Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Cita Rasa, Harga, Dan Pemasaran Terhadap Minat Pelanggan Di Hasan Bakery Cikarang

Desy Tamaya, Joko Mulyono

Sari


Di Indonesia, terdapat banyak industri roti yang berskala kecil tetap berkembang meski adanya krisis ekonomi. Industri roti berskala kecil sekitar 60%, sedangkan industri besar 20%, dan sisanya industri menengah. Roti tawar Pak Hasan di Kabupaten Bekasi, merupakan salah satu industri roti rumahan yang memenuhi kebutuhan roti di wilayah kabupaten Bekasi dengan konsumennya adalah semua lapisan masyarakat, dan sudah berjalan sejak tahun 2017. Background Problems: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli konsumen roti hasan bakery, menganalisa pengaruh kualitas produk terhadap minta beli konsumen roti hasan bakery, menganalisa pengaruh harga terhadap minta beli konsumen roti hasan bakery, menganalisa citarasa terhadap minta beli konsumen roti hasan bakery, dan mengembangkan pengaruh pemasaran terhadap minta beli konsumen roti hasan bakery. Novelty: Kualitas produk, kualitas pelayanan, cita rasa, harga dan pemsaran mampu memberikan sumbangan tingkat minat beli pelanggan sebesar 61% dan selisih sebesar 39% tingkat minat beli pelanggan dijelaskan oleh faktor atau variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan Terhadap minal beli pelanggan di Hasan Bakery roti tawar Cikarang Bekasi. Research Methods: Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif positivisme. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua pelanggan pedagang roti bakar yang berjumlah 97 pedagang. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda untuk melakukan pengujian Validitas, reliabilitas, uji T dan Uji F dengan instrument penelitian berupa kuisioner, wawancara, dan observasi sebagai data Primer dan data sekunder. ALat uji analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SPSS 22.00. Finding/Results: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan mengenai Kualitas Produk, Kualita Pelayanan, cita rasa, harga dan pemasaran Terhadap minal beli pelanggan di Hasan Bakery roti tawar Cikarang Bekasi. Conclusion: Hasil penelitian secara parsial variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minal beli pelanggan di Hasan Bakery roti tawar Cikarang Bekasi. Kelima variable independent mampu memberikan kontrisbusi tingkat minat beli pelanggan sebesar 61% dari 100% total minal beli pelanggan di Hasan Bakery roti tawar Cikarang Bekasi

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Cita Rasa, Harga, Dan Minat Pelanggan

Teks Lengkap:

Download

Referensi


A. Zeithaml, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 1985. “Problems and Strategies in Services Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring).

Al Farisi, Raisan. (2013). Pengaruh Inovasi dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan usaha. Bandung

Alfrian, G. R., & Pitaloka, E. (2020, November). Strategi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertahan pada kondisi pandemik covid 19 di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) (Vol. 6, No. 2, pp. 139-146).

Amstrong, Gary & Kotler, Philip. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo

Arianto, M., & Mahmudah, N. (2014, September). Analisis kepuasan konsumen di Jatiroso Catering Service. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan,1, 102-120.

Ariwibowo, P., Syahiddin, M., & Insana, D. R. M. (2022). Korelasi Blueprint Sumber Daya Perusahaan Dan Keunggulan Kompetitif Terhadap Manifestasi Umkm Dengan Intervensi Strategi Bisnis. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 31-48. DOI : https://doi.org/10.26740/jepk.v10n1.p31-48

Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Basu dan Hani. 2004. Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Liberty.

Boone, Louis E., and Kurtz, David L., 2005., Contemporary Marketing, Ohio: Thomson South Western

Daulay, D. Dkk. (2017: 218, 219, 220, 222). Manajemen. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli, Medan

Diana, Anastasia. (2019) Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran dan Strategi : Penerbit Andi Yogyakarta

Dwi, Riyanti. (2003). Kewirausahaan Dari Sudut Pandang. Psikologi Kepribadian. Jakarta : Grasindo.

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaranjasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Moehyi, S. 1999. Penyelenggaran Makanan Institusi Dan Jasa Boga. Jakarta : Bhatara.

Nasution, M. Nur. (2005), Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia

Nurmagribah, M. (2006). Strategi pengembangan usaha: studi kasus pada Diana Bakery Kota Bekasi, Jawa Barat. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Jakarta. Url : https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/20723/1/MIRA%20NURMAGRIBAH-FST.pdf.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1), 33-64.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2002). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Suryana. (2003). Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat

Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa, Banyumedia, Yogyakarta

Tjiptono, Fandy. (2012). Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta. Andi.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.4677

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics