telukjambe Karawang, mampu memberikan kontribusi tingkat keputusan pembelian responden sebesar 49,2% dari 100% total terhadap kepuasan pelanggan Menantea Cafe Telukjambe Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif positivisme dengan sampel berjumlah 138 pelanggan Menantea Café. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pengamatan (observasi), angket (kuisioner) dan pertanyaan (kuesioner). Regresi beganda merupakan metode analisis data yang digunakan, dengan mengukur tingkat valifitas, reliabilitas, uji normal klasik, Uji-F dan Uji-T. Hasil nilai signifikansi harga, lokasi, kualitas pelayanan, fasilitas dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,000 < 0,05 dan fhitung 30,436 > ftabel 2,2800, sehingga dapat disimpulkan harga, lokasi, kualitas pelayanan, fasilitas dan kualitas produk diterima artinya secara bersama-sama (simultan) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel harga, lokasi, kualitas pelayanan, fasilitas dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan variabel independent (x) yang terdiri dari harga, lokasi, kualitas pelayanan, fasilitas dan kualitas produk mampu memberikan sumbangan tingkat kepuasan pelanggan (y) sebesar 49,2%% dan selisih sebesar 50,8% tingkat kepuasan pelanggan dijelaskan oleh faktor atau variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Variabel harga, lokasi, kualitas pelayanan, fasilitas dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan Menantea Cafe Telukjambe, Karawang Kaya Kunci : Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepuasaan Pelanggan.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amin, Z. W. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, &Akuntansi), 2(1), 106-128.

Asih, & Soemitro. (2018). Pemikiran Awal Tentang Konsep Dasar Manajemen Aset Fasilitas. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol. 2 (E-ISSN 2615- 1847)., 15.

Basit, A., & Handayani. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Allium Tangerang Hotel (Studi Eksplanatif Pada Allium Hotel Tangerang). Jurnal Lontar Vol.6 No.2 Universitas Muhammadiyah Tangerang, 25.

Creswell. (2017). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantittatif dan Campuran. Yogya: Pustaka Pelajar.

Fauzi. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store di Galeria Mall Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Ghozali. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Iskandar. (2018). Metodologi Peneltian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitatif). Jakarta: GP Press.

Jakarta, B. P. (2018). Statistik Hotel dan Tingkat Penghunian Kamar Hotel DKI Jakarta. Jakarta: BPS Provinsi DKI Jakarta.

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kevin, S., Utami, C. W., & Padmalia, M. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 3, 3.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12

Jilid 1& 2.Jakarta: PT. Indeks.

Lupiyoadi, R. (2018 ). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 3. Jakarta: Salamba Empat.

Lutfie, S. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fasilitas Fisik Terhadap Kepuasan Pelanggan Di The 1o1 Hotel Bandung Dago. E Proceeding Of Applied Science : Vol.3, No.2 , 473, 45-70.

Majid. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Meithiana, I. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: nitomo press.

Moenir. (2016). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nirwana. (2012). Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Alta.

Noeraini, I. A. (2016). Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen : Vol 5, No.5, ISSN : 2461-0593, 5.

Phillip, K., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1& 2. .Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Jakarta: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunyoto. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku. Seru.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan,Penelitian). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi Ke-4. Yogyakarta: CV Andi.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: PT.Indeks.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: PT.Indeks.

William, & Purba. (2020). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Mazda Di Kota Batam. Jurnal EMBA Vol.8 No.1, 22.

Yoeti, A. (2014). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4674

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics